5 Negara Paling Bersih di Dunia


Hasil riset Universitas Yale dan Columbia yang dikeluarkan pada bulan Juni 2020 tentang negara-negara paling bersih didunia telah diumumkan.


Dalam hal metode untuk mengukur kebersihan suatu negara mereka menggunakan beberapa kriteria yag disebut sebagai EPI (Environmental Performance Indeks).


Untuk EPI edisi 2020 memberikan dasar kuantitatif untuk membandingkan, menganalisis, dan memahami kinerja kebersihan lingkungan untuk 180 negara. 


Sebesar 50% dari faktor kesehatan lingkungan dan 50% lain berasal dari vitalitas ekosistem sebagai pertimbangan untuk memberikan nilai oleh EPI. 


Misalnya pengadaan air bersih, polusi udara, sanitasi, perubahan iklim, banyaknya hutan dan lain sebagainya.


Bersih yang dimaksud di sini tidak hanya bersih dari sampah dan kerapian negara namun juga apakah negara tersebut ramah lingkungan atau tidak.


Faktor polusi udara misalnya sangat mempengaruhi tinggi rendahnya nilai EPI karena faktor ini menjadi isu besar di zaman modern. 


Berikut ini 5 negara dengan peringkat kebersihan tertinggi di dunia berdasarkan riset EPI 2020 


1. Denmark


Di urutan pertama Denmark adalah negara paling bersih di dunia berdasarkan hasil penelitian Universitas Yale dan Columbia pada tahun 2020. Denmark menempati posisi teratas dengan skor EPI 82,5.


2. Luxemburg


Negara kecil di Eropa bagian barat ini menempati posisi kedua negara paling bersih di dunia 2020, dengan skor EPI 82,3. 


3. Swiss


Swiss atau Switzerland sudah lama terkenal dengan negara yang tingkat kebersihannya serta sanitasi terbaik di dunia. Negara ini pada 2020 mendapatkan skor EPI sebesar 81,5 dan berada di urutan ketiga negara terbersih di dunia.


4. Inggris Raya


United Kingdom atau Inggris Raya menempati urutan keempat sebagai negara paling bersih di dunia, negeri ratu Elizabet ini mendapat skor EPI 81,3 terpaut tipis dari Swiss.


5. Perancis


Masih dari Eropa Perancis berhasil menjadi negara terbersih urutan kelima, dengan EPI skor mencapai angka 80.


Itulah 5 negara dengan skor EPI tertinggi yang menjadikan mereka masuk 5 besar negara paling bersih di dunia. Indonesia sendiri berada di urutan ke-116 dari 118 negara yang diriset Yale dan Columbia University.


Negara-negara yang mempunyai peringkat rendah biasanya karena kurang mempunyai kebijakan yang berkesinambungan untuk mengurangi polusi, menjaga keragaman hayati dan tidak mengindahkan kebersihan lingkungan. 


Misalnya saja India, orang India kebanyakan meninggal lebih cepat karena tinggal di negara yang polusi udaranya tinggi. Negara yang begini akan mudah ambruk jika terjadi krisis kesehatan seperti pandemi corona saat ini.


October 22, 2020 - tanpa komentar

Related Posts