6 Peperangan Penting yang Mengubah Sejarah Manusia


Dalam sejarah umat manusia, sudah sangat banyak terjadi peperangan yang bahkan kadang menghancurkan umat manusia. Kali ini saya akan membahas 5 Peperangan yang merubah sejarah umat manusia. 

Inilah rangkaian peperangan yang merubah sejarah umat manusia :

1. Perang Romawi-Persia (92 SM-627 SM) 

ilustrasi perang Romawi dan Persia

Perang ini melibatkan Kekaisaran Romawi berhadapan dengan Kekaisaran Sassaniyah dan Parthia. Hasilnya berupa kemenangan Kekaisaran Romawi yang berujung pada ekspansi di Timur Tengah. Oleh karena itu, beberapa pengaruh dari Romawi juga terbawa ke Timur Tengah.

2. Rangkaian Perang Salib (1095 M-1270 M) 


Yang kedua adalah perang yang melibatkan hampir seluruh kerajaan dan dinasti yang ada di Eropa dan Timur Tengah (secara garis besar dibagi menjadi kekuatan Islam dan Kristen, walau sebenarnya lebih kompleks).

Terlepaas  dari bermacam-macam versi tentang Perang Salib, bisa dikatakan muslim yang memenangkan perang ini karena berhasil mendapatkan dan mempertahankan Yerusalem.

3. Perang Tours (732 M) 


ilustrasi perang Tours

Perang yang melibatkan pasukan muslim melawan bangsa Frank (Perancis). Hasilnya adalah terpukulnya pasukan muslim dari Prancis dan memastikan perkembangan kekristenan di Eropa, yang disusul dengan pengusiran muslim di Semenanjung Iberia, disebut Reconquista oleh orang Spanyol dan Portugis.

4. Penaklukan Konstantinopel (1453 M) 

pasukan Mehmed II saat mengepung Konstantinopel

Perang yang melibatkan Kesultanan Turki Ottoman melawan Romawi Timur. Sejak awal terbentuknya dinasti Ottoman, proses pengepungan dilakukan selama bertahun-tahun. Hasilnya adalah runtuhnya Bizantium serta Ottoman memperoleh "kunci" Konstantinopel yang kelak dinamai Istanbul.

5. Serangkaian Penaklukan Benua Amerika dan Asia (abad ke-15 hingga abad ke-19). 

ilustrasi kolonialisasi Eropa

Penaklukan ini melibatkan Eropa yang berselisih satu sama lain dengan penduduk asli Amerika yang berselisih satu sama lain. Mulai dari pembantaian (Genosida California) hingga diplomasi (Kerajaan Inggris yang membentuk aliansi dengan beberapa suku lokal (Iroquois dsb.) untuk melawan Kolonial Amerika) dilakukan pada saat itu.

Oh iya ada artikel lainnya yang membahas tentang penaklukan wilayah oleh bangsa-bangsa penakluk yang bisa dibaca di artikel berikut ini 4 Imperium Paling Kejam dalam Sejarah Dunia

Kolonialisasi yang dilakukan oleh berbagai macam kerajaan di Eropa yang berselisih dengan kerajaan Asia lokal, disusul Jepang sebagai penakluk di akhir abad ke-19. Sama seperti di Amerika, konflik diisi dengan perang (kerajaan lokal Indonesia melawan Spanyol, Portugis, disusul Belanda dan juga Perang Persia-Mughal contohnya) juga diplomasi baik. Selain itu, pengaruh keagamaan sebagai bentuk kemajuan peradaban perlahan berkurang.

6. Perang Dunia I(1914 M–1918 M) dan Perang Dunia II (1939-1945)


Perang yang melibatkan Triple Etente melawan Blok Sentral. Hasilnya adalah kemenangan dan dominasi negara Blok Aliansi di seluruh dunia, hancurnya Turki Ottoman yang menyebabkan peningkatan tensi di Timur Tengah, dan munculnya Perang Dunia II.

Perang Dunia II ini adalah perang yang melibatkan Blok Sentral melawan Blok Sekutu. Hasilnya adalah kemenangan Blok Sekutu yang menimbulkan dua kekuatan adidaya (Amerika Serikat dan Uni Soviet), dan perlahan kemerdekaan di dunia ketiga mulai terjadi.

Itulah beberapa peperangan yang melibatkan berbagai bangsa didunia dan merubah sejarah hidup umat manusia. 

Semoga bermanfaat.
  

Nur Muhammad Al Amin

*dari berbagai sumber

July 13, 2020 - tanpa komentar

Related Posts