5 Fakta Tentang Indonesia Jarang Diketahui


Setiap negeri memilik ciri khas berbeda dan unik, beragam fakta unik yang dimiliki suatu negara akan menjadi ciri yang tak dimiliki oleh negara lainnya di dunia.

Begitu pula dengan negeri kita Indonesia. Deretan kepulauan Nusantara ini menyimpan berbagai macam keunikan yang tidak dimiliki oleh negeri lainnya. Sangat banyak sekali jika dibahas tak akan pernah habis.

Berikut ada 5 fakta menarik tentang Indonesia yang saya pilih dari berbagai keunikan Indonesia.


1. Panjang wilayahnya dari ujung barat ke timur menutupi panjang wilayah seluruh Eropa.

Negara Indonesia adalah salah satu negeri dengan gugusan kepulauan terpanjang di dunia. Tidak heran jika fakta ini benar adanya. Ini adalah satu-satunya garis terpanjang di dunia yang menutupi panjang wilayah se-benua Eropa. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. 


Tidak hanya itu luas keseluruhan wilayah Indonesia juga lebih luas dari seluruh wilayah di Eropa Barat. Perbandingannya adalah Indonesia 1,905 jt km persegi, sedangkan seluruh Eropa bagian barat luasnya adalah 1,500jt km persegi. 

2. Indonesia memiliki bahasa dan dialek terbanyak ke-2 di dunia.

Dalam hal bahasa dan dialek lokal, Indonesia menjadi negara dengan koleksi bahasa daerah serta dialek terbanyak di dunia. Tercatat Indonesia memiliki 710 bahasa daerah dengan beragam dialek. Indonesia hanya kalah dari Papua Nugini yang memiliki 840 bahasa dan dialek lokal.


3. Punya jumlah usia produktif atau muda terbesar di dunia

Pada tahun 2019 usia produktif (16-65) warga negara Indonesia berjumlah 183,6 juta jiwa atau 68,7 persen.

Sedangkan untuk usia 40 tahun kebawah berjumlah 107 juta jiwa, dengan demikian hampir separuh penduduk Indonesia adalah kalangan millenial atau Gen-Z. 

Tidak mengherankan jika Indonesia selalu menjadi trending topik di jagat sosmed kan.


4. Wilayah Indonesia terletak di titik paling panas atau paling berbahaya dari gugusan gunung berapi di dunia


Gugusan gunung berapi di Indonesia atau biasa dikenal dengan The Pacifik Ring Of Fire atau dikenal juga dengan nama Circum Pacifik Belt adalah daerah garis sabuk gempa bumi, atau lempengan kerak bumi. 

Indonesia memiliki 130 gunung berapi aktif dimana terjadi 3-4 kali gempa bumi setiap harinya. Dan merupakan wilayah seismik teraktif dimuka bumi.



5. Indonesia punya flora dan fauna yang paling unik dan langka di dunia.


Nah, jika bicara soal flora dan fauna Indonesia adalah salah satu tempat terbaik untuk dihuni jenis tumbuhan dan hewan langka. 

Diantaranya adalah Bunga Raflesia yang terkenal dengan Bunga Bangkai. Ini adalah jenis bunga paling besar dan langka di dunia. Bunga ini ditemukan oleh seorang Belanda yang kemudian diberi nama dengan sebutan penemunya yakni Raflesia Arnoldi. 


Bunga Bangkai

Selain bunga terbesar didundi  tersebut, Indonesia juga memiliki reptlr dari jaman prasejarah yakni Komodo yang hanya hidup di daerah Nusa Tenggara. 

Selain Komodo ada juga hewan langka lainnya seperti Harimau Sumatera, Badak Jawa, dan yang tak kalah serunya ternyata Indonesia memiliki Lebah Jurrasic terbesar di dunia .



Lebah Terbesar


Itulah 5 fakta mencengangkan tentang Indonesia yang wajib kita ketahui. Masih banyak fakta menarik lainnya tentang negeri kita tercinta ini yang insyaallah akan saya bahas lagi di tulisan mendatang. Semoga bermanfaat

Nur Muhammad Al Amin

April 04, 2020 - tanpa komentar

Related Posts