5 Tips Hidup Hemat di Inggris Untuk Mahasiswa

Saat ini minat untuk kuliah di luar negeri bagi mahasiswa Indonesia cukup tinggi, terutama untuk kampus-kampus terbaik dan ternama di Eropa, khususnya Inggris. 


Banyak jalur untuk menempuh pendidikan di Inggris, bisa melalui jalur mandiri alias bayar sendiri, maupun melalui undangan ataupun beasiswa. 


Banyak lembaga atau institusi yang menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa terutama bagi yang menempuh pendidikan strata dua atau Pascasarjana. 


Lantas bagaimana agar bisa hidup lebih hemat di luar negeri terutama di Inggris? Berikut ini ada 5 tips hidup hemat untuk mahasiswa yang sedang atau akan belajar di Inggris.


1. Cari Informasi Beasiswa 


Beasiswa ini sangat penting untuk menopang kehidupan dan perkuliahan di luar negeri, jadi sebelum memutuskan untuk lanjut studi di Inggris sebaiknya mencari dan mendaftar beasiswa di lembaga atau institusi yang menyediakan fasilitas beasiswa.


Perlu diketahui kampus-kampus di Eropa terutama di Inggris rata-rata berbiaya mahal, jadi untuk menghemat beasiswa wajib untuk diusahakan. Ada beberapa jenis beasiswa, ada yang full termasuk biaya hidup bulanan, ada yang hanya membiayai kebutuhan kuliah dan SPP saja.


2. Tempat Tinggal Dekat Kampus


Cara berhemat untuk kuliah di Inggris yang kedua adalah lokasi tempat tinggal wajib dekat dengan kampus, kalaupun mendapat beasiswa full dengan biaya transportasi dan lainnya, tetap saja wajib cari tempat tinggal yang dekat dengan kampus, dengan demikian biaya transportasi dapat dihemat dan ditabung. 


Bersyukurlah jika beasiswa sudah menyediakan asrama gratis bagi mahasiswa, namun jika tidak ada sebaiknya memang harus mencari kosan didekat kampus. 


3. Wajib Bisa Masak Sendiri


Makanan memang faktor penting dalam kehidupan, apalagi hidup di luar negeri yang makanan keseharian mereka berbeda dengan di Indonesia. Selain itu biaya makan di Inggris juga rata-rata sangat mahal. 


Untuk berhemat sebaiknya harus bisa masak sendiri, jangan khawatir banyak toko-toko atau supermarket yang menyediakan beras, sayuran dan lauk pauk. Ketimbang 5 Poundsterling hanya untuk beli satu burger, mendingan 5 Poundsterling tersebut bisa untuk membeli sembako dan untuk bisa dimakan hingga 3 kali . 


4. Gunakan Transportasi Umum


Di negara maju seperti di benua Eropa terutama Inggris, moda transportasi umum sudah sangat bagus dan nyaman dan tentunya hemat. 


Apalagi ada fasilitas untuk bisa berhemat yang diberikan oleh pemerintah Inggris untuk transportasi umum, seperti Young Person Railcard untuk kereta api, dan Coach Card untuk moda transportasi bus. Dengan kartu tersebut bisa menghemat sekurangnya 30 persen dari biaya normal. 


Jadi, tak perlu jaim atau malu untuk naik transportasi umum, karena transportasi seperti taksi sangat mahal di Inggris. 



5. Kelola Keuangan dengan Baik 


Jangankan hidup di luar negeri, kita hidup di Indonesia saja jika tidak bisa berhemat, kita bisa mengalami kesulitan. 

Biasanya bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa Untuk mengelola keuangan dengan baik, bisa memilih menyimpan di bank atau instrumen keuangan lainnya seperti asuransi dan reksadana.


Untuk mahasiswa mandiri seharusnya bisa lebih berhemat lagi, selain dengan tips tersebut diatas, wajib juga update tentang teknologi atau cara transfer uang yang real-time dan tentu saja berbiaya murah. 


Agar orang tua yang mengirimkan uang dari Indonesia ke luar negeri terutama ke Inggris dapat menghemat waktu dan biaya. Selama ini jika mengirim uang ke luar negeri biasanya menggunakan transfer bank yang memakai fasilitas kliring dengan estimasi 2-3 hari kerja, dan dengan biaya transfer yang sangat mahal. 


Namun belakangan muncul banyak instrumen keuangan digital yang menyediakan fasilitas transfer real-time dan berbiaya murah serta aman karena sudah terdaftar izinnya serta pengawasan dari Bank Indonesia dan lembaga PPATK. Salah satu instrumen keuangan yang nyaman dan aman serta biaya murah dan flat tersebut adalah Transfez


Aplikasi ini saat ini sangat populer dan tentu saja membantu untuk berhemat karena menerapkan biaya flat yakni hanya 74 ribu rupiah untuk sekali transfer dengan jumlah transfer berapapun, dan uang yang masuk ke rekening tujuan pun utuh tanpa potongan. 


Aplikasi ini sangat membantu dalam rangka menghemat waktunya dan biaya transfer. Cara menggunakan cukup mudah. Cukup Download Disini lalu mendaftar akun dengan menggunakan email atau jejaring sosial Facebook.


Oh iya ada kabar gembira juga nih jika pertama kali menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi silakan gunakan kode promo berikut ini FREETRY, ini adalah kode promo untuk gratis transaksi untuk pertama kalinya di Transfez. 


Semoga informasi tentang cara hidup hemat ala mahasiswa Indonesia yang kuliah di Inggris ini bermanfaat. 







January 22, 2021 - tanpa komentar