7 Gejala Difteri yang Harus Diwaspadai

Gejala Difteri


Saat ini wabah covid-19 masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia, hingga saat ini wabah tersebut belum bisa juga diberantas secara tuntas. Hanya upaya dalam bentuk pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah.


Ada beberapa wabah penyakit yang memiliki gejala yang hampir sama dengan wabah yang disebabkan virus covid-19 atau corona tersebut. 


Wabah penyakit ini dikenal dengan nama Difteri. Wabah ini sudah muncul sejak abad ke-5 sebelum masehi, seperti yang dipaparkan oleh ahli Konsultan Infeksi Tropik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr dr Hindra Irawan Satari, SpA(K).


Difteri sendiri adalah salah satu wabah mematikan yang disebabkan oleh bakteri bernama Corynebacterium Diphteriae. Umumnya bakteri ini menyerang saluran pernapasan, terutama pada anak-anak.


Sayangnya menurut lembaga kesehatan dunia, WHO Indonesia adalah negara dengan kasus difteri atau diptheria terbanyak ke-2 setelah India. 


Sejak tahun 2011-2016 dilaporkan terdapat 3.353 kasus difteri di Indonesia. Dan dari 3.353 orang yang  terinfeksi difteri, 110 di antaranya meninggal dunia.


Berikut ini adalah 7 gejala difteri yang umum terjadi pada manusia :

1. Sakit kepala

2. Demam dan menggigil

3. Sakit pada tenggorokan dan saat menelan.

4. Sulit bernapas

5. Tubuh terasa lemas

6. Terdapat lapisan yang menutupi tenggorokan dan amandel

7. Leher membengkak (bullneck)


Difteri adalah salah satu wabah yang sangat mematikan, terutama jika terjadi pada anak-anak. Pencegahan dapat dilakukan melalui vaksin difteri pada anak-anak.


Selain itu, perlu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi dan cuci tangan secara rutin dengan sabun anti kuman dan bakteri yang sudah dipercaya dan direkomendasikan. 


Selama hampir 86 tahun, Lifebuoy sudah menjadi bagian dari keluarga Indonesia dan setia melindungi mereka dari kuman dalam menjalani kegiatan sehari-hari. 


Lifebuoy juga senantiasa berinovasi agar dapat terus memberikan solusi kebersihan yang terbaik bagi keluarga Indonesia. 


Oh iya, tak hanya anak-anak yang harus waspada terhadap wabah difetri ini, orang dewasa juga rentan terhadap penyakit mematikan ini. 


Yuk, kenali resiko penyakit difteri pada orang dewasa di artikel yang sangat bermanfaat berikut ini Risiko Penyakit Difteri pada Orang Dewasa


Semoga informasi ini bermanfaat, dan tetap jaga kesehatan. 



October 01, 2020 - tanpa komentar

Related Posts