Cara Mudah Dapat Duit dari Blog 2021


Ini adalah tulisan pertama saya tentang cara mudah dapat duit dari blog, sejujurnya saya awalnya tidak berani menulis artikel terkait ini. Karena saya sendiri sebagai blogger sejak 2012 belum merasa pantas menulis artikel tentang pemasukan dari aktivitas sebagai blogger. 


Namun, tidak ada salahnya jika saat ini saya menulis artikel seperti in dengan tujuan berbagi pengalaman dan semangat untuk teman-teman yang hobi menulis maupun yang ingin ngeblog tetapi masih ragu untuk memulainya.


Untuk artikel tentang sumber pendapatan untuk blog pernah saya tulis sebelumnya yang bisa Anda baca di artikel berikut ini 2 Situs Backlink Penghasil Uang Untuk Blog dan juga di artikel ini Dua Alternatif Penghasilan Blog Yang Bisa Disandingkan Dengan Adsense


Sebagai blogger pendapatan dari blog memang tidak sebesar apa yang didapat dari seorang youtuber. Jika dibandingkan dengan YouTube pendapatan dari blog sangat jauh berbeda.


Namun demikian hal itu sebaiknya jangan menjadi penghalang untuk tetap konsisten dalam dunia blog. Karena aktifitas blogging sebenarnya bukan hanya soal uang. 


Lantas bagaimana peluang blogger di tahun 2021 terutama soal meraih pundi-pundi rupiah dari aktifitas ini?  


Pertanyaan inilah yang membuat sebagian blogger memutuskan untuk pensiun, dan pemain baru enggan untuk ngeblog. Sebenarnya peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog di tahun 2021 ini masih sangat terbuka lebar dan tentu saja tetap menjanjikan. 


Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog, misalnya jika blog Anda sudah mulai bagus secara kualitas dan juga jumlah pengunjung, segera mencoba untuk mendaftar ke platform seperti Adsense milik google, dan juga banyak penyedia layanan periklanan lainnya. 


Selain mendaftar ke Adsense blog juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan mandiri berupa konten placement dari berbagai perusahaan. 


Banyak perusahaan besar yang masih memilih blog sebagai tempat menanam iklan yang layak dan lebih menguntungkan.


 Alasan perusahaan lebih memilih blog melalui konten placement adalah karena iklan dalam bentuk artikel atau konten placement lebih menguntungkan, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki situs atau website sendiri. 


Dibandingkan dengan memasang banner yang memiliki jangka waktu dan biaya yang cukup mahal, konten placement lebih menguntungkan bagi perusahaan. Jadi, tak perlu putus asa dalam berkarya.  


Saya sendiri Alhamdulillah, saat ini masih bisa bertahan walaupun tidak seberapa, masih banyak tawaran konten placement dari beberapa perusahaan, dan juga melalui pihak ketiga penyedia jasa periklanan seperti vira.id dan lainnya. 


Untuk mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas blog sebaiknya beberapa tips dari pengalaman pribadi dan pengalaman blogger lainnya dibawah ini perlu diperhatikan. 


✓ Jangan ngeblog karena uang

✓ Update artikel berkualitas minimal 3 kali seminggu

✓ Riset keyword atau kata kunci sebelum membuat artikel

✓ Usahakan daftar blog di Search Console agar blog dan artikel cepat terindeks

✓ Stop Plagiarisme karena ini akan berdampak buruk pada kualitas blog di mata google. 

✓ Jika punya duit lebih sebaiknya menggunakan domain premium seperti Dotcom dkk

✓ Tingkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) karena kebanyakan pemasang iklan melihat DA dan  PA sebagai patokan kualitas blog

✓ Daftar Adsense google dan juga platform lain seperti MGID untuk mulai menghasilkan uang

✓ Daftarkan blog ke situs pihak ketiga penyedia iklan

✓ Jangan malu mengirimkan penawaran ke perusahaan untuk bekerja sama


Jika sedikit hal diatas sudah dilakukan, tetap berusaha dan berkarya agar aktifitas ngeblog kita dapat bersaing dan menghasilkan duit di tahun 2021 ini. 


Semoga tulisan ini bermanfaat


January 13, 2021 - tanpa komentar

Related Posts