Cara Cek DPT Secara Online


Pemilihan umum akan segera dilaksanakan, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dilaksanakan secara serentak 17 April 2019. Salah satu komponen penting dalam pemilu tentu saja hak pilih.

Pada pemilu kali ini Daftar Pemilih Tetap atau biasa disebut DPT berjumlah kurang lebih 180 juta orang yang terdaftar sebagai pemilih. Rekapitulasi berdasarkan berita acara penetapan DPT di 514 Kabupaten/Kota pada 34 provinsi jumlah TPS sebanyak 801.291 dan jumlah pemilih sebanyak 185.994.249.

Jika Anda memenuhi syarat sebagai peserta pemilu namun ragu apakah sudah terdaftar atau belum, sebaiknya segera mengeceknya. Anda bisa mengecek secara manual dengan langsung mendatangi kelurahan setempat.

Tapi, jika sibuk atau tidak sempat sebaiknya langsung saja mengeceknya melalui situs resmi KPU pada link berikut  https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/

Caranya sangat mudah hanya dengan memasukan nama dan nomor KTP pada form yang disediakan. Jika sudah terdaftar akan muncul nama dan TPS Anda. Namun, jika terjadi eror atau tidak muncul kemungkinan besar Anda belum terdaftar. Silakan mengeceknya atau melaporkan pada petugas PPS setempat dengan membawa dokumen kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga.


Ada juga cara mudah melaporkan belum terdaftar sebagai pemilih melalui aplikasi android milik KPU. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019 di Playstore atau APPstore. Silakan search aplikasinya di Playstore atau APP Store di smartphone Anda. Kemudian mengecek dengan cara memasukan nama dan NIK Anda.

Jika belum terdaftar silakan klik tombol LAPOR yang tersedia di aplikasi KPU RI Pemilu 2019. Anda akan diminta untuk menginformasikan NIK No KK Nomor telepon dan juga alamat email. Pastikan Anda sudah melakukan perekaman KTP Elektronik karena itu syarat itu untuk melakukan pendaftran ini. Selanjutnya tinggal tunggu KPU RI Pemilu 2019 memproses laporan Anda.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, gunakan hak pilih Anda demi bamgsa dan negara Indonesia yang lebih baik.


Nur Muhammad Al Amin

April 10, 2019 - tanpa komentar

Related Posts