Fakta-fakta Menarik Tentang Ottoman



Dinasti Ottoman atau Utsmaniyah adalah salah satu imperium terkuat dunia yang bertahan ratusan tahun. Sebelum runtuh dan berganti menjadi Republik Turki Ottoman adalah kekaisaran besar yang sangat ditakuti terutama bangsa Eropa di era kejayaan Ottoman pada abad pertengahan.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Kesultanan Ottoman yang mungkin jarang kita ketahui. Fakta-fakta ini saya kutip dari berbagai sumber dan tidak disusun secara berurutan.


✓ Kekaisaran ini bertahan hingga 624 tahun, dari tahun 1299 sampai 1923. Puncak luas wilayahnya mencapai 5.200.000 juta mil persegi dan puncak populasinya sejumlah 35 juta.

✓Band militer Ottoman, Mehter, merupakan band militer pertama sepanjang sejarah dan pawai mereka menginspirasi banyak komposer Eropa seperti Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozard, dan Ludvig van Beethoven. Band militer Mehter hari ini menjadi bagian dari angkatan bersenjata Turki.

✓Kata "Ottoman" adalah versi yang diinggriskan dari kata "Osman", pendiri kekaisaran ini.

✓Meskipun Ottoman merupakan kekaisaran yang dipimpin bangsa Turki, kata "Turk" dianggap merendahkan dan dianggap sebagai sinonim dari kata "orang desa", dan para elit mengidentifikasikan diri sebagai "Rûmî" (Romawi) karena Ottoman mengklaim sebagai penerus dari kekaisaran Romawi.

✓Gulat minyak adalah olahraga yang paling populer, bahkan ada sekolah khusus yang mengajarkannya (mirip dengan sumo Jepang).

✓Kata dalam bahasa Turki untuk sarapan adalah "kahvaltı" yang dapat diterjemahkan sebagai "sebelum kopi", sebuah sisa peninggalan dari budaya minum kopi bangsa Turki Ottoman.

✓Camilan Turki sangat populer di Eropa tetapi sulit diperoleh, setelah periode penemuan, orang-orang Eropa yang memiliki akses mudah ke gula-gula menciptakan agar-agar sebagai imitasi dari camilan Turki.

✓Tulip adalah bunga nasional Turki, bunga ini diimpor ke Belanda pada abad ke-16 dan mereka bahkan menjatuhkan pasar mereka dalam beberapa titik.

✓Kaisar Ottoman menggunakan gelar "sultan" (Islam), padişah (Persia), khan (Turki) dan "kayser-i rûm" (kaisar Romawi).
Kekaisaran Ottoman memperkenalkan kopi pada Eropa ketika para tentara meninggalkan kopi mereka setelah pengepungan Wina dan toko kopi pertama di buka di Wina.

✓Kekaisaran Ottoman memperkenalkan kios ke Eropa yang sebagian besar diyakini terinspirasi oleh Grand Bazaar -yang sering kali dianggap sebagai mal pertama-.

✓Teknik inkubasi variolasi dibawa ke Eropa oleh istri duta besar Inggris untuk Kekaisaran Ottoman pada 1700-an.

✓Kekaisaran Ottoman memperkenalkan Eropa ke budaya mandi dengan hamam Turki yang terkenal.

✓Meriam yang digunakan dalam pengepungan Konstantinopel berbobot 544kg dan meskipun peran merian dalam pengepungan terbuka masih diperdebatkan, mereka menunjukkan kepada orang-orang Eropa di bawah rezim feodal bahwa kastil tuan mereka dapat dibobol. Jatuhnya Konstantinopel juga menyebabkan penyebaran Renaisans di Eropa, dan pertumbuhan kekaisaran berikutnya memaksa orang Eropa untuk menemukan dunia baru sambil mencari rute baru untuk mencapai India dan Tiongkok.

✓Bahasa isyarat umum digunakan di istana Ottoman karena dua alasan: para sultan menyukai keheningan dan menganggapnya sebagai sebuah hal yang sopan, dan untuk mencegah informasi sensitif tidak didengar. Sistem ini adalah sistem kompleks yang tidak diketahui oleh orang luar dan tidak banyak yang mencatatnya.

✓Orang-orang yang menjaga harem semuanya kasim, orang-orang yang menjaga sultan semuanya bisu, keduanya karena alasan yang jelas.

✓Gereja-gereja ortodoks dari tanah-tanah taklukan digabungkan di bawah otoritas patriarki Konstantinopel, Ottoman mempertahankan fungsi patriarki untuk memperkuat klaim mereka sebagai penerus Kekaisaran Romawi, sementara mereka juga menyelamatkan kekristenan Ortodoks agar tidak diserap dan dihilangkan oleh orang-orang Katolik Italia, Polandia, dan Hongaria.

✓Selama kelaparan hebat di Irlandia, Sultan Ottoman Abdülmecid ingin menyumbangkan 10.000 pound kepada Irlandia, tetapi Ratu Victoria mencegahnya dan membuatnya mengirim hanya seribu karena dia sendiri hanya menyumbang dua ribu. Ottoman mengirim lima kapal penuh makanan ke Irlandia dan meskipun Inggris memblokir pelabuhan, kapal-kapal itu tiba di Drogheda.

✓Pilot tempur berkulit hitam pertama adalah Ahmet Ali Çelikten yang merupakan seorang dari kekaisaran Ottoman, yang kemudian menjadi warga negara Turki.

✓Rumah sakit hewan pertama di dunia dibuka di Bursa, Kekaisaran Ottoman: Gurebahane-i Laklakan.

✓Kekaisaran Ottoman mengirimkan kapal untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi dari Inkuisisi Spanyol dan menempatkan mereka di kekaisaran.

✓Murid dari Sinan sang Arsitek (Mimar Sinan), arsitek Ottoman yang terkenal, mendesain Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Stari Most di Mostar, dan membantu merancang Taj Mahal di Kerajaan Mughal.

✓Hezarfen Ahmet Çelebi mendapatkan kredit sebagai penerbang pertama dalam sejarah penerbangan. Peristiwa ini berlangsung pada tahun 1638 selama masa pemerintahan Sultan Murad IV. Hezarfen lepas landas dari Menara Galata di dekat Bosporus dan berhasil mendarat di Üskudar, di sisi lain.

✓Leonardo da Vinci mendesain jembatan di atas Tanduk Emas tetapi desainnya ditolak oleh Sultan Bayezid II. Desain yang sama dihidupkan kembali di Oslo pada tahun 2001 oleh seorang seniman kontemporer.

✓Nasreddin Hodja, yang terkenal di banyak negara karena kisah kelicikannya, tinggal di dekat Afyon antara 1208-1284 dan ia telah menjadi tokoh terkemuka di Kekaisaran Ottoman dan di negara-negara yang dibebaskan darinya.

✓Bulan Sabit Merah didirikan oleh Ottoman setelah Perang Krimea dan kemudian meluas di antara negara-negara Muslim. Dengan cara yang sama, bendera Ottoman adalah alasan mengapa negara-negara Muslim memiliki bulan sabit (dan bintang) di bendera mereka, itu berasal dari bendera Ottoman. Ottoman mempertahankan gelar khalifah selama berabad-abad dan bendera mereka menjadi identik dengan Islam.

✓Amerika Serikat adalah negara yang ada di bawah kekuasaan dari negara-negara yang ada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman sampai Perang Barbary.

✓Ottoman mengirim Ertuğrul fregat untuk membangun hubungan dengan negara-negara Timur Jauh. Namun, kapalnya tenggelam di Jepang pada tahun 1890 dan Jepang melakukan yang terbaik untuk membantu kru dan berhasil menyelamatkan 69 dari 580 pelaut. Pada tahun 1985, selama perang Irak-Iran, Turki mengevakuasi warganya sendiri. Namun, Turkish Airlines terbang ke sana dan mengevakuasi 215 orang Jepang yang terdampar di kedutaan Teheran Jepang. Turki melakukan ini untuk sesuatu yang terjadi hampir seabad yang lalu.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Kesultanan Ottoman. Semoga informasi ini bermanfaat.



Nur Muhammad Al Amin





February 20, 2020 - tanpa komentar

Related Posts