5 Hal Yang Sering Orang Salah Paham Tentang Komunisme



Kalau bicara Komunisme, bangsa Indonesia kebanyakan mengalami traumatik yang luar biasa dengan ideologi yang satu ini. Betapa tidak, puluhan tahun masyarakat direcoki dengan kesalahpahaman terhadap ajaran ini.

Banyak sekali hal yang disalahpahami oleh masyarakat tentang Komunisme. Diantaranya saya pilih 5 masalah tentang Komunisme yang sering orang salah paham terhadapnya.


1. Komunis itu atheis

Yuhuii.. ini yang paling umum ya, hampir semuanya menganggap komunis itu sama atau bahkan atheis itu sendiri. Perlu diketahui Komunisme sebenarnya hanya tak mau urusan pemerintah dicampur dengan agama karena nantinya juga pasti menimbulkan banyak masalah bahkan kerusuhan.

2. Komunis tak mengakui kepemilikan barang pribadi


Waduhh pendapat ini sangat membuat  saya frustasi, saya saja frustasi apa lag penganutnya ya.

Dalam ajaran Komunis memang ada yang namanya kepemilikan  bersama, ada beberapa yang memang harus dimiliki bersama misalnya seperti pabrik, sawah, peternakan, Bukan kepemilikan seperti mobil, motor, makanan, sisir, apalagi istri. Jadi jangan salah kaprah tentang konsep kepemilkan bersama ini. 

3.Dalam Komunis tak ada uang


Hedeh.. Om tante adik kakak, memang sih Karl Marx pernah bilang gak boleh ada uang. Tapi dalam perkembanganya sendiri, uang tak bisa dihilangkan dan Lenin sadar akan hal ini. Maka dari itu Lenin mengembangkan Leninisme yg merupakan versi upgrade dari Marxisme murni. 

Dalam Leninisme, masih memperbolehkan uang dan bisnis kecil yg bersifat lokal. Bahkan para Guru di Uni Soviet digaji dengan uang. Uangnya buat apa? Buat beli baju, beli makanan siap saji dari tetangga, dll.

4. Komunis hanya ada satu jenis

Nah ini juga salah paham paling umum terhadap Komunisme. Orang orang pada umumnya menganggap bahwa Komunisme itu cuma yang versi Karl Marx doang.

Dan dengan gaya berpikir seperti itu, kesalah pahaman lainnya pun muncul seperti tak ada uang, dll. Memang tak sepenuhnya salah, tapi mereka lupa kalau Komunisme itu ada banyak versinya seperti Marxis, Leninis, Stalinis, Maois, dan Juche.

5. Komunis itu Pembunuh dan Pembantai

Soal yang satu ini sih semua orang, kelompok, ideologi manapun punya peluang untuk melakukannya. Tentu saja  ada anggota komunis jahat yang membunuh orang, tapi tentu saja tak bisa digunakan untuk menggeneralisir Komunisme. 

Nah, bagaimana kalau ada daftar tentang "Jumlah budak, pekerja, dan sipil yang terbunuh dalam demokrasi dan kapitalisme"? Maksud saya, tentu saja ada penganut yang jahat, pasti banyak juga yang baik. Ada kapitalis jahat, ada kapitalis baik. Ada liberalis jahat, ada liberalis baik.  Jadi jangan suka suudzon secara membabibuta gitu loh.

Itulah 5 Kesalahpahaman yang sering ditemui di masyarakat tentang Komunisme. Tulisan ini berasal dari berbagai sumber, dan tidak dimaksudkan untuk mendukung atau pun sebaliknya melawan sesuatu atau kelompok lainnya. 






August 25, 2020 - tanpa komentar

Related Posts