PayLater, Beli Dulu Bayarnya Nanti


Di era digital saat ini, banyak sekali kemudahan yang ditemukan, salah satunya adalah soal keuangan berbasik digital. Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang 2 Aplikasi Uang Elektronik Tanpa Kartu Terbaik kali ini saya akan membahas tentang beberapa fitur dari aplikasi ataupun beberapa platform keuangan lainnya. Yakni fasilitas beli dulu bayar belakangan atau cicilan online tanpa kartu kredit. Biasa dikenal dengan istilah PayLater.

Saat ini ada beberapa platform Unicorn yang menerapkan fitur Paylater tersebut, alasan utamanya adalah tingkat pertumbuhan dan minat kredit yang tinggi oleh masyarakat Indonesia. Jadi, ketika sedang butuh sesuatu atau ingin membeli barang elektronik, atau tiket pesawat pelanggan bisa menggunakan fitur yang ada didalam aplikasi tersebut. Kemudahan ini diberikan oleh beberapa platform keuangan ternama. Saya akan mengambil 3 aplikasi yang menyediakan fitur Paylater.

Ketiga platform tersebut adalah sebagai berikut :

 1. PayLater Traveloka. 


Traveloka adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia yang memiliki basis operasional di Jakarta. Kini Traveloka sudah melebarkan sayapnya hingga menjadi agen wisata bahkan sampai menyediakan Traveloka bus untuk urusan perjalanan darat. Startup Unicorn lokal pertama ini juga kini telah menyediakan fitur terbaru mereka yakni PayLater Traveloka. 





Fasilitas ini ditujukan untuk pelanggan yang sudah mendaftarkan akun mereka di Traveloka. Syarat utama Anda harus berusia antara 21–70 tahun, untuk menggunakan fasilitas PayLater dari Traveloka ini Anda harus merupakan warga Indonesia, dan memiliki KTP yang valid. Setelah mengikuti petunjuk pendaftaran akan dilakukan verivikasi secara online yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Limit yang disediakan tentu berbeda tergantung dari profil pengguna Traveloka. 





Hingga saat ini limit maksimal yang disediakan adalah maksimal 10 juta rupiah. Jika berhasil mendapatkan limit, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbelanja di platform tersebut. Metode pembayaran ini berlaku untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali untuk produk pembayaran tagihan dan produk konektivitas.

2. OVO Paylater



OVO adalah salah satu platform dompet keuangan digital yang sangat populer saat ini. Saya sudah membahasnya di artikel sebelumnya yang bisa dibaca di link pada paragraf pertama diatas. Untuk memudahkan pengguna setianya OVO kini hadir dengan fasilitas PayLater yang bisa digunakan untul berbelanja di beberapa merchant yang menjadi mitra OVO, terutama di platform belanja online Tokopedia. Untuk mendapatkan fiasilitas ini, pengguna harus sudah menggunakan layanan OVO selama 6 bulan. 

Saat ini OVO PayLater juga baru melayani terbatas hanya di beberapa wilayah terutama di pulau Jawa, dan akan terus memperluas penggunaan dibwilayah lainnya. Jikaingin menggunakan fitur ini pelanggan harus mendownload aplikasi terbaru OVO di Playstore. 




Fasilitas belanja tanpa ribet ini adalah kerjasama antara OVO dan platform keuangan Taralite. Limit yang disedikan OVO PayLater saat ini adalah maksimal 10 juta rupiah. 

3. Gojek PayLater



Yang menyediakan fitur PayLater berikutnya adalah aplikasi Ojek Online atau Gojek. Unicorn yang mengklaim dirinya produk asli Indonesia ini bekerjasama dengan Taralite menyediakan fitur PayLater yang bisa dipakai berbelanja terutama untuk mendukung fitur Go Food miliknya. Berbagai diskon menarik dan layanan plus seperti PayLater ini tentu saja meningkatkan penggunaan aplikasi ini. 



Saat ini fitur PayLater Gojek hanya disediakan bagi pelanggan terpilih, sepertinya Gojek hanya memilih pelanggan yang memiliki reputasi baik dan loyalitas yang tinggi terhadap aplikasi ini. Saya sendiri Alhamdulillah dapat fitur ini, dsn sudah beberapa kali menggunakannya. Jika lancar bayar pasti limit yang didapat juga semakin tinggi. Untuk limit tidak ada keterangan resmi yang saya temui di syarat penggunaan Gojek PayLater. 

Itulah 3 Platform keuangan digital yang menyediakan fitur beli dulu bayarnya nanti. Tapi ingat bagi yang sudah dapat fitur tersebut gunakan dengan bijak, ingat pake ingat yah dibayar. 

Nur Muhammad Al Amin

May 19, 2019 - tanpa komentar

Related Posts