5 Profesi Paling Unik Yang Pernah Ada

Saat ini banyak sekali kita temukan profesi atau pekerjaan yang bermacam ragamnya, mulai dari guru, polisi dan tentara hingga dokter serta karyawan biasa di perusahaan swasta. Menjadi pastor merupakan professional umum Abad ke 18. Mirip kayak jadi dosen di Abad ini.

Profesi orang awam non bangsawan zaman itu kalau yang tidak pintar jadi petani, peternak, pengrajin. Yang pintar jadi pastor atau militer. Nah, kalau yamg bangsawan sih bebas. Ada beberapa profesi di dunia, khususnya di abad pertengahan yang cukup unik bahkan dibilang aneh bila disandingkan dengan pekerjaan dan profesi saat ini.

Berikut 5 profesi unik yang pernah ada dalam sejarah ketenagakerjaan dunia.

1. Resurrectionist (Pencuri Jenazah)

Ini adalah salah satu profesi yang sangat beresiko di abad 18. Walaupun termasuk pekerjaan ilegal, jasa para pencuri mayat sangat dibutuhkan saat itu oleh sekolah atau universitas Kesehatan. Seiring perkembangan pesat yang dialami bidang ilmu Anatomi saat itu. Resurrectionist atau para pencuri jenazah akan direkrut untuk menyediakan mayat yang belum membusuk untuk bahan penelitian.


Ini adalah pekerjaan yang cukup sulit dan menantang saat itu, karena selain harus mencari orang yang baru saja dimakamkan, tentu resurrectionist harus melakukan aksinya secara rahasia alias diam-diam, namanya saja mencuri kan harus tanpa ketahuan orang lain. Bahkan kadang mereka harus menggali terowongan untuk mencapai mayat yang diincar dan juga untuk menghindari risiko dicurigai orang lain.

Karena resiko yang cukup besar maka upah yang diterima profesi ini lumayan besar. Untuk berhasil mendapatkan satu set gigi mayat bisa dihargai 50 Poundsterling .

2. Sin-eater

Profesi berikut ini adalah salah satu profesi yang cukup aneh dan menggelikan. Sin-eater adalah pekerjaan atau profesi pemakan dosa yang dibayar untuk menyerap dan mengambil alih dosa-dosa orang yang sedang sekarat supaya yang mau meniggal tersebut bisa masuk surga.


Ritual dan cara yang dilakukan penyerap atau pemakan dosa ini adalah makan dan minum di samping orang yang sedang sakaratul maut. Katanya sih jika semakin banyak makanan yang dimakan, makin banyak juga dosa yang diserap si pemakan dosa.

Profesi ini memang sangat mudah. Bayarannyapun tidak seberapa, namun orofesi ini sering dikucilkan oleh masyarakat saat itu, karena mereka dianggap manusia kotor dan menjijiikan. Mereka hanya dipanggil jika dibutuhkan. Yah, istilahnya habis manis seoah dibuanglah kurang lebih seoerti itu.

3. The whipping boy



Yang ini adalah profesi yang jika saat ini masih ada pasti sudah dipanggil Komnas HAM dan Komnas Perlindungan anak. The whipping boy adalah profesi yang populer di abad ke-16-18. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mendampingi pangeran Kerajaan Inggris.

Selain jadi teman bermain para pangeran, whipping boy akan selalu menjadi yang disalahkan jika sang pangeran berbuat salah. Tak ada alasan apapun, jika pangeran nakal si whipping boy yang dimarahi bahkan hingga dipukuli. Hal ini dilakukan kerajaan untuk melindungi para pangeran yang akan menjadi pewaris tahta di masa depan.

2. Punkawallah (Manusia Kipas)



Pada masa penjajahan dan koloni Inggris di India dan Pakistan, kipas dinding  atau kipas angin adalah barang baru dan langka, kipas angin ini bukan seperti saat ini yang tinggal disambungkan aliran listrik langsung sepoi. Namun harus dikerjakan secara manual oleh orang yang menjalani profesi ini yakni punkawallah, karena melainkan kipas ini hanya berfungsi bila ada orang yang menarik tuasnya berulang-ulang.

Saat para pembesar bersantai atau saat sedang rapat atau bahkan diluar ruangan yang membutuhkan kipas, para Punkawallah harus dan wajib standby dan berdiri berjam-jam untuk bekerja mebarik tuas dan mengontrol kipas agar tetap bekerja.

5. Knocker-up (Manusia Alarm)



Ini adalah salah satu profesi unik yang ada di masa lampau. Pekerjaan ini cukup mudah mereka dibayar untuk membangunkan orang-orang yang membutuhkan jasa mereka. Yah, karena saat itu belum ada alarm maka profesi ini cukup populer dan menjanjikan.

Tugas knocker-up adalah membangunkan klien yang membayar mereka dengan cara mengetuk pintu atau jendeka kaca rumah mereka. Profesi ini berawal mula ketika sedang dimukainya era industrialisasi di negara-negara Eropa khususnya di Inggris dan Irlandia.

Itulah 5 Profesi yang unik pada masa lampau, masih banyak profesi unik bahkan aneh dan terlarang lainnya, namun saya hanya mengambil lima tersebut. Mudah-mudahan informasi ini menambah khazanah pengetahuan kita. Terima kasih.

Nur Muhammad Al Amin

June 09, 2019 - tanpa komentar

Related Posts