Pendiri Universitas Pertama di Dunia Ternyata Seorang Muslimah

Fatimah Al-Fihri

Adalah Fatimah Al-Fihri seorang muslimah asal Tunisia yang mendirikan Universitas Al Karaouine (Al-Qarawiyyin) di Fes, Maroko, Universitas Pertama di dunia yang dibangun tahun 859M. Universitas tersebut merupakan universitas tertua di dunia.

Fatimah Muhammad Al-Fihri lahir pada 800 M atau pada abad ke-8 M. Ayahnya bernama Muhammad Al-Fihri, seorang pengusaha sukses di kota Tunisia yang kemudian bermigrasi ke Fes, Maroko pada masa pemerintahan Raja Idris II.

Disaat sang ayah meninggal, Fatimah dan saudaranya mewarisi harta ayahnya. Harta tersebut digunakan mereka untuk membangun masjid yang diberi nama Al-Qarawiyyin pada tahun 859M, yang kemudian berkembang menjadi sebuah universitas yang menjadi salah satu tujuan para penuntut ilmu dari berbagai penjuru, mulai Maroko, Jazirah Arab, bahkan Eropa dan Asia.

Jumlah mahasiswa yang belajar di kampus tersebut pada abad ke-14 M sudah lebih dari 8.000. Reputasi yang sangat baik bahkan menyebabkan tokoh Gerber dari Auvergne ikut menjadi mahasiswa di Universitas Masjid al-Qawariyyin. Gerber sendiri kemudian menjadi Paus Silvester II dan kemudian memperkenalkan angka Arab dan angka nol ke seluruh Eropa.

Adapun di antara cabang ilmu yang diajarkan di Universitas al-Qawariyyin meliputi ilmu tafsir, fiqih, bahasa Arab, kedokteran, matematika, filsafat, musik, sejarah, kimia, astronomi, retorika, dan arsitektur.

Guiness Book of World Records telah mencatat Al Karaouine (Al-Qarawiyyin) ini sebagai kampus tertua di dunia. Jauh sebelum lahirnya Universitas al-Azhar di Mesir, Universitas Cambridge, Harvard University maupun Oxford University dan yang lainnya.

Universitas Alkaraouine

Sebagai perbandingan di Eropa sendiri, University of Bologna di Italia baru berdiri pada abad ke-11 M. Kemudian diikuti oleh University of Paris di Prancis dan Oxford University di Inggris pada abad ke-12 M.

Para ahli dan Ilmuwan terkemuka yang lulus dari universitas ini antara lain adalah Abd el-Krim el-Khattabi, Ibnu Khaldun, Maimonides, Ibnu Rushayd Al-Sabti, Mohammed Ibnu Al-Hajj Al-Abdari Al-Fasi , Abu Imran Al-Fasi dan Leo Africanus.

Semoga informasi ini bermanfaat singkat mengenai muslimah pendiri universitas pertama di dunia ini bermanfaat.

Nur Muhammad Al Amin

November 05, 2019 - tanpa komentar

Related Posts