Cara Berpuasa Yang Aman Bagi Penderita Maag


Bagi sebagian orang berpuasa bagi penderita maag adalah hal yang krusial dan mustahil, mana mungkin bisa menahan lapar di bulan puasa selama 15 jam sedangkan di hari-hari biasa saja tidak makan selama 4 jam akan muncul penyakit maag. Akan tetapi menurut sains dan kedokteran berpuasa bagi penderita maag sangat baik di bulan ramadan dan tidak berpengaruh negatif.

Saat berpuasa juga seringkali gejala maag muncul dan berpotensi kambuh sehingga mengganggu kelancaran ibadah puasa kita di bulan ramadan ini.

Berikut ini tips agar puasa menjadi aman dan lancar berpuasa bagi penderita maag.

1.Konsumsi Cairan Yang lebih Saat Berpuasa 

Kita cenderung mengalami kekurangan cairan tubuh apalagi bila kita melakukan aktifitas berat di siang hari. Maka begitu pentingnya bagi kita untuk mengkonsumsi air putih saat makan sahur dan saat buka puasa. Penderita maag juga sebaiknya mengkonsumsi minuman tinggi kandungan kalium seperti air kelapa muda dan jus buah, kita dianjurkan pula untuk mengkonsumsi susu nabati saat sahur seperti kedelai atau almond yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

Dengan demikian asupan cairan dalam tubuh bisa mengimbangi kebutuhan saat dalam keadaan berpuasa dan tidak membuat maag muncul.

2. Menjaga Pola makan

Pola makan yang teratur dan sesuai dengan kondisi pisik sangat dianjurkan untuk menghindari penyakit maag. Salah satu upaya menjaga pola makan yang sehat yaitu mengindari makanan yang digoreng selama bulan puasa karena makanan yang digoreng akan menimbulkan peningkatan kadar lemak. Hal ini akan menjadi masalah pada kesehatan jantung serta tukak lambung. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh tukak lambung kemudian akan membuat kadar asam lambung meningkat dan memicu kambuhnya penyakit maag kita.

Sebaiknya kita menghindari makanan yang digoreng agar ibadah kita di bulan puasa ini tidak terganggu. Kita bisa mengkonsumsi masakan yang dipanggang atau rebus dan kukus yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kita bisa mengkonsumsi masakan yang dipanggang atau rebus dan kukus yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain makanan yang digoreng tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang pedis berlebihan yang tentu saja merusak lambung kita baik saat makan sahur terlebih saat buka puasa.

Makanan yang pedas merupakan penyebab kambuhnya maag yang serius. Jauhi juga beberapa makanan yang memicu asam lambung seperti coklat, gorengan dan jenis buah yang menimbulkan asam lambung. Pola makan sangat penting untuk diperhatikan agar senantiasa sehat dalam bulan puasa ini untuk beribadah.

3. Menjaga Kesehatan Pikiran dan Tubuh

Usahakan untuk menjernihkan pikiran di bulan suci ramadan. Jangan terlalu berpikir susah dalam kehidupan sehari-hari. Hindari melakukan aktifitas yang berat di siang hari yang berpotensi membuat tubuh lemas dan kekurangan banyak energi sehingga bisa menimbulkan gangguan di lambung.

Menjaga kesehatan lambung bisa saja seperti mengkonsumsi banyak karbohidrat saat sahur dan batal agar selalu sehat karena karbohidrat membuat kita tidak mudah lapar dan merupakan sumber energi terbesar dalam tubuh yang membuat kita tidak mudah lemas saat berpuasa di siang hari.

4.Menjaga Kebiasaan Baik 

Menciptakan kebiasaan bagi diri sendiri sesuai dengan anjuran kesehatan seperti saat habis makan sahur kita tidak boleh langsung tidur karena bisa memicu naiknya asam lambung. Sehabis makan sahur sebaiknya kita pergunakan untuk membaca Alquran atau membaca buku ringan agar makanan yang kita konsumsi bisa diproses dengan baik. Jadi hindari sehabis makan sahur langsung tidur.

Hindari juga untuk begadang larut malam karena bisa menguras tenaga yang akan dipergunakan besok. Begadang akan sangat buruk bagi kesehatan lambung seseorang.

Nur Muhammad Al Amin

May 25, 2019 - tanpa komentar

Related Posts