5 Negara dengan diaspora Indonesia Terbesar

Lambang diaspora Indonesia

Secara statistik Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia. Indonesia menduduki peringkat keempat dunia setelah China , India dan Amerika Serikat. Saat ini diperkirakan jumlah penduduk Indonesia adalah kurang lebih 268 juta jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang begitu besar tak mengherankan jika penduduk Indonesia saat ini banyak yang menetap di negara lain, atau biasa disebut dengan diaspora. 

Berdasarkan catatan Wikipedia Istilah diaspora (bahasa Yunani kuno: διασπορά, "penyebaran atau penaburan benih") kata ini digunakan (tanpa huruf besar) untuk merujuk kepada bangsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan tanah air etnis tradisional mereka, penyebaran mereka di berbagai bagian lain dunia, dan perkembangan yang dihasilkan karena penyebaran dan budaya mereka. 

Hingga 2015 diaspora Indonesia di berbagai belahan bumi tercatat sebanyak 8 juta jiwa. Mereka menyebar dan beranak pinak di berbagai negara di dunia. Berdasarkan catatan yang dikutip dari Wikipedia inilah 5 negara dengan diaspora Indonesia terbesar di dunia. 

Tabel diaspora Indonesia


1. Malaysia 


Negeri jiran ini menjadi negara dengan jumlah diaspora Indoesia terbesar di dunia. Selain faktor kedekatan kultur dan budaya, alasan lainnya adalah faktor kebutuhan negara tersebut terhadap Tenaga Kerja asal Indonesia. 

Bahkan ada beberapa pejabat negara tersebut adalah keturunan Indonesia. Jumlah diaspora Indonesia di Malaysia pada tahun 2014 adalah sekitar 2,5 juta jiwa, mereka menyebar di berbagai wilayah baik di semenanjung Malaya maupun di negeri Sabah di Kalimantan. 

2. Belanda


Tidak bisa dipungkiri faktor sejarah masa lalu adalah penyebab tingginya jumlah diaspora Indonesia di negeri kincir angin tersebut, setelah lebih dari 3 abad menjajah Indonesia, banyak pribumi Indonesia yang dikirim ke Belanda sebagai pekerja, selain itu banyak juga wanita atau pria Belanda yang menikah dengan penduduk lokal. 

Bahkan sebelum merdeka Indonesia tak pernah dikenal, saat itu nusantara sempat bernama Hindia Belanda. Jumlah diaspora Indonesia di Belanda pada tahun 2013 diperkirakan mencapai 1,8 juta jiwa. 

3 Arab Saudi


Arab Saudi atau Saudi Arabia menjadi negara ketiga terbesar yang menjadi tempat diaspora Indonesia menetap. Pada tahun 2013 jumlah diaspora Indonesia di Arab Saudi mencapai 1,5 juta jiwa. 

Sebagian besar dari mereka adalah warga negara Indonesia yang bekerja di negara petrodollar tersebut. Selain itu faktor sejarah juga tak bisa dilupakan, dan juga faktor ideologi jldan agama juga berpengaruh besar terhadap banyaknya diaspora Indonesia di Arab Saudi.

4. Singapura


Negara maju yang bersebelahan dengan pulau Batam di Kepulauan Riau ini adalah negara keempat dengan diaspora Indonesia terbanyak, di tahun 2010 tercatat 200rb jiwa warga negara Indonesia menetap di Singapura, sebagian besar bekerja dan lainnya berbisnis maupun belajar di negeri kecil tersebut. 

5. Amerika Serikat


Negeri berjuluk Paman Sam ini adalah salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia. Negara ini terkenal dengan diaspora terbesar di dunia, bahkan jumlah diaspora dari berbagai dunia mengalahkan penduduk lokal atau asli Amerika.

Indonesia adalah salah satu penyumbang diaspora terbesar di negara tersebut. Sebagian besar diaspora Indonesia adalah pelajar dan pekerja. Namun, banyak juga diaspora Indonesia karena faktor perkawinan. Jumlah daspora Indonesia di Amerika Serikat yang tercatat pada tahun 2013 adalah sekitar 187rb jiwa. 

Demikianlah info singkat mengenai diaspora Indonesia di mancanegara. Semoga bermanfaat. 

Nur Muhammad Al Amin

November 05, 2019 - tanpa komentar

Related Posts