3 Jenderal Paling Hebat Sepanjang Sejarah


Khalid bin Walid (@annasindonesia)
Belakangan ini ada peristiwa menarik yang terjadi di negeri ini, salah seorang pensiunan jenderal ditusuk hingga harus menjalani operasi untuk penyembuhan, pro kontra hadir ditengah netijezen terkait peristiwa tersebut, banyak diantaranya meragukan kebenaran peristiwa tersebut.Bahkan ada perwira menengah yang dicopot jabatanya akibat ulah istrinya yang turut berkomentar terkair peristiwa ini.

Tak perlu dan tidak terlalu penting untuk membahasnya, karena melalui tulisan ini saya hanya ingin berbagi mengenai hasil riset tentang jenderal-jenderal terhebat sepanjang sejarah dunia.

Adalah Ethan Arsht , seorang ilmuwan data (data scientist) rupanya tak kuasa menahan dirinya untuk ikut nimbrung dalam perdebatan mengenai jenderal atau panglima perang terhebat sepanjang sejarah dunia. Dia menggunakan pendekatan statistik, dengan mengolah data 3.580 pertempuran dan 6.619 jenderal yang telah dia peroleh situs Wikipedia untuk mencari tahu siapa sebetulnya jenderal yang paling hebat—setidaknya berdasarkan pendekatan ilmu matematika.Melaui cara mempertimbangkan faktor-faktor penting sepertihalnya  jumlah pasukan, keuntungan atau kekurangan numerik, serta hasil perang, Ethan percaya bahwa ia berhasil mengumpulkan daftar 10 jenderal terbaik sepanjang sejarah secara objektif.

Dalam pembahasan ini saya hanya mengutip 3 dari 10  Jenderal terhebat sepanjang sejarah dunia berdasarkan riset dari Ethan Arsht.

1. Napoleon Bonaparete

 
Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte lahir 15 Agustus 1769 dan wafat pada 5 Mei 1821. Adalah seorang pemimpin militer dan politik Prancis dan juga seorang kaisar agung yang menjadi terkenal saat Perang Revolusi. Menjadi Kaisar Prancis sejak tahun 1804 hingga tahun 1814, dan kembali menjadi kaisar pada tahun 1815.Dia berasal dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika Nabolione atau Nabulione).

Napoleon Bonaparte adalah seorang jenderal yang memiliki pengaruh yang besar terhadap Eropa selama lebih dari satu dasawarsa. Dalam berbagai pertempuran Ia memenangkan kebanyakan dari perang tersebut, nyaris semua semua pertempuran dimenangkan olehnya. Dalam waktu yang cepat Dia memperoleh kendali Eropa kontinental sebelum kekalahan terakhirnya pada tahun 1815.Tak heran jika dia dinobatkan oleh banyak kalangan termasuk Ethan Arsht sebagai seorang jenderal atau panglima perang terhebat sepanjang sejarah.

Hingga kini kampanye-kampanyenya dipelajari di sekolah-sekolah militer di seluruh dunia dan ia tetap salah satu tokoh politik yang paling terkenal, tak hanya urusan militer, dalam persoalan sipil, Napoleon juga mempunyai pengaruh yang cukup besar dengan membawa pembaruan liberal ke negara-negara yang ia taklukkan,Ia melaksanakan kebijakan-kebijakan liberal pokok di Prancis dan di seluruh Eropa Barat. Tak hanya itu  Prestasi hukumnya yang kekal adalah Kitab Undang-undang Napoleon, yang telah digunakan dalam berbagai bentuk oleh seperempat sistem hukum dunia.

 2. Julius Caesar

 
Wikipedia

Gaius Yulius Kaisar lebih dikenal dengan nama Julis Caesar adalah seorang jenderal atau  pemimpin militer dan juga merupakan  politikus terkenal dunia asal Romawi yang dalam masa kekuasaannya memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, Dia melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul atau saat ini bernama Prancis. 

Julius Caesar saat itu memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, setelah berkuasa dia memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Republik Romawi. Kekuasaan yang tak terbatas menjadikannya sebagai diktator seumur hidup, Julius Caesar akhirnya meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa orang senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya menjadi pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan menjadi awal bagi Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.

Pertempuran militer Julius Caesar diketahui dengan detail melalui beberapa  tulisannya sendiri dan beberpa Kumpulan Komentar (Commentarii), kisah hidupnya juga banyak direkam oleh sejarawan seperti Gaius Suetonius Tranquillus, Mestrius Plutarch, dan Lucius Cassius Dio.Dengan Kehebatannya sebagai jenderal perang dalam beberap kampanye yang dimenangkannya tak heran bila Julius Caesar dinobatkan sebagai  10 Jenderal terhebat sepanjang sejarah di urutan kedua setelah Napoleon.


3. Khalid bin Walid

 
Khalid bin Walid

Rupanya dari ribuan jenderal yang pernah berperang di dunia, ada seorang sahabat Rasulullah Khalid bin Walid lebih hebat dari panglima legendaris Kartago Hannibal Barca, Frederick yang Agung asal Prusia, bahkan sang penakluk dunia Aleksander Agung. Menurut riset tersebut Khalid bin Walid berada di urutan kelima.  

Sebelum menjadi muslim, Khalid dikenal sebagai pemuda Quraisy yang berbakat dalam memimpin pasukan berkuda. Khalid bin Walid lah yang melihat celah kelemahan pasukan Islam dalam Perang Uhud. Bersama pasukannya dia menyapu pasukan pemanah muslim yang tidak disiplin hingga berujung pada kekalahan Islam dalam pertempuran Uhud.

Ketika berpindah keyakinan menjadi seorang muslim, Khalid selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pasukan Islam di masa nabi Muhammad, dan berlanjut ke Khalifah Abu Bakar Siddik. Karena kebrilianan dan kepandaian strategi perangnya Khalid-lah Islam berhasil menaklukan Arabia dan banyak wilayah lainnya yang saat itu dikuasai oleh imperium Bizantium dan Persia.

Dalam catatan sejarah Jenderal Khalid terlibat dalam lebih dari 100 kamapnye dan tidak pernah kalah sekali pun. Salah satu pertempuran yang membuatnya terkenal baik di kalangan muslim maupun dunia pada umumnya adalah ketika ia didapuk sebagai komandan setelah tiga komandan Muslim sebelumnya sahid oleh pasukan Bizantium pada perang Mut’ah. 

Saat itu Dia dan pasukannya menghadapi pasukan musuh yang jumlahnya 7 kali lipat lebih banyak,saat pasukan Islam terdesak. Khalid menggunakan strategi yang di abad modern ini dikenal sebagai tactical withdrawal. Yakni dengan cara mengumpulkan seluruh pasukan ke satu titik, Dia memerintahkan hampir semua pasukannya untuk mengobrak-abrik satu titik pertahanan musuh, sambil menghentakan pasir guna menciptakan ilusi bahwa pasukan bantuan segera hadir.

Dengan kelihaian dan kecerdasan tersebut serta taktik perang yang mumpuni, tak salah jika dia dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Jenderal terhebat dalam sejarah dunia. 

Itulah 3 dari 10 Jenderal terhebat yang akan selalu dikenang oleh dunia, mereka jenderal besar, jenderal yang tidak cengeng dan baperan, jenderal yang tahan kritikan bukan menjadikan anak buah sebagai korban demi kepentingan dan kerakusan kekuasaan mereka. 


Nur Muhammad Al Amin

 

October 14, 2019 - tanpa komentar

Related Posts