5 Negara Yang Menjadikan Bahasa Indonesia Sebagai Program Studi di Kurikulum Resmi


Bahasa Indonesia yang ditutur lebih dari 200 juta orang ini kini semakin diminati bangsa asing di dunia. Buktinya saat ini Bahasa Indonesia telah diajarkan di 45 negara.

Selain itu saat ini tercatat ada sekitar 250 lembaga di luar negeri yang mengajarkan bahasa resmi bangsa Indonesia ini.  Indonesia yang besar dan dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, tentu saja menjadi daya pikat bangsa asing untuk memanfaatkan peluang terutama potensi ekonomi yang sangat besar terutama di kawasan Asean.

Salah satu cara yang efektif adalah mempelajari bahasa Indonesia. Seperti yang saya sebutkan diatas saat ini sudah banyak sekali negara yang mempelajari bahasa Indonesia, saya hanya akan mengambil lima negara yang concern terhadap pelajaran bahasa Indonesia di negeri mereka. Saking seriusnya mereka bahkan memasukannnya sebaga program studi dan kurikulum resmi di lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta.

Berikut lima negara yang memasukan bahasa Indonesia dalam kurikulum pendidikan mereka:

 1. Australia🇦🇺

Negara benua yang satu ini memang sangat konsisten dalam mengapresiasi minat warganya terhadap bahasa Indonesia. Faktor letak geografis yang sangat dekat dengan Indonesia merupakan salah satu alasan utama Australia memasukan bahasa Indonesia pada kurikulum. Dari jenjang menengah setara SMP hingga perguruan tinggi di Australia kini memasukan bahasa Indonesia di kurikulum resmi mereka.

Tercatat hingga saat ini ada 17 Universitas di Australia yang membuka program studi Bahasa Indonesia diantaranya adalah The Australian National University, The University of Sydney dan juga The University of Adelaide (UoA). Bahkan, di Burgmann Anglican School Canberra, bahasa Indonesia menjadi pelajaran wajib bagi siswa TK hingga kelas 7 dan menjadi pelajaran pilihan bagi siswa kelas 8 hingga kelas 12.

2. Kanada 🇨🇦

Negara di belahan utara benua Amerika ini adalah salah satu negara yang gencar dengan program imigrasinya. Terbukti saat ini program tersebut menargetkan 1 juta imigran baru yang masui ke Kanada setiap tahunnya. Indonesia tentu saja menjadi salah satu target Kanada. Negara dengan tingkat kualitas hidup terbaik di dunia tersebut bahkan terang-terangan mempromosikan programnya tersebut pada warga negara Indonesia( Saya juga sudah mencoba memohon) 😃

Dengan kenyataan demikian, tidak salah jika pelajaran atau program studi bahasa Indonesia di Kanada gencar dipelajari. Nah, dengan banyaknya imigran atau pekerja asal Indonesia yang menetap, wajar bila bahasa Indonesia juga banyak digunakan di Kanada. Kemudian, tempat kursus untuk mempelajari bahasa Indonesia pun bermunculan di seantero Kanada.

3. Jepang 🇯🇵

Walaupun punya masa lalu yang kurang baik dengan Indonesia, tapi negeri sakura ini sekarang mempunyai hubungan diplomatik dan bilateral yang sangat harmonis. Terbukti dari beragam kerjasama ekonomi maupun sosial kedua negara sangat banyak ditemui.

Hal ini tentu saja membuka peluang untuk pelajaran bahasa kedua negara.  Di Indonesia sudah banyak sekali kita temukan lembaga kursus bahasa Jepang terutama di kota besar, bahkan banyak kampus di Indonesia yang membuka program studi bahasa Jepang contohnya di Universitas Hadanuddin Makassar yang membuka program studi Bahasa dan Sastra Jepang di jenjang S1.

Nah, bagaimana dengan bahasa Indonesia di Jepang?  Bahasa Indonesia di Jepang telah lama dajarkan di sekolah-sekolah di negeri matahati terbit tersebut. Salah satu universitas paling top di Jepang yakni Universitas Tokyo—bahkan telah membuka Program Studi Bahasa Indonesia dalam Tokyo University of Foreign Studies (TUFS).

Program studi ini sangat diminati pelajar Jepang. Bahkan, saingan dalam ujian masuknya juga sangat ketat. Tidak hanya di tingkat universitas, beberapa sekolah di Jepang pun menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran bagi para siswanya. Nah, Jepang keren kan😉.

4. Korea Selatan🇰🇷

Negeri ginseng yang populer dengan K.Popnya ini ternyata juga menjadi salah satu negara yang membuka program studi bahasa Indonesia di sekolah mereka. Bahkan program studi bahasa Indonesia menjadi salah satu jurusan favorit di Busan University of Foreign Studies. Saking banyaknya peminat pihak kampus pun membatasi penerimaan mahasiswa yang mendaftar.

Bahkan saat ini banyak pengajar yang didatangkan langsung dari Indonesia untuk menjadi dosen atau instruktur bahasa Indonesia di kampus atau lembaga lembaga bahasa di Korea Selatan. Nah, saat remaja kita sibuk dengan K-POP remaha-remaja Korea sibuk mempelejari bahasa kita 😉.

5. Turki 🇹🇷

Negara bekas Kesultanan Ottoman ini mempunyai masa lalu dengan Indonesia yang cukup baik, selain latar belakang agama, Turki dan Indonesia sudah mempunyai hubungan baik sejak abad pertengahan. Terbukti saat itu Kesultanan Aceh meminta bantuan armada Turki untuk mengusir Portugis dari Malaka. Saat itu Sultan Selim II mengirimkan armadanya membantu kesultanan Aceh.

Saat ini hubungan Turki-Indonesia juga sangat baik, baru- baru ini Turki bahkan telah meresmikan pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Melayu menjadi pelajaran resmi di sekolah-sekolah dan Universitas di Turki. Pendidikan bahasa asing di sekolah-sekolah Turki mulanya hanya terbatas pada pelajaran bahasa-bahasa Eropa.

Namun kini, siswa bebas memilih salah satu dari 19 bahasa yang ditawarkan mulai dari Bahasa Persia, Cina, Korea dan kini Bahasa Indonesia. Dipilihnya bahasa Indonesia dalam kurikulum tersebut bukanlah tanpa sebab. Bahasa Indonesia memiliki penutur cukup banyak yakni sekitar 260 juta orang. Selain itu bahasa Indonesia juga menempati urutan ke-6 penutur terbanyak di internet.

Dan juga bahasa Indonesia selain dituturkan Indonesia, Bahasa Indonesia atau Bahasa Melayu banyak juga digunakan di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina.

Nah, itulah informasi mengenai negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Insya Allah saya akan update terus negara-negara lain yang mementingkan dan mempelajari bahasa Indonesia.

Semoga Bermanfaat.


Nur Muhammad Al Amin   

May 08, 2019 - 4 komentar

Related Posts

4 Komentar untuk 5 Negara Yang Menjadikan Bahasa Indonesia Sebagai Program Studi di Kurikulum Resmi

  1. Mantap. Kalau saya sendiri mengenalkan bahasa dan memberikan informasi budaya asli Indonesia kepada semua para turis yang menginap dirumah saya. Mereka sangat senang, dan bahkan mereka menganggap diri mereka seperti orang Indonesia. Saya juga merasa senang, karena mereka berencana datang kembali ke Indonesia bersama teman temannya untuk liburan. Salam saya dari Bali.

    ReplyDelete
  2. Makasih mas @sumaryasa..
    Semoga Bahasa Indonesia makin maju dan populer di dunia mas. Maksih dah berkunjung ke blog saya mas

    ReplyDelete