Ini 2 Bahasa Paling Tua di Dunia

Perkembangan peradaban biasanya diikuti dengan perkembangan budaya dan juga bahasa. Hingga saat ini tidak ada ahli yang menyimpulkan apa bahasa yang pertama di dunia.


Pendapat tentang klaim bahasa paling pertama di dunia terasa mustahil. Bagaimana mungkin kita yakin bahwa itu adalah bahasa pertama di dunia? Apakah mungkin ada bahasa lain yang muncul sebelum bahasa tersebut hanya saja tidak ada catatan ataupun peninggalan yang dapat membantu kita mengidentifikasi bahasa tersebut. 


Walaupun demikian, kita cukup beruntung telah mendapatkan beberapa catatan ataupun peninggalan yang dapat mengidentifikasi bahasa tertua, bukan bahasa pertama di dunia.


Dan inilah 2 bahasa tertua di dunia : 


1. Bahasa Mesir Kuno


Yang pertama adalah Bahasa Mesir Kuno, banyak ahli biasa menyebutnya dengan nama Hieroglif Mesir, bahasa ini  diperkirakan muncul pada 3200 tahun sebelum masehi (3200 BC). 


Hieroglif Mesir yang tampaknya memiliki persamaan atau identik dengan bahasa Mesir yang pertama kali muncul pada tahun 2800 sebelum masehi.


2. Bahasa Sumerian


Bahasa tertua yang kedua adalah Bahasa Sumerian, bahasa ini diperkirakan muncul sejak 3000 tahun sebelum masehi.


Sumerian sendiri merupakan bahasa yang digunakan di Mesopotamia, yang sekarang telah menjadi daerah Iraq dan sekitarnya.


Kedua kandidat tersebut diatas nampaknya layak dan masuk akal dianggap sebagai bahasa tertua di dunia.


Tak dipungkiri Peradaban Mesir dan Mesopotamia merupakan salah dua dari peradaban awal yang ada di muka bumi.


Munculnya peradaban dapat menjadi salah satu faktor yang mendorong diciptakannya tulisan yang kemudian menjadi salah satu petunjuk untuk kita mempelajari sejarah.


Semoga informasi ini bermanfaat






January 20, 2021 - tanpa komentar