Fakta Tentang Google dan Facebook yang Hobi Ngintip Penggunanya


Kiprah dua raksasa dunia Google dan Facebook tidak diragukan. Keduanya menguasai lebih dari setengah pangsa pasar internet dunia. Saking berkuasanya kedua platform tersebut bahkan bisa mengintip kehidupan pribadi para pengguna setianya, bahkan tanpa  disadari pengguna mereka.

Berikut ini adalah rangkuman fakta-fakta bahwa Google dan Facebook selalu mengintip aktivitas pengguna mereka.

Bersiaplah untuk merinding karena kalian akan tahu seberapa banyak informasi yang disimpan kedua raksasa ini tanpa disadari.

1. Google tahu pengguna pernah kemana saja


Jika kita menyalakan tracking location saat ponsel menyala, kita bisa melihat linimasa dimanapun kita pernah berada atau singgah, mulai dari hari pertama kita menggunakan Google di ponsel, karena Google akan terus menyimpan data-data tersebut.

Untuk melihat aktivitasmu coba lihat ke link berikut ini





2. Google tahu apa saja yang  pernah kita cari dan hapus


Ketika memasukkan keyword atau kata kunci ke mesin pencari Google, mereka menyimpan data apa saja yang telah kita cari, bahkan sudah terintegrasi dengan semua gawai yang kita punya.

Misalnya nih, kita habis search di ponsel, pencarian itu juga muncul di perangkat kita yang lain misalnya komputer atau tablet. Bahkan kalau histori pencarian itu sudah kita delete, datanya masih tetap tersimpan dengan rapi di server mereka.

Hmmm…. Jadi tidak heran kalau negeri seperti Tiongkok memblokir Google di negaranya.

Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat di link ini. https://myactivity.google.com/myactivity

3.Google membuat iklan berdasarkan profil penggunanya


Untuk kepentingan bisnis advertise atau Iklan Google membuat berdasar semua informasi yang dimiliki penggunanya, yang meliputi lokasi, jenis kelamin, hobi, karir, ketertarikan, status hubungan, penghasilan, bahkan berat badan penggunanya. 

Jadi jangan heran kalau ada saja iklan google yang muncul sesuai dengan profil kita, misalnya ada iklan penurun berat badan, data-data ini juga dipakai pengiklan digital agar pemasaran produknya tepat sasaran (berlaku juga di IG dan platform sosial lainnya)

Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat disini yah.



4. Google menyimpan informasi tiap aplikasi yang  dipakai penggunanya


Oh iya Google tahu loh seberapa sering kita memakai aplikasi tersebut, dimana kita menggunakannya, dan dengan siapa kita berinteraksi melalui aplikasi tersebut.
Yang jelasnya Google tahu dengan siapa kita ngobrol di Facebook, dengan orang dari negara mana kita ngobrol, bahkan om Google juga bisa tahu jam tidur kita.

Ngeri-ngeri sedap kan? 

Untuk mengecek nya, kamu bisa lihat disini



5.Google punya semua histori YouTube kita


YouTube adalah situs berbagi video yang dimiliki oleh Google, otomatis semua kegiatan kita juga diintip oleh Google.
Semua data dan histori dari akun YouTube milik kita disimpan semua oleh Mbah  Google.

Jadi mereka bisa tahu apakah kita akan segera menjadi orang tua, kita beraliran konservatif, progresif, agama kita  apa, apakah kita merasa depresi, ingin bunuh diri dan lainnya. 

6. Bagaimana dan seperti apa data pengguna disimpan Google?


Si Mbah Google menawarkan beberapa pilihan kepada penggunanya untuk mengunduh semua data yang mereka simpan tentang kita. Data-data ini bisa diunduh dalam bentuk file word dan ukurannya besar sekitar 5,5 GB.

Dan dari mana data-data tersebut? Yah semua data dalam akun google kita, termasuk juga bookmark, email, file Google Drive, video YouTube, foto dari ponsel kita, bisnis yang kita geluti , produk yang kita beli, kalender, riwayat lokasi, situs web yang kita buat, ponsel yang pernah dimiliki, tulisan yang pernah dishare, dan masih banyak lagi.

Lebih jelasnya kalian bisa melihat di link berikut:



7. Semua praktek di atas dilakukan juga oleh raksasa sosmed Facebook

Facebook juga memberikan piihan kepada penggunanya untuk mendownload semua data dan informasi mereka. Semua aktivitas kita di akun Facebook termasuk tiap pesan yang pernah kita kirim, messenger, file yang kita kirim, kontak dari ponsel dan audio yang pernah kita kirim.
Lebih parahnya lagi, Facebook bisa mengakses webcam dan mikropon milik kita.

Data yang mereka kumpulkan juga termasuk dimana kita berada, aplikasi yang apa yang kita install dan dimana diinstal,  serta buat apa aplikasi tersebut kita pakai.Selain itu l, Facebook juga bisa mengakses email, kalender, games yang kita pakai, foto, video, music, histori pencarian dan radio yang kita dengar pun tak luput dari pantauan mereka.

Nah, jadi seram kan? 

Maka bijaklah dalam menggunakan akun sosial media kita. 
Semoga informasi ini bermanfaat terima kasih.


Nur Muhammad Al Amin



April 27, 2020 - tanpa komentar

Related Posts