Barisan Artis Pendukung Calon Presiden 2019


Pemiihan umum Presiden 2019 akan segera berlangsung. Dua kandidat terbaik siap bersaing merebut pucuk pemerintahan RI atau biasa dikenal dengan RI 1. Ini adalah pemilihan presiden secara langsung yang keempat kalinya pasca reformasi.

Pilpres langsung pertama dilaksanakan pada tahun 2004 dimana pasangan SBY dan Jusuf Kalla menjadi presiden dan wakil presiden terpilih. Pada 2014 silam pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjadi kampium setelah mengalahkan Prabowo Hatta dengan selisih suara kurang lebih 8 juta suara.

Nah, pada pilpres kali ini yang akan berlangsung 17 April 2019, petahana Joko Widodo menggaet Ketua Umum MUI nonaktif KH. Ma'ruf Amin menjadi pasangan yang akan melawan Prabowo dan Sandiaga Uno yang diusung oposisi yakni Gerindra, PKS PAN dan Demokrat.

Berbagai dukungan selain partai pengusung bermunculan mendeklrasikan dukungan mereka pada kandidat masing-masing. Mulai dari ormas, sarikat buruh dan komunitas masyrakat biasa.

Tidak kalah serunya adalah dukungan yang diberikan oleh publik figur atau selebritas terhadap kedua pasangan tersebut. Berbagai macam motif yang menjadi dasar para artis untuk menjatuhkan pilihan mereka. Ada yang menilai track record pasangan capres, ada juga yang karena sang artis adalah calon legislatif dari partai pengusung. Bahkan ada juga karena faktor hubungan kerabat dengan capres tersebut.

Yang menarik dari dukung mendukung selebritas ini adalah ada beberapa yang berbelok arah atau terindikasi hengkang dari pilihan mereka saat pilpres 2014 lalu.

Nah, siapa saja artis yang terang-terangan mendukung calon presiden tahun ini. Berikut saya rangkum dari berbagai sumber, duantaranya dari beberapa akun sosial media milik artis tersebut.

 A. Artis Pendukung Jokowi-Ma'ruf 

 1. Slank
 2. Krisdayanti (caleg PDIP)
 3. Yuni Shara
 4. Nafa Urbach (caleg Nasdem)
 5. Tina Toon ( caleg PDIP)
 6. Kirana Larasati (caleg PDIP)
 7. Sony Tulung
 8. Sahrul Gunawan (caleg Nasdem)
 9. Wanda Hamidah
 10. Tompi

 B. Artis Pendukung Prabowo-Sandi

 1. Neno Warisman ( penggagas #2019GantiPresiden)   2. Rhoma Irama ( ketua Partai Idaman)
 3. Primus Yustisio dan Jihan Fahira (pasangan seleb          dan caleg PAN)
 4. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela (pasangan seleb)
 5. Fauzi Baadillah (caleg Gerindra)
 6. Dede Yusuf (caleg Demokrat)
 7. Desy Ratnasari (caleg )
 8. Cameli Malik, Jaja Miharja (musisi dangdut)
 9. Eko Patrio dan Viona (pasangan seleb dan caleg PAN)
 10. Frans Mohede dan Rachel Maryam ( caleg Gerindra)

Itulah beberapa barisan artis pendukung calon presiden 2019. Sebenarnya masih banyak tapi tidak saya sebutkan semuanya di artikel kali ini. Selain itu ada beberapa artis yang saat ini sepertinya gamang dengan pilihan mereka. Contohnya seperti musisi Iwan Fals yang dulu adalah pendukung Jokowi, tapi saat ini sepertinya serba salah menentukan pilihannya.

Begitupula dengan Komika Pandji Prawicaksono yang pada 2014 silam adalah pendukung Jokowi. Baru-baru ini malah menunjukkan kegamangannya lewat youtube, bahkan sempat dituding mengkampanyekan golput.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat.



Nur Muhammad Al Amin 

April 06, 2019 - tanpa komentar

Related Posts