3 Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid atau mesjid adalah tempat ibadah umat Islam didunia, di Indonesia sendiri jumlah masjid lebih dari 800 ribu unit yang tersebar di seluruh pelosok negeri dan merupakan jumlah masjid terbanyak di dunia.


Tak hanya jumlahnya yang banyak, masjid di Indonesia juga mempunyai corak dan bentuk artsitektur yang beragam. Bahkan ada masjid yang bisa dikatakan merupakan bangunan paling unik di dunia, keunikan bisa berupa lokasi bangunan maupun bentuk bangunan masjid tersebut.


Berikut 3 masjid paling unik di Indonesia yang saya rangkum dari berbagai sumber : 


1. Masjid Al Irsyad



Masjid Alirsyad terletak di sebuah komplek  perumahan Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat. Masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat ini adalah gubernur Jawa Barat, masjid Al Irsyad diresmikan pada tahun 2010. 



Hal yang unik dari masjid ini adalah desain bangunanya yang tidak seperti masjid pada umumnya. Masjid ini adalah bangunan berbentuk kubus.



Masjid ini dapat menampung 1500 orang ini tidak mempunyai tiang,  dan bangunanya didesain ramah lingkungan yaitu dengan adanya lubang-lubang yang berfungsi untuk masuknya sinar matahari dan aliran udara . 



Dengan demikian, masjid ini dapat menghemat banyak aliran listrik.  Didalam masjid terdapat 99 lampu, angka 99 ini merepresentasikan asmaul husna. 


Dengan keunikannya masjid ini pernah mendapat penghargaan Building of The Year untuk kategori bangunan arsitektur religius dari National Frame Building Association pada tahun 2010. 



Satu tahun kemudian, masjid ini mendapatkan penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 dari Building Construction Information (BCI) Asia.


2. Masjid Al Safar



Masih dari daerah Jawa Barat, jika Anda pernah bepergian dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya, pasti Anda akan melihat masjid unik yang satu ini.



Masjid yang berlokasi tepat di rest area KM 88 ini merupakan salah satu masjid yang unik secara arsitektur. 



Masjid Al Safar ini juga dirancang oleh Ridwan Kamil, kali ini sang arstitek mengambil inspirasi dari teori lipat folding architecture. 


Masjid ini dibangun dalam waktu 3 tahun sejak tahun 2014 dan diresmikan pada tahun 2017.


3. Masjid Baabul Munawwar



Ini adalah masjid yang paling unik sepertiya, masjid yang meraih rekor MURI sebagai masjid terdalam ini,  terletak di area pertambangan PT. Freeport Tembagapura, Papua. Masjid ini dibangun pada kedalaman 1700 meter di bawah permukaan laut.



Masjid Masjid Baabul Munawwar diresmikan pada bulan Juni 2016, masjid ini dibangun dengan tujuan untuk mempermudah karyawan Freeport untuk melaksanakan ibadah setiap harinya.



Mengingat lokasi masjid ini unik dan tak biasa, masjid ini dipasang alat bertekonologi canggih untuk mengatur sirkulasi udara. 



Masjid ini hanya bisa menampung 250 orang dan sangat aktif terutama ketika bulan Ramadhan, saat karyawan PT Freeport  berbuka puasa & melaksanakan salat tarawih bersama.





October 19, 2020 - tanpa komentar

Related Posts