Keistimewaan Kelapa Muda Sebagai Takjil 

Kelapa muda memang sangat banyak digemari masyarakat sebagai takjil buka puasa baik di kota terlebih lagi di desa. Kelapa muda sebagai buah-buahan memiliki air dan daging yang lezat dikonsumsi dengan sejuta manfaatnya bagi tubuh.

Di bulan ramadan kelapa muda banyak diburu oleh kaum muslimin terkhusus di kampung. Ketersediaan kelapa muda di kampung juga sangat mudah, sedangkan di kota agak susah dan mahal.

Ada banyak keistimewaan kelapa muda yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh di bulan puasa ini sebagai berikut.

1. Menghilangkan Rasa Haus 

Air kelapa muda yang dicampur es ataupun tidak sangat nyaman dikonsumsi yang membuat perut kita dingin dan segar. Tentu saja dahaga yang mulai dari pagi hingga malam segera diredakan. Air kelapa yang menembus kerongkongan akan terasa legit dan nikmat yang luar bisa apalagi bila dicampur dengan sirup.

2. Mengembalikan Cairan Tubuh 

Selama kita berpuasa begitu banyaknya cairan yang terkuras tanpa diisi kembali hingga malam sehingga terkadang membuat kita begitu lemas. Misalnya aktivitas jalan kaki dan bekerja tentu saja membutuhkan pengeluaran cairan yang banyak. Namun kelapa muda mengandung elektrolik tinggi dan terdiri dari 94% air yang akan menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi selama berpuasa.

Tentu sja mengkonsumsi kelapa muda lebih unggul dari minum air putih saja karena begitu banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Kelapa muda sejak lama dikonsumsi sebagai berbagai macam obat seperti anti racun dan darah tinggi. Masyarakat bukan hanya suka mengkonsumsi saat bulan puasa namun pada bulan-bulan biasanya juga karena cita rasanya yang enak dan memberikan energi maksimal bagi tubuh kita.

3.Ramah untuk dikonsumsi 

Kelapa muda juga sangat ramah dikonsumsi oleh siapa saja baik itu anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak. Demikian pula tidak mengenal batasan porsi tertentu yang harus dikonsumsi, berapa banyak pun tak masalah.Inilah keistimewaan kelapa muda dibanding buah-buahan yang lain.

Kelapa muda memiliki kandungan kalori yang rendah denga kadar gula yang sedikit, namun juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, magnesium, kalium, sodium bahkan kalsium. Keistimewaan lainnya adalah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes yang berpuasa karena kandungan gula dalam kelapa muda yang bersifat alami dan tidak menimbulkan insulin tinggi.

4.Memberikan Rasa Kenyang Maksimal 

Dalam berpuasa tentu saja kita menahan lapar dan haus selama 15 jam, belum lagi bila kita melakukan aktifitas yang berat yang akan sangat menguras energi tubuh kita, maka kelapa muda menyediakan sumber energi yang bisa merecovery seluruh energi yang berkurang tersebut.

Bila kita mengkonsumsi kelapa muda pada awal buka puasa akan memberikan rasa kenyang yang maksimal dan melegakan dahaga serta memulihkan energi yang terkuras seharian. Rasa kenyang lebih lama akan terasa sebelum kita mengkonsumsi makanan yang berat. Kelapa sangat baik dikonsumsi saat buka puasa lalu melanjutkan sholat maghrib sehingga ibadah yang kita lakukan penuh semangat dan energi.

Dibandingkan makanan berbuka atau takjil lainnya kelapa muda memiliki keunggulan tersendiri yang sudah terbukti berpuluhan tahun dikonsumsi masyarakat dan menjadi menu spesial untuk disajikan baik di kota maupun di kampung. Kelapa muda juga bisa dikonsumsi begitu saja, dibuat es, dicampur sirup dll. Semua tergantung dari kita karena banyak sekali resep membuat minuman spesial takjil dari kelapa muda yang segar.

May 25, 2019 - tanpa komentar

Related Posts