4 Tradisi Lebaran Yang Paling Ditunggu

Tak terasa hampir sebulan kita menjalani ibadah puasa ramadan tahun ini. Saatnya kita bersiap untuk menyambut hari kemengan, hari raya Idul Fitri. Setiap hari raya pasti memiliki keunikan dan hal-hal yang jarang ada di hari lainnya. 


Banyak sekali tradisi-tradisi unik yang kita temui saat hari raya terutama saat Idul Fitri.  Diantaranya yang paling ditunggu-tunggu adalah seperti yamg saya rangkum dalam tulisan saya kali ini yang berjudul 4 tradisi lebaran yang paling ditunggu. Selengkapnya silakan dibaca yah.

1. Main Bersama Saudara dan Keluarga

Momen idul fitri adalah waktu yang sangat tepat untuk berkumpul dan bermain bersama saudara dan handai taulan. Saat di hari biasa kita mungkin saja terpisah oleh jarak dan waktu. 

Banyak alasan yang membuat kita jarang dan tidak sempat berkumpul bersama saudara. Seperti sepupu, om dan tante , bahkan saat lebaran kita bisa berkumpul dan bermain bersama kakek ataupun nenek kita. Kita juga bisa berkumpul dengan saudara atau keluarga dekat maupun jauh yang selama ini terpisah, bahkan belum pernah bertemu sebelumnya. 

2. Makan Bersama Keluarga

Yess tradisi makan bersama keluarga saat lebaran adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Setelah sebelumnya jarang makan bersama saatnya menikmati hidangan khas lebaran bersama keluarga tercinta. Di Indonesia, tradisi ini sudah menjadi ritual yang sangat penting, saat maakan bersama kita bisa saling berbagi cerita dan pengalaman saat di rantau, baik masalah pekerjaan maupun hingga pengalaman saat mudik perjalanan atau mudik ke kampung halaman. 

Setiap keluarga di Indonesia pasti mempunyai hidangan khas dalam keluarganya, saat makan bersama inilah kita bisa menikmati dan berbagi makanan khas yang selama ini jarang kita nikmati bersama. Hidangan berupa ketupat sayur dan opor ayam serta kue lebaran adalah makanan yang wajib ada saat hari raya idul fitri.

3. Waktunya Untuk Beristirahat

Jika selama ini kita disibukkan dengan rutinitas sehari-hari seperti kerja, kuliah, sekolah maupun aktifitas lainnya, saat idul fitri adalah waktu yang sangat tepat untuk merehatkan tubuh dan merefresh otak kita, liburan atau cuti panjang yang biasanya lebih dari seminggu ini, biasanya dimanfaatkan untuk beristirahat mau rekreasi atau berwisata ke destinasi favorit bersama keluarga tercinta. Setelah berwisata dan bergembira versama keluarga besar kita akan kembali segar untuk menghadapi dan memulai kembali dengan baik aktifitas kita setelah libur usai.

4. Silaturahim Dengan Saudara

Inilah salahsatu momen penting yang sudah menjadi tradisi saat lebaran. Saling memaafkan antara saudara dan keluarga adalah hal utama yang sering dilakukan. Jika selama ini ada kesalahpahaman, baik tutur mau tingkah laku, saatnya melepaskannya dengan saling berkunjung antara sanak family dan tetangga kita. Agar puasa kita sebulan penuh tidak sia-sia dengan meraih kemengan hakiki di hari idul fitri.

Itulah 4 tradisi yang selalu ada dan lestari saat hari raya Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. 
Selamat menyambut hari kemenangan, semoga kita meraih predikat taqwa serta diampuni segala dosa kita seperti janji Allah SWT. 

Mohon maaf lahir dan batin.


Nur Muhammad Al Amin
 

June 02, 2019 - tanpa komentar

Related Posts