5 Manfaat Berjemur Matahari Pagi


Matahari adalah sumber utama kehidupan dunia, bayangkan apa yang akan terjadi dengan kehidupan ini jika matahari tidak muncul sehari saja. 


Selain sumber energi dan cahaya bagi manusia, matahari juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan makhluk di bumi, terutama manusia. 


Belakangan, terutama saat pandemi covid-19, banyak masyarakat yang menggunakan kesempatan untuk berjemur terutama sinar matahari pagi yang diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh. 


Berikut ini 5 manfaat berjemur matahari pagi :


1. Baik Untuk Kesehatan Tulang


Berjemur sinar matahari pagi dapat meningkatkan kesehatan tulang, sinar matahari pagi menurut para ahli kesehatan mengandung vitamin D3


Seperti diketahui vitamin D3 merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang tentu saja dapat menguatkan dan memadatkan tulang manusia yang terbiasa berjemur matahari pagi.


2. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak


Sebuah penelitian yang dilakuan oleh David Llewellyn dari University of Cambridge, mengungkap manfaat sinar matahari pagi untuk penigkatan fungsi otak. 


Sinar matahari pagi dapat memacu pertumbuhan sel saraf di hipocampus. Hipocampus sendiri adalah bahian dari otak yang berfungsi sebagai penyimpanan atau memori.


3. Dapat Menurunkan Tekanan Darah


Manfaat berjemur sinar matahari pagi yang ketiga adalah dapat menurukan tekanan darah. 


Ada senyawa yang bernama nitric oxide yang ditemukan oleh peneliti dari Universitas Edinburgh, senyawa tersebut dapat berfungsi menurunkan tekanan darah pada manusia. 


Nitric oxide tersebut dapat dilepaskan ke pembuluh darah sesaat setelah sinar matahari pagi menyentuh kulit manusia. 


4. Dapat Menghilangkan Depresi (ringan)


Jika punya masalah baik ekonomi maupun masalah hidup lainnya yang dapat membuat depresi ringan, cobalah setiap pagi hari berjemur di sinar matahari pagi.


Dengan banyak berjemur sinar matahari pagi, depresi ringan bisa teratasi. Karena jika manusia kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan sindrome yang bernama Seasonal Affective Disorder atau SAD. 


5. Dapat Menyembuhkan Penyakit Kulit


Dengan berjemur sinar matahari pagi juga dapat membantu beberapa jenis penyakit kulit misalnya eksim atau gatal-gatal, jerawat dan juga biang keringat. 

Itulah 5 Manfaat Berjemur Matahari Pagi, namun tidak dianjurkan berjemurnya hingga siang hari, karena dapat menyebabkan keringat yang berlebihan dan bisa menyebabkan bau badan tentunya.



Tapi jangan khawatir jika kamu punya masalah keringat dan bau badan, kamu bisa menggunakan Rexona Shower Clean Deodorant Spray [1] yang akan membantu kamu mengatasi masalah bau badan dengan sensasi segar dan bersih yang bertahan lama. Dijamin, kamu akan lebih percaya diri dan bisa sangat membantu kamu dalam meningkatkan self esteem-mu.



Untuk memahami apa itu self estem dan cara membangun self estem-mu ada baiknya membaca artikel bermanfat berikut ini Memahami Self Esteem dan Apa Pentingnya untuk Dirimu Sendiri?


Semoga informasi ini bermanfaat. 







September 30, 2020 - tanpa komentar

Related Posts