Ini Dia Pegawai Negeri Sipil Pertama di Indonesia

Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih menjadi pekerjaan primadona bagi warga negara Indonesia. Terbukti, setiap penerimaan CPNS, jutaan masyarakat Indonesia berlomba mendaftar untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai atau NIP.


Mungkin banyak dari masyarakat Indonesia belum mengetahui siapa sosok PNS pertama di Indonesia. Bisa jadi para pegawai negeri pun banyak yang belum tahu siapa senior mereka yang pertama kali menjadi abdi negara. 


Dilansir dari berbagai sumber, Pegawai Negeri Sipil atau PNS pertama di Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang merupakan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.


Sri Sultan Hamengku Buwono IX diketahui  Nomor Induk Pegawai atau NIP 010000001. Kartu Pegawai atau Karpeg Sri Sultan Hamengku Buwono IX sendiri diterbitkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN), dan ditandatangani oleh Kepala BAKN saat itu, AE Manihuruk, di Jakarta pada 1 November 1974.


Sri Sultan Hamengku Buwono berdasarkan catatan sejarah, dia pertama kali menjadi PNS pada tahun 1940, saat itu Indonesia belum merdeka. 


Walaupun saat itu yakni pada tahun 1940, Indonesia belum merdeka namun saat itu tepatnya tanggal 18 Maret, merupakan hari bersejarah yakni naik tahtanya Sri Sultan HB IX.


Pada saat itu Sri Sultan HB IX berpidato dan telah berjanji akan mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa. Berikut ini adalah bunyi pidato yang Sri Sultan Hamengku Buwono IX seperti yang dikutip Kompas berdasarkan penuturan KRT Jatiningrat kerabat sultan yang mengurusi data-data tunjangan pensiun dari sultan. 


"Sepenuhnya Saya menyadari bahwa tugas yang ada di pundak saya adalah sulit dan berat.


Terlebih-lebih karena ini menyangkut mempertemukan jiwa barat dan timur agar dapat bekerja sama dalam suasana harmonis, tanpa yang timur harus kehilangan kepribadiannya.


Walaupun saya telah mengenyam pendidikan barat yang sebenarnya, tetapi pertama-tama saya adalah dan tetap adalah orang Jawa.


Maka selama tidak menghambat kemajuan adat akan tetap menduduki tempat yang utama dalam keraton yang kaya akan tradisi ini.


Izinkanlah saya mengakhiri pidato saya ini dengan berjanji. Semoga saya dapat bekerja untuk mememuhi kepentingan nusa dan bangsa, sebatas pengetahuan dan kemampuan kepada saya."


Demikian informasi singkat mengenai siapa pegawai negeri sipil pertama di Indonesia. Semoga bermanfaat.




February 08, 2021 - tanpa komentar