5 Negara di Dunia Yang Tidak Punya Bandar Udara



Bandara atau Bandar Udara adalah sarana yang sangat penting untuk transportasi di zaman yang sangat cepat dalam mobilitas masyarakat dunia. Setiap negara bahkan kota memiliki bandara sebagai landasan untuk transportasi udara.

Namun, ada beberapa negara di dunia ini yang ternyata tidak memiliki fasilitas bandar udara. Lantas bagaimana jika warganya ingin bepergian ke luar negeri atau kota lainnya? Berikut 5 Negara di dunia yag tak memiliki bandar udara.

1. San Marino


San Marino adalah salah satu negara republik terkecil yang terletak di Italia. Kota San Marino bermula dari sebuah pertapaan biara gereja yang didirikan oleh Santo Marinus yang dianiaya oleh Kaisar Romawi Diokletianus pada tahun 300an Masehi, karena menyebarkan Agama Kristiani

Negara San Marino saat ini tidak memiliki bandara, namun untuk akses ke bandara, warga San Marino dapat menggunakan akses ke Bandara Frederico Fellini milik negara Italia.

2. Andorra



Andorra adalah salah satu negara Monarki Konstitusional terkecil di dunia. Negara ini berbentuk Kepangeranan yang dipimpin oleh seorang Pangeran. Ibukota negara ini adalah Andorra La Vella. Letak negara ini berada di antara Negara Perancis dan Spanyol.

Saat kita berkunjung dari dan ke Andorra dapat melalui bandara yang ada disekitar negara Andorra. Bandara tersebut adalah Sainte Leocadie Airport yang berada di negara Perancis dan Andorra–La Seu d'Urgell Airport yang berada di Spanyol.

3. Vatikan 




Negara yang luasnya sangat kecil dan merupakan negara terkecil di dunia ini sangat jelas tidak memiliki bandara.

Negara yang terletak dan dikelilingi oleh Kota Roma, Italia ini merupakan negara independen yang berfungsi sebagai Takhta Suci Pusat Penggembalaan Umat Kristiani Katolik di Seluruh Dunia.

Negara ini dipimpin oleh Paus (Penerus dari Rasul Petrus, salah satu dari 12 rasul Yesus Kristus yang diberi tugas dan mandat oleh Yesus Kristus menggembalakan seluruh pengikut Yesus Kristus). Saat ini dipimpin oleh Paus Fransiscus I yang memimpin seluruh Gereja Katolik di seluruh dunia.

Penduduk Vatikan mayoritas adalah kaum religius dan pejabat gereja katolik. Di Kota Roma sendiri ada dua bandara internasional yang melayani penerbangan dari dan ke kota Roma, nah sangat memungkinkan penduduk Vatikan menggunakan fasilitas bandara ini.

Penduduk Vatikan dapat menggunakan Bandara Internasional Leonardo Davinci Kota Roma, Italia.Atau juga dapat memanfaatkan Bandara Internasional Ciampino Kota Roma.

4. Monaco


Monaco adalah salah satu negara yang unik dan terkenal bagi bangsa Indonesia karena benderanya sama dengan bendera Indonesia. Letaknya berada di dekat Perancis dan Italia.

Negara ini merupakan negara Kepangeranan yang dipimpin oleh seorang pangeran, dan dinobatkan sebagai negara terpadat di dunia.

Warga Monaco yang hendak berpergian menggunakan pesawat dapat menggunakan akses melalui bandara terdekat di Nice, Perancis, yaitu bandara Cote d'Azur.


5. Liechtenstein


Negara ini termasuk negara kecil yang berada di Eropa, terletak diantara negara Austria dan Swiss. Seluruh urusan luar negerinya diatur oleh negara Swiss. Mayoritas penduduk negara ini berbahasa Jerman.

Negara ini berbentuk Kepangeranan yang dipimpin oleh seorang Pangeran. Nah, warga Liechtenstein jika akan berpergian menggunakan pesawat dapat menggunakan akses melalui Bandara Saint Gallen Altenrhein di Swiss.

Itulah informasi mengenai 5 negara di dunia yang tidak memiliki bandar udara. Semoga bermanfaat.


*berbagai sumber

August 28, 2020 - tanpa komentar

Related Posts