5 Alasan Bahasa Indonesia Layak Jadi Bahasa Internasional


Bahasa Indonesia adalah bahasa yang indah, gampang dan mudah dipelajari. Bahkan kita boleh bangga karena bahasa kita sebenarnya lebih layak menjadi bahasa dunia internasional daripada bahasa Inggris. Apalagi bila dibandingkan dengan bahasa lain seperti China, Thai dan India yang sangat sulit aksaranya untuk dibaca.

Begitu pula dengan bahasa Russia dan Slavik lainnya lebih sulit lagi dipelajari dan dipahami. Bahasa  Inggris bila dibandingkan dengan bahasa di Eropa lainnya tergolong mudah, tapi tetap sulit bagi sebagian orang, hanya memang karena sudah dikenal menjadikan bahasa Inggris mudah diterima semua bangsa di dunia.

Mengapa saya berani mengatakan bahasa Indonesia cukup mudah untuk dipelajari bahkan bisa menjadi bahasa internasional?. Alasan cukup logis, kita di Indonesia yang terdiri dari ratusan suku bangsa dan bahasa daerah yang berbeda kita bisa dipersatukan dengan bahasa Indonesia. Secara tata bahasa terkadang bahasa Indonesia sangat sulit sekali dipahami, tetapi untuk penuturan saya berani menjamin bahasa Indonesia cukup mudah untuk ditutur dan dipahami.

Bahasa Indonesia punya potensi besar untuk menjadi bahasa internasional, cukup dipromosikan dan diperkenalkan di dunia internasional. Banyak orang asing hanya butuh waktu 1-2 bulan untuk bisa lancar berbahasa Indonesia, itu adalah modal bahwasannya bahasa kita dapat diterima di dunia.

Bahkan saat ini bahasa kita sudah menjadi pelajaran wajib maupun pilihan di beberapa negara di dunia. Saya pernah membahas negara-negara yang mempelajari bahasa Indonesia, artikelnya bisa dibaca disini 5 Negara Yang Menjadikan Bahasa Indonesia Sebagai Program Studi di Kurikulum Resmi . Ini merupakan pertanda bahwasannya bahasa kita layak menjadi bahasa pemersatu dunia.

Namun, banyak juga tantangan yang menjadi penghalang terutama berupa regulasi pemerintah, misalnya tidak ada aturan kewajiban bisa berbahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing di Indonesia,  dan juga tidak ada standar kefasihan berbahasa Indonesia semisal ujian ala IELTS dll. Selain faktor regulasi ada juga faktor lainnya misalnya orang Indonesia yang pintar dan bergaul dengan orang asing jarang bahkan gengsi memperkenalkan bahasa Indonesia.

Nah, ada beberapa faktor yang sebenarnya bisa membuat bahasa Indonesia layak menjadi bahasa dunia internasional. Dari sekian banyak saya akan ambil lima faktor penting tersebut .

1. Jumlah Populasi

Ini adalah salah satu faktor penting dalam upaya pengembangan bahasa Indonesia ke dunia internasional. Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, dan menjadi negara dengan jumlah populasi terbesar ke-4 di dunia. Seharusnya bahasa Indonesia sangat layak menjadi bahasa internasional. Apalagi jika ditambah dengan pemutur dari negara kawasan serumpun di Asia Tenggara.

2. Ekonomi Yang Potensial

Dengan jumlah penduduk yang besar dan potensi ekonomi yang cukup besar di kawasan Asean bahkan dunia, seharusnya Indonesia menjadi lokomotif dalam perdagangan dan ekonomi dunia, dan seharusnya Indonesia layak menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pasar internasional. Misalnya Jepang dan China yang menerapkan ini, sehingga demi bisnis ekonomi orang rela mempelajari bahasa Mandarin dan Jepang.

3. Bahasa Multi Serapan

Bahasa Indonesia walaupun berinduk pada bahasa Melayu, namun banyak kosa kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari serapan bahasa-bahasa besar di dunia, diantaranya adalah bahasa Arab, Sanksekerta, Portugis, India, Belanda, Inggris, Jepang bahkan Portugis. Dengan kata lain bahasa Indonesia adalah "melting point" berbagai kosa kata bahasa dunia. Ini adalah modal yang sangat besar untuk mengembangkan bahasa Indonesia ke dunia internasional.

4. Potensi Dunia Pendidikan

Ini juga merupakan faktor penting untuk memperkenalkan bahasa Indonesia ke dunia. Saat ini kementerian pendidikan dan pendidikan tinggi memiliki lembaga seperti BIPA yang memiliki banyak lembaga pengajaran di dunia, data tahun 2007 saja lebih dari 40 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki lembaga pengajaran bahasa Indonesia yang bekerjasama dengan universitas terkemuka di beberapa negara. Ditambah lagi dengan sebaran alumni Dharma Siswa RI yang tersebar di luar negeri terutama negara maju seperti Australia, Amerika Serikat Jepang, Jerman dan Perancis.

5. Menjadi "Penjajah"

Pilihan lainnya adalah menjadi "penjajah" hal ini cukup sulit namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Dengan potensi yang besar dari berbagai bidang, kita seharusnya bisa menjajah masyarakat dunia di berbagai bidang terutama dalam bidang ekonomi dan industri kreatif misalnya saja dalam bidang musik.

Dengan kualitas yang bagus musik Indonesia sebenarnya bisa menjajah dunia. Kita sudah berhasil menjajah negara tetangga kita dengan lagu-lagu berbahasa Indonesia yang ternyata disukai warga negara Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam. Jadi saatnya kita bisa menjajah dunia dengan kreatifitas misalnya musik. Jangan malah lagu berbahasa inggrislah yang menjajah kita.

Itu lima faktor yang menjadi alasan bisa menjadi cara untuk menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Semoga bermanfaat jika Anda suka silakan dibagikan.


Nur Muhammad Al Amin

June 21, 2019 - tanpa komentar

Related Posts