Drogheda United, Klub Sepakbola Irlandia Rasa Turki


Semua orang pasti heran melihat ada simbol bulan dan bintang di logo klub sepakbola asal Irlandia ini. Tidak seperti kebanyakan klub di Britania Raya, Drogheda United FC memiliki logo yang sangat berbeda. Klub divisi 1 Liga Irlandia ini mengadopsi lambang bulan bintang serta warna merah khas Turki.

Logo yang dimiliki klub yang berdiri sejak tahun 1919 ini menjadikan bulan dan bintang sebagai simbol karena mereka memiliki hubungan emosional dengan Kesultanan Utsmani (Ottoman) yang pernah membantu mereka mengatasi bencana kelaparan yang melanda Irlandia pada tahun 1845. 

Pada tahun 1845 terjadi bencana kelaparan luar biasa di Irlandia dan juga beberapa wilayah lain di Eropa. Peristiwa itu tertulis dalam sejarah Irlandia dengan sebutan ‘Kelaparan Kentang’. Karena terjadi setelah sepertiga hasil panen mereka rusak akibat wabah jamur. Selanjutnya pada tahun 1846, 90% hasil panen mereka kembali rusak. Warga Irlandia mengalami kelaparan karena kentang adalah makanan pokok mereka, dan puncaknya terjadi pada tahun 1847.

Kabar itu akhirnya sampai juga ke Turki yang saat itu dipimpin oleh Sultan Abdul Majid I. Sang sultan akhirnya memutuskan untuk membantu masyrakat Irlandia dengan berniat mengirimkan 10.000 poundsterling ke Irlandia. Namun akhirnya hanya bisa mengirim 1000 poundsterling, karena saat itu ratu Victoria asal Inggris hanya membantu sebesar seribu poundsterling. Dengan alasan menjaga marwah sang ratu yang merupakan tetangga Irlandia, ratu Inggris meminta Sultan Abdul Majid agar membantu dengan nilai yang sama. 


Namun, jiwa dermawan sang khalifah Ottoman tersebut yang membuat sang sultan tetap saja mengirimkan bantuan logistik secara diam-diam. Dunia terkagum dengan belas kasihan Khalifah karena tidak ada yang memintanya melakukan hal tersebut. 

Beliau mengirimkan 3 kapal ekdpedisi kemanusiaan bermuatan penuh bahan makanan, obat-obatan dan benih gandum serta jagung untuk rakyat Irlandia. Karena Irlandia adalah jajahan Inggris, pihak kerajaan sempat melarang kapal Ottoman merapat di Pelabuhan Dublin. Dan akhirnya 3 kapal tersebut berpindah dan merapat ke Pelabuhan Drogheda.

Duniapun kembali terkagum dengan sikap sang Khilafah Islam ini. Membantu sebuah bangsa yang berjarak 5 ribu km, dan berlainan kepercayaan. Sementara Inggris sendiri tidak banyak membantu, bahkan menghalangi sampainya bantuan Ottoman.


Para bangsawan maupun rakyat Irlandia saat itu sangat kagum dengan kemurahan hati sang khalifah, mereka mengirimkan surat ucapan terima kasih rakyat Irlandia kepada sultan Abdul Majid I, surat itu saat ini masih tersimpan rapi di Topkapi Place ( Istana Topkapi). Tidak hanya itu mereka akhirnya mengabadikan simbol bulan bintang di klub sepakbola kesayangan mereka Drogheda United FC. 

Di tahun 1923 saat Ottoman runtuh, Irlandia menunjukkan dukungan mereka terhadap kemerdekaan Turki disaat negara Eropa lainnya begitu antipati terhadap Turki. Tahun 2006 kota Drogheda merayakan ulang tahun ke-800. Walikota kembali mengabadikan kenangan ‘bantuan Turki’ dengan meletakkan prasasti terima kasih yang sangat besar di gedung walikota yang lama. Karena di tempat itulah, para pelayar Turki yang membawa bantuan disambut pada 150 tahun yang silam.

Semoga bermanfaat.

Nur Muhammad Al Amin


July 12, 2019 - tanpa komentar

Related Posts