5 Kesalahpahaman Tentang Negara Turki

Turki atau Republik Turki adalah negara di kawasan Eurasia, negara peninggalan Ottoman ini terletak di dua benua yakni Asia dan Eropa.


Walaupun lebih dari 90 persen wilayah ini berada di Asia, namun Turki lebih bangga menyebut dirinya bagian dari Eropa. 


Beberapa federasi baik dalam bidang ekonomi maupun olahraga Turki tergabung ke federasi Eropa misalnya saja sepakbola, Turki tergabung dalam Federasi Sepakbola Eropa. 


Dengan minimnya informasi, masih banyak orang terlebih masyarakat Indonesia yang salah paham tentang negara Turki. 


Ada beberapa kesalahpahaman yang sering terjadi terhadap negara yang pernah menjadi penguasa 3 benua dibawah Ottoman ini. 


Berikut ada 5 Kesalahpahaman Tentang Turki 


1. Turki adalah Arab


Kesalahpahaman yang pertama adalah , bahwasannya orang Turki itu sama dengan orang Arab. Itu salah besar, Turki dan Arab  itu tidak sama, bahkan kebanyakan orang Turki akan marah bila disebut sebagai orang Arab.


2. Bahasa Turki itu sama dengan Bahasa Arab


Memang harus diakui banyak kosa kata Bahasa Turki yang diambil dari Bahasa Arab, tapi sekali lagi keduanya tidak sama. 


Bahasa Turki termasuk dalam rumpun Bahasa Altaic sedangkan Bahasa Arab berasal dari rumpun Bahasa Semit.


3. Bahasa Turki menggunakan huruf arab


Memang benar bahwa Turki pernah menggunakan aksara arab. Namun, pasca runtuhnya Ottoman dan berdirinya  Republik Turki di tahun 1923, mereka mulai menggunakan huruf latin dalam penulisannya.


4. Negara Turki adalah negara Islam


Turki walaupun 98 persen beragama Islam namun bukan termasuk negara yang benar-benar menerapkan Islam , justru Turki adalah salah satu negara paling sekuler di dunia. 


Hal ini tidak sepenuhnya benar maupun salah, hampir semua negara dan bangsa sama saja, ada warganya yang religius dan ada juga yang tidak. Pun demikian dengan Turki 


Walaupun akhir-akhir ini,  pemerintah Turki yang sekarang cenderung lebih konservatif tetapi tetap saja mereka bukan negara Islam.


Semoga informasi tentang kesalahpahaman tentang Turki ini bermanfaat.




January 16, 2021 - tanpa komentar