Lima Startup Terbaik dan Populer Indonesia


Saat ini, di era yang serba digital startup muncul bak jamur saat musim hujan. Di Indonesia sendiri hadir ratusan dengan berbagai macam model dan bentuk startup. Dalam perjalanan ada yang muncul kemudian hilang karena kalah bersaing, namun banyak juga yang eksis bahkan sampai mendunia. Sebelum lanjut ke pembahasan startup terbaik di Indonesia, ada baiknya kita tahu dulu apa itu startup.

Menurut Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, biasanya disebut startup atau biasa dieja dengan start-up, yakni merujuk pada perusahaan-peeusahaan yang masih dalam rintisan atau belum lama beroperasi. Istilah “startup” menjadi populer di dunia internasional saat masa gelembung dot-com, dimana pada masa itu banyak perusahaan dot-com didirikan secara serentak .

Dengan demikian jika kita melihat definisi diatas bisa disimpulkan bahwasannya bisnis startup adalah bisnis yang baru berkembang. Tetapi, bisnis startup ini lebih identik dengan bisnis yang sarat dan berbau teknologi, internet dan web digital. Bisnis ini mulai berkembang pada akhir tahun 90an hingga tahun 2000 dan bertambah pesat seiring berkembang majunya teknologi internet.

Ada beberapa artikel yang saya tulis sebelumnya masih ada kaitannya dengan bisnis startup ini. Seperti yang saya bahas mengenai keuangan digital yang bisa Anda baca pada artikel berikut ini 2 Aplikasi Uang Elektronik Terbaik dan juga artikel yang saya tulis tentang kemudah cicilan online dengan beberapa statup andalan yang memberikan fasilitas berupa PayLater yang artikelnya bisa Anda simak pada link berikut ini PayLater, Beli Dulu Bayarnya Nanti

Nah, kembali ke topik pembahasan berikut lima startup terbaik dan ternama yang merajai bisnis startup di Indonesia saat ini.

1. Traveloka

Siapa yang tidak kenal dengan statup yang fokus terhadap bisnis travel dan penjualan tiket online ini. Boleh dibilang saat ini Traveloka adalah salah satu startup terbaik dan ternama di Indobesia. Ini dibuktikan dengan beberapa award yang mereka dapatkan, dan juga tingkat penggunaan di masyarakat.

Bila dibandingkan dengan kompetitornya yang bermain di ranah tang sama, Traveloka sangat jauh diatas. Apalagi saat ini penggunanya diberikan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit dengan sistem Paylaternya. Keunggulan dari startup yang satu ini adalah, kemudahan mencari destinasi dan kelengkapan dan juga fitur yang memudahkan berupa pilihan pembayaran.

2. Gojek

Gojek awal mulanya diperkenalkan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010, pendiri sekaligus owner startup yang bergerak di bidang transportasi ojek berbasis online. Dalam Perkembangannya Gojek yang mempunyai tagline An Ojek For Every Need ini melebarkan sayapnya hingga ke beberapa negara Asean seperti Thailand dan Filipina dan juga Vuetnam. Soal fitur Gojek kini semakin komplit dengan berbagai layanannya.


Fitur andalannya berupa Go Ride, Go Car, Go Send dll sudah sangat populer di tengah masyarakat Indobesia. Kini tidak hanya melulu soal transportasi berupa ojek online, tapi banyak sekali fitur yang ditawarkan, bahkan untuk info terupdate pun saat ini dapat kita baca di kanal Gojek.

Selain itu kita juga bisa membayar zakat sedekah atau bantuan kenanusian lainnya yang bekerjasama dengan beberapa lembaga kemanusiaan. Gojek  juga kini dilengkapi dengan fitur Paylater yang nemudahkan pelanggannya untuk menggunakan fitur yang ada di aplikasi tersebut.

3. Kredivo

Kredivo merupakan startup yang concern di bidang finansial. Berupa kredit online tanpa kartu kredit yang cukup populer dan terbaik di Indonesia. Tuntutan zaman dan kesulitan akses keuangan di bank umum dan pembiayaan adalah salah satu alasan hadirnya Kredivo di tengah masyarakat Indonesia.


Berbagai kemudahan dan tawaran diskon menarik saat ini disediakan oleh Kredivo berupa fasiiltas bayar dalam 30 hari tanpa bunga maupun fasilitas cicilan dengan bunga rendah. Fasilitas tersebut didapatkan pengguna saat mendaftar pertama kali, jika lolos pengguna akan diberikan akun basic atau premiun, perbedaanya adalah akun basic tidak dapat menikmati fasilitas cicilan atau pinjaman tunai di aplikasi. Jika ingin menjadi premium user harus mengajukan kembali akun basicnya menjadi premium setelah 3 bulan menjadi user basic.

Untuk limit saat ini Kredivo memberikan maksimal 30 juta rupiah. Oia dengar-dengar Kredivo tidak memakai data pihak ketiga seoerti BI cheking untuk menilai pendaftar barunnya, jadi bagi yang punya masalah kredit di perbankan bolehlah mencobanya. Namun, sayang sekali untuk saat ini Kredivo hanya melayani area tertentu di Indonesia alias belum menjangaku seluruh Indonesia. Jadi yang diluar jangkauan mohon bersabar😉

4. Tokopedia

Tokopedia adalah startup berbasis marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia saat ini. Tokopedia berdiri sejak tahun 2009 dan saat ini telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn besar yang pengaruhnya telah menjangkau kawasan Asia Tenggara. Startup yang satu ini didirkan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.



Sampai saat ini, Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh warga Indonesia. Dengan adanya startup ini semua orang berksempatan menjadi enterpeneur dengan menghadirkan toko kecil, dan brand mereka yang dengan mudah membuka serta mengelola menjadi sebuah toko online.

5. Online Pajak.

Online Pajak adalah sebuah startup yang didirikan dan dirintis oleh PT. Achilles Advance System. Aplikasi pajak online ini telah mendapat persetujuan dan rekomendasi kelayakan dari Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu RI. Aplikasi ini hadir untuk membantu pelayanan pajak secara digital. Terutama untuk kemudah bagi perusahaan besar dalam mengelola dan membayar pajak mereka.
Itu adalah lima dari sekian banyak starup terbaik dan ternama di Indonesia. Saya menulisnya berdasarkan tingkat kepopuleran dan kepuasan pengguna yang saya dapatkan dari berbagai referensi. Semoga bermanfaat.


Nur Muhammad Al Amin

June 15, 2019 - tanpa komentar

Related Posts