Ini Perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater


Jika dilihat dari nama sebenarnya kita sudah bisa membedakan keduanya, apalagi yang sudah sering menggunakan Sistem Paylater yakni "Beli sekarang Bayarnya Nanti". Saya juga pernah membahas tentang paylater di beberapa artikel sebelumnya yang bisa dibaca disini Paylater, Beli dulu Bayarnya Nanti atau kalian juga bisa baca di artikel berikut yang khusus membahas paylater Shopee Belanja Sekarang di Shopee Bayarnya Bulan Depan . Artikel tentang Paylater lain juga saya sudah pernah membahasnya di artikel berikut ini 3 Startup ini Ikut Merambah Paylater.

Bicara soal Paylater seakan tak pernah habisnya, karena dengan Paylater costumer dimudahkan dengan metode pembayaran ini, walaupun ini model utang digital namun minat masyarakat sangat besar terhadap model pembayaran ini, apalagi dengan janji bunga nol persen jika dibayar dalam 30 hari. Sama halnya dengan beberapa platform utang lainnya seperti Kredivo dan akulaku. Di Shopee Paylater jika menggunakan cicilan bunga juga tergolong kecil karena Shopee Paylater sudah mendapat izin operasional dari OJK seperti kartu kredit online lainnya.

Lantas mengapa saya tergerak menulis tentang perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater? Karena banyak teman-teman yang belum mengerti dan membedakan keduanya, karena kedua platform tersebut memang seatap dengan marketplace Shoope yang merupakan salah satu satu startup belanja online terbesar dan terpercaya. Mengenai situs belanja online terbaik saya juga pernah membahasnya di artikel berikut ini 5 Startup Terbaik dan Terpopuler di Indonesia .

Baiklah langsung saja kita lihat perbedaan antara Shopee Pay dan Shopee Paylater berikut ini.


1. Shopee Pay


Dashboard Shopee Pay

Shopee Pay adalah salah satu bentuk pembayaran yang tersedia di paltform Shopee, ini adalah bentuk pembayaran yang memudahkan buyer untuk membayar produk yang mereka beli di marketplace tersebut. Selain mudah digunakan Shopee Pay juga memberikan keuntungan lebih seperti cashback dan juga gratis ongkos kirim ekstra. 

Ini yang membedakan jika kita menggunakan Shopee Pay sebagai metode pembayaran dibandingkan dengan menggunakan misalnya transfer bank atau pembayaran melalui both atau minimarket. Selain mendapat cashback dan gartis ongkos kirim ekstra, pengguna juga dibebaskan dari biaya administrasi transaksi alias biaya layanan.

Cara menggunakan juga sangat mudah dan praktis cukup check out dengan memilih Shopee Pay sebagai metode pembayaran. Untuk isi ulang atau Top Up bisa menggunakan transfer bank atau mendatangi kasir minimarket seperti pembayaran lainnya. Kalau tidak salah untuk pertama kali top up pengguna mendapatkan cashback yang dimasukkan kedalam saldo bonus Shopee Pay dan bisa digunakan untuk berbelanja kecuali tarik tunai. 

Proses verifikasi Shopee Pay

Untuk tarik tunai dana yang ada di Shopee Pay harus minimal Rp. 10.000 untuk sekali penarikan ke rekening bank milik kita sendiri yang sudah terverifikasi, dan membutuhkan waktu satu hari kerja, itu estimasi yang diberikan pihak Shopee, namun pengalaman pribadi biasanya hanya 5 menit saldo kita akan masuk ke rekening milik kita. Dan untuk penarikan ini gratis jika diatas Rp.50.000 😁

Oh iyaa Shopee Pay juga digunakan untuk menampung dana hasil penjualan, jika kalian mempunyai toko dan berjualan di marketplace tersebut. Untuk mendapatkan layanan ini cukup mudah cukup verivikasi identitas dengan cara mengupload KTP dan Selfi bersama KTP. Saldo maksimal yang dapat diisi adalah maksimal Rp.10.000.000 sesuai aturan yang berlaku.

2. Shopee Paylater 


Dashboard Shopee Paylater

Nah, untuk yang satu ini pasti banyak yang menginginkannya, namun sayangnya Shopee Paylater tidak bisa diajukan seperti pengajuan pinjaman lainnya. Metode pembayaran ini hadir dengan sendirinya di akun milik kita yang sudah terverifikasi dan minimal sudah berjalan 6 bulan. Saya sudah pernah membahas hal ini di artikel Belanja Sekarang di Shopee Bayarnya Bulan Depan . Sistem atau metode pembayaran ini seperti namanya adalah sistem utang yang memudahkan costumer untuk berbelanja di Shoope. Kita dapat menggunakan dengan pilihan cicilan atau bayar dalam 30 hari dengan bunga nol persen. 

Banyak keuntungan yang diperoleh dari metode pembayaran ini sama halnya dengan Shopee Pay diatas, yakni kita mendapatkan cashback lebih dan juga gartis ongkos kirim ekstra dan program promosi lainnya dari Shopee.

Limit awal Shopee Paylater

Mengenai limit yang diperoleh juga berbeda setiap akun, itu tergantung dari sistem dari Shopee sendiri, jika sering berbelanja limit awal yang didapat bisa langsung tinggi, tetapi rata-rata limit awal yang diperoleh adalah Rp.750.000 dan kita hanya mendapatkan kesempatan pengajuan kenaikan limit satu kali saja dengan cara mengisi formulir yang disediakan, dan tunggu 1x24 jam untuk memperoleh kenaikan limit, sekali lagi limit baru juga tergantung sistem Shopee. 

Setelah beberapa kali menggunakan Shopee Paylater dan membayar tagihan dengan lancar, sistem akan menaikkan limit kita secara otomatis, jadi jika ingin limit naik gunakan terus Shopee Paylater dan bayar tepat waktu 😁. Shopee Paylater dapat digunakan untuk berbelanja semua kebutuhan yang tersedia di semua toko dalam marketplace tersebut, kecuali untuk transaksi tarik tunai yang memang tidak tersedia alias tidak bisa diuangkan, pun halnya Shopee Paylater tidak dapat digunakan untuk berbelanja produk digital seperti pulsa, tagihan listrik dan sejenisnya, jadi murni limit yang ada hanya untuk berbelanja barang.

Lancar bayar,limit naik loh😁

Jika ingin menjadikan limitnya menjadi uang tunai banyak pilihan yang tersedia seperti membeli emas atau lainnya, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan Gestun atau Gesek Tunai karena selain melanggar ketentuan Shopee Paylater, ini juga dapat merugikan diri sendiri, kan gak mau uangnya didapat penipu, Anda lah yang harus membayar tagihan dari Shopee Paylater kan? 

Nah, sekarang sudah paham kan perbedaan Shopee Paylater dan Shopee Pay, walau sama-sama produk Shopee tapi yang satunya uang milik kita yakni Shopee Pay dan Paylater seperti namanya itu adalah fasilitas utang yang diberikan Shopee ke costumer terpilih. Jadi jika sudah dipercaya, ingat bayar tepat waktu dan hindari denda, dan gunakan utang dengan bijak jangan belanja ini itu, giliran ditagih ,eh ngumpet dulu😁

Semoga Bermanfaat


Nur Muhammad Al Amin




February 23, 2020 - tanpa komentar

Related Posts