2 Tabungan Digital Terbaik untuk Millenial



Selain dompet digital yang menjamur saat ini, dunia perbankan tak kalah inovatif dengan menghadirkan tabungan digital. Artikel mengenai dompet digital dapat Anda baca pada tautan berikut  2 Aplikasi Uang Elektronik Tanpa Kartu Terbaik Mobile bangking memang sudah hadir ditengah masyarakat sejak beberapa tahun silam seiring perkembangan teknologi informasi. Dengan adanya mobile dan internet banking nasabah dimudahkan untuk bertransaksi perbankan dalam genggaman dan hitungan detik, namun kebanyakan mobile dan internet banking masih belum menyediakan fasilitas pembukaan tabungan, jadi jika ingin membuka tabungan harus masih konvensional yakni mendatangi kantor bank cabang terdekat.

Namun saat ini ada bank yang memudahkan nasabahnya untuk membuka tabungan tanpa harus datang ke cabang terdekat,walaupun itu rekening pertama yang dibuka di bank tersebut. Ada beberapa bank yang kini menerapkan inovasi tersebut yakni berupa tabungan digital yang sangat praktis dan banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah. Diantara sekian banyak tabungan digital yang hadir berikut saya jelaskan 2 Tabungan Digital Terbaik yang cocok untuk kalangan muda atau millenial.

1. Jenius (BTPN)



Jenius adalah inovasi perbankan yang dimiliki oleh bank BTPN. Tabungan digital ini hadir dan resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2016 silam. Boleh dibilang Jenius adalah pelopor perbankan digital di Indonesia, Jenius hadir untuk melayani masyarakat terutama perkotaan yang mobilitas sangat tinggi. Tabungan digital yang bermotto Bangking Made Easy on Your Smartphone ini memungkinkan masyarakat untuk membuka tabungan dan bertransaksi segala jenis transaksi perbankan melalui telepon genggam milik Anda. Jenius hadir dalam sistem operasi Android dan juga IOS.

Dari pembukaan tabungan hingga transaksi perbankan semuanya serba online, cukup mengunduh aplikasi Jenius di android maupun IOS masyarakat langsung dapat memiliki rekening digital dengan cara meregistrasi melalui smartphone. Setelah registrasi jika di hari kerja nasabah baru langsung mendapat telepon (video call) dari costumer service untuk mengkonfirmasi pembukaan rekening, setelah ditelepon beberapa menit kemudian rekening akan aktif dan bisa diakses melalui aplikasi dan sudah bisa melakukan transaksi finansial.

Dashboard Jenius

Untuk kartu ATM biasanya dal 7-14 hari kerja akan dikirimkan ke alamat rumah atau kantor yang telah didaftarkan. Pengalaman saya sih gak lama sekitar 3 hari kerja setelah pembukaan rekening kartu ATM tiba di rumah dan sudah bisa digunakan. Keunggulan dan keuntungan yang diperoleh nasabah dari Jenius cukup banyak selain memudahkan transaksi finansial, pihak Jenius juga memberikan layanan gratis transfer ke semua bank dan juga gratis tarik tunai di ATM bank apa saja di Indonesia.

Sayangnya Limit penarikan dan transfer gratis dalam sebulan adalah 25 kali, jadi ada batasan ya, tapi lumayanlah bisa menghemat biaya yang tidak perlu. Banyak fasilitas lain yang dimiliki tabungan Jenius ini, seperti topup e-money, dompet digital maupun transaksi lainnya. Oia saat ini Jenius juga sudah ada pilihan simpanan dalam bentuk mata uang asing dan sangat mudah menerapkannya.

Untuk kartu ATM Jenius memiliki beberapa pilihan yang fisik maupun yang elektronik. Dengan kartu ini nasabah dimudahkan untuk melakukan transaksi belanja online di berbagai merchant tanpa kartu kredit, karena kartu virtual milik Jenius juga layaknya kartu kredit karena itu kita juga bisa mendaftar akun Paypal tanpa menggunakan kartu kredit.

2. Permata Mobile X



Bank Permata adalah salah satu bank swasta nasional terbaik saat ini. Bank ini terkenal dengan Virtual Accountnya. Jika sering berbelanja online atau kalian pasti sudah akrab dengan namanya VA alias Virtual Account. Nah, bank Permata adalah salah satu pemain terbaik dalam bidang ini.

Bank yang semula bernama bank Bali ini bermetamorfosa menjadi bank Permata yang adalah hasil merger 4 bank yang terkena imbas krisis moneter beberapa dekade lalu. Tahun 2016 lalu bank Permata menjadi bank terbesar ke-10 di Indonesia dalam hal aset.  Di era digital ini bank Permata tak kalah inovatif dengan menghadirkan tabungan digital dengan nama Permata Mobile X. Tabungan digital ini lahir pada 1 Agustus 2018, sebelumnya Permata bank memiliki produk bernama Permata Mobile.

Hadirnya Pertama Mobil X adalah untuk menjawab tantangan teknologi digital di dunia perbankan, aplikasi ini memiliki lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi. Fitur andalannya adalah Single Costumer View yang memudahkan nasabahnya untuk melihat akun dalam satu tempat tanpa login, ini akan memudahkan nasabah melakukan transaksi transfer dengan cepat. Kemudahan lainnya adalah nasabah dapat melakukan share bukti transfer dengan cepat melalui messenger seperti WhatsApp dan lainnya.


Fitur menarik lainnya dari Permata Mobile X adalah kita dengan mudah membuka tabungan lainnya seperti deposito dan tabungan rencana. Semua dapat dilakukan dengan satu akun milik kita. Pengalaman saya sendiri, aplikasi ini memang mirip dengan Jenius milik bank BTPN diatas, sama-sama memiliki keunggulan dalam satu aplikasi, kemudahan membuka tabungan dan bertransaksi serta fasilitas transfer dan tarik tunai gratis dan cashback dalam transaksi topup uang elektronik dan merchant seperti OVO dan lainnya.

Namun dalam hal limit transaksi transfer dan tarik tunai gratis di semua bank, sepertinya Permata Mobile X lebih unggul dari Jeniu karena tidak ada batasan dalam hal gratis transaksi transfer dan tarik tunai gratis. Begitu juga Permata Mobile X lebih unggul soal promo cashback dan promo dapat saldo 50rb rupiah saat membuka tabungan melalui aplikasi untuk pertama kalinya.

Itulah 2 Tabungan Digital Terbaik untuk Millenial yang dapat kalian pilih untuk menunjang dan memudahkan hidup kalian. Silakan dipilih sesuai minat, jika suka bole pilih keduanya.


Nur Muhammad Al Amin

January 22, 2020 - tanpa komentar

Related Posts