3 Startup Ini Ikut Merambah Paylater


Saat ini banyak sekalili platform keuangan maupun marketplace yang merambah bisnis Paylater alias Beli dulu Bayarnya nanti. Beberapa startup telah melakoninya seperti halnya OVO yang menggandeng Tokopedia dan Grab, Gojek Paylater yang bekerjasama dengan Platform keuangan Findaya serta Traveloka.

Artikel terkait tentang Paylater beberapa paltform diatas sudah saya bahas sebelumnya bisa di baca disini.  Paylater, Beli Dulu Bayarnya Nanti . Selain itu Shoppe juga telah lebih dulu memanjakan buyernya dengan menghadirkan Shoppe Paylater, artikel selengkapnya bisa dibaca disini .Belanja Sekarang Di Shopee, Bayarnya Bulan Depan .

Kali ini saya akan membahas marketplace dan dompet digital yang menghadirkan Paylater sebagai alternatif pembayaran. Ketiga platform tersebut sepertinya tidak mau ketinggalan dengan pesaing mereka dalam bidang teknologi keuangan terutama Paylater yang saat ini sedang booming.


1. Bukalapak




Fitur BayarNanti di Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu marketplace yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang hobi berbelanja online. Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi yang identik dengan warna merah ini. Mengenai Bukalapak dan marketplace lainnya bisa dibaca di artikel berikut ini Lima Startup Terbaik dan Populer Indonesia. Diantara fitur andalan Bukalapak adalah fitur tabungan emas, reksadana dan lainnya. 

Nah, kali ini fitur baru yang dihadirkan adalah Payalter yang diberi nama BayarNanti. Ini adalah fitur baru dari Bukalapak bekerjasama dengan Julo sebagai partner. Melalui fitur ini, pembeli menjadi lebih mudah untuk melakukan pembayaran transaksi menggunakan kredit limit di Bukalapak. Saat ini BayarNanti hanya dapat digunakan untuk transaksi marketplace (pembayaran barang fisik).

Untuk limit yang ada 3 (tiga) jenis kredit limit yang ditawarkan oleh BayarNanti dengan pembayaran tagihan setiap akhir bulan, yaitu:

Rp1.000.000 (satu juta rupiah).

Rp2.000.000 (dua juta rupiah).

Rp3.000.000 (tiga juta rupiah).


2. DANA

Saldo hanya ilustrasi

Aplikasi yang satu ini adalah salah satu dompet digital terbaik saat ini selain OVO tentunya. Soal informasi tentang aplikasi DANA sudah saya bahas sebelumnya di artikel berikut ini. 2 Aplikasi Uang Elektronik Tanpa Kartu Terbaik

Kali ini seperti halnya Bukalapak yang menggeluti Paylater DANA juga mencoba peruntungan dengan menghadirkan Paylater yang bekerjasama dengan Akulaku. 

DANA mulai menggulirkan  fitur paylater dengan menggaet startup Akulaku. Seperti yang saya kutip dari Katadata, fitur ini masih dalam bentuk uji coba untuk sebagian kecil pengguna aplikasi DANA.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna wajib mengisi data diri seperti nama, jenis pekerjaan, pendidikan terakhir, nama perusahaan, serta menyertakan foto dan identitas diri.

Lewat aplikasi DANA ,  pengguna Akulaku bisa lebih mudah memanfaatkan limit kreditnya untuk transaksi di lebih dari 1000 merchant Dana di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk pilihan tenor maupun jangka waktu pinjaman, kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan produk yang biasa buyer pakai ketika memakai Akulaku untuk transaksi di platform e-commerce.


3. LinkAja


LinkAja

LinkAja adalah salah satu dompet digital milik perusahaan telekomunikasi plat merah yakni Telkomsel. LinkAja hadir pertama kali dengan nama T-Cash, setelah berganti nama LinkAja semakin eksis dengan berbagai macam metode pembayaran dan fitur menarik lainnya. 

Saat ini LinkAja juga tidak ketinggalan turut serta masuk ke ranah kartu kredit digital dengan cara merilis fitur PayLater bekerja sama dengan Kredivo sebagai mitra perdana. Perusahaan juga rencananya akan menggaet pemain lainnya sebagai mitra agar pengguna punya lebih banyak pilihan dalam bertransaksi.

Pertimbangan LinkAja untuk menggaet lebih dari satu pemain agar konsumen semakin diuntungkan karena punya banyak pilihan provider. LinkAja sepertinya ingin memberikan berbagai pilihan terbaik untuk penggunanya.

Penampakan fitur Paylater LinkAja

Sepertinya fitur baru tersebut baru akan diluncurkan akhir tahun 2019, saat ini masih dalam tahap uji coba seperti yang tampil di layar akun Anda. Jadi harap bersabar untuk menggunakan fitur tersebut.
Semoga informasi ini bermanfaat. Bijaklah dalam menggunakan paylater agar menjadi kemudahan bukan jadi beban dikemudian hari.


Nur Muhammad Al-Amin

December 07, 2019 - tanpa komentar

Related Posts