2 Aplikasi Uang Elektronik Tanpa Kartu Terbaik


Uang elektronik (atau uang digital) atau bias disebut juga dengan E-Money adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi keuangan ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Misalnya Electronic Funds Transfer (EFT).

Dalam perkembangannya saat ini Uang Elektronik mengalami lompatan yang sangat cepat. Karena banyak sekali produk yang muncul berbentuk wallet atau aplikasi android. Selain Lembaga keuangan seperti bank banyak sekali bermunculan aplikasi dompet berbasis elektronik tersebut. Bahkan aplikasi belanja online dan ojek online pun memiliki wallet untuk memudahkan membernya melakukan transaksi baik pembelian, pembayaran ataupun transfer.

Saya sendiri sudah menggunakan wallet sejak beberapa tahun lalu, seperti PayPal dan juga DOKU. Ada juga Jenius milik Bank BTPN. Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut. Mulai dari belanja sampai kebutuhan seperti pulsa, token listrik dan sebagainya. Namun, saat ini saya lebih memilih bahkan boleh dibilang merekomendasikan dua aplikasi uang elektronik ini yang tidak boleh tidak ada di smartphone Anda. Dua aplikasi Dompet Digital  ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan sudah cukup populer di Indonesia saat ini. Dan merupakan hasil karya anak bangsa.

Kedua aplikasi dompet digital tersebut adalah :

1. OVO


OVO adalah salahsatu aplikasi keuangan digital yang memberikan Anda layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash). Anda juga bisa berkesempatan untuk mengumpulkan poin setiap kali Anda melakukan transaksi pembayaran melalui OVO.

Aplikasi uang elektronik milik Lippo Grup ini memberikan dan memudahkan layanan bagi semua masyrakat Indonesia. Banyak kemudahan yang ditawarkan seperti transfer ke sesama pengguna OVO dan juga antar bank. Menariknya dalam sebulan kita bisa melakukan secara gratis hingga 10 kali, jika melebihi kuota kita hanya dikenakan biaya transfer sebesar Rp.3000. Selain itu banyak sekali promo berupa cashback yang bekerjasama dengan platform belanja online seperti Tokopedia yang memberikan cashback dan poin ketika kita melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran OVO Cash.

Aplikasi ini bahkan terintegrasi di aplikasi Tokopedia dan juga GRAB. Cara mendaftar OVO juga sangat mudah, hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Jika ingin menggunakan full layanan aplikasi kita bisa mengupgrade akun kita menjadi premium hanya dengan menyiapkan persyaratan berupa KTP Elektronik untuk memverivikasi identitas kita. Setelah menjadi akun premium kita bisa melakukan TOP UP baik melalu transfer bank maupun merchant yang saat ini bekerjasama adalah alfamart. Jika sudah menjadi akun premium kita bisa melakukan TOP UP hingga batas maksimum Rp.10.000.000.

2. DANA


Seperti halnya OVO produk keuangan digital yang satu ini juga sangat rekomended. Banyak fitur yang juga tidak kalah dengan OVO Cash. DANA juga menyediakan infrastruktur platform terbuka untuk pembayaran, yang memungkinkan semua nasabah atau member untuk melakukan transaksi secara nontunai dan nonkartu secara mudah, aman, dan efisien. Keunggulan lainnya adalah Konsep platform terbuka yang di usung DANA bisa terintegrasi dengan platform merchant dan channel keuangan dan sistem pembayaran lainnya. Sebagai dompet digital, DANA dapat dimanfaatkan oleh beragam sektor, termasuk pendidikan, layanan publik, layanan sosial, hingga pedagang kaki lima untuk mendukung setiap transaksi dengan mudah dan aman. 

Saya sendiri baru beberapa bulan menggunakan DANA sebagai alternatif keuangan digital. Banyak sekali manfaat dan keunggulan yang tidak didapatkan di wallet lainnya. Seperti cashback pulsa hingga 50 persen, voucer digital untuk tagihan listrik dan masih banyak lagi keuntungan lainnya yang didapat dengan menggunakan DANA.

Cara mendaftar pun mudah sama seperti platform lainnya yakni dengan menggunakan nomor handphone kita. Metode TOP UP juga sangat komplit selain transfer bank dan virtual account, kita juga bisa melakuan top up melalui kartu ktedit mau debit yang sudah kita integrasikan ke akun DANA kita. Selain itu bisa melalui merchant mitra DANA seperti alfamart dan alfa midi. Sama seperti OVO dan Dompet Digital lainnya jika ingin mengakses penuh layanan, kita harus melakukan upgrade akun menjadi premium untuk menikmati layanan full. Seperti transfer dan maksimal limit yang ditetapkan OJK.

Dua platform diatas tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya dalam hal pilihan TOP UP di merchant DANA lebih unggul karena bisa melalui alfamart maupun alfa midi. Sedangkan OVO hanya bisa melalui alfamart. Sedangkan untuk biaya transfer keduanya sama memberikan akses gratis transfer ke semua bank dengan limit 10 kali perbulan. Biaya transfer setelah habis limit OVO lebih murah hanya 3 ribu rupiah sedangkan DANA memungut 4.500 rupiah per transaksi.

Kesimpulannya saya rekomedasikan kedua platform diatas untuk kebutuhan transaksi finansial Anda. Silakan pilih tapi jika mau keduanya juga boleh. Silakan unduh aplikasinya yang tersedia di PLAY STORE platform android Anda.

Semoga bermanfaat..

Nur Muhammad Al Amin


Loading...

April 14, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk 2 Aplikasi Uang Elektronik Tanpa Kartu Terbaik.