5 Gejala Kanker pada Rahim

Kanker rahim adalah salah satu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti oleh kaum perempuan. Penyakit ini menyebabkan akibat yang fatal pada masalah kesuburan wanita.


Cara paling akurat untuk mengetahui keberadaan penyakit ini adalah memeriksakan diri pada dokter ahli untuk mendiagnosanya. 


Bisa jadi hari ini Anda atau keluarga mengalaminya, sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri atau gejala kanker rahim sejak dini. 


Ada beberapa gejala kanker rahim yang dapat diketahui atau dirasakan oleh penderita kanker rahim. 


5 diantara gejala kanker rahim sebagai berrikut: 


1. Bau yang tidak normal pada keputihan


Tanda dari keputihan yang tidak wajar adalah berwarna merah, coklat atau bercampur dengan darah, yang menyebabkan bau busuk. 


Keputihan yang normal biasanya berwarna jernih dan tidak berbau. Jika mengalami tanda ini kemungkinan besar Anda terkena penyakit kanker rahim.


2. Pendarahan tiada henti


Gejala berikutnya yang paling sering dikaitkan dengan kanker rahim adalah pendarahan yang terus menerus pada alat genital, sesaat setelah fase menstruasi, menopause dan pasca berhubungan intim. 


3. Nyeri ketika buang air kecil


Rasa sakit yang timbul saat wanita buang air kecil bisa jadi adalah gejala kanker rahim. Rasa nyeri yang timbul pada saat buang air kecil disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker yang menekan saluran kemih. 


4. Nyeri saat berhubungan intim


Gejala yang sering terjadi pada pengidap kanker rahim salah satunya adalah ketidaknyamanan atau nyeri saat berhubungan intim. Rasa sakit ini terkadang diikuti dengan pendarahan yang hebat setelah berhubungan. 


5. Nyeri pada panggul


Rasa nyeri yang muncul pada panggul wanita yang sedang mengidap kanker rahim biasanya terasa di sekitar bawah perut. 


Nyeri ini tidak rutin tapi sering muncul dan hilang kembali. Jika mengalami gejala ini sebaiknya untuk berkonsultasi pada dokter ahli secepat mungkin. 


Itulah 5 gejala kanker rahim yang sering terjadi pada wanita.


Meskipun penyebab kanker rahim belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang rentan terhadap kanker rahim, misalnya umur diatas 60 tahun, penderita diabetes, dan juga faktor genetik. 


Agar tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit kanker rahim, sebaiknya sejak dini mendeteksinya dengan gejala diatas. Dan tentu saja pola hidup sehat adalah hal penting yang harus tetap dijaga. 


Untuk tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit sebaiknya juga meningkatkan pengetahuan tentang pola hidup sehat. 


Anda bisa mendapatkan informasi tentang gejala kanker rahim dan juga info pola hidup sehat dan beragam informasi lainnya pada artikel berikut ini Gejala Kanker Pada Rahim


Demikian informasi ini semoga bermanfaat




December 18, 2020 - tanpa komentar

Related Posts