Qari Cilik Terbaik Indonesia Yang Mendunia


Youtube
Qari dalam bahasa Indonesia berarti pembaca al-quran, adalah orang yang melantunkan bacaan Al-Quran dengan mentaati aturan-aturan (tajwīd) yang benar. Dalam perkembangan Qari atau Qariah (untuk wanita) adalah para pembaca al quran yang biasanya ikut dalam sebuah perlombaan membaca ayat suci Al-quran baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

Menjadi seorang Qari tidak harus menjadi seorang penghafal Al-quran. Dalam masyrakat Ada beberapa kesalahan umum yang menganggap qari haruslah menjadi ḥāfiż(ah) atau penghafal Al-Quran terlebih dahulu. Seorang qari tidak harus menjadi penghafal Al-Quran, tetapi hanya menjadi pelantun bacaan Al-Quran yang menerapkan aturan dalam ilmu tajwid dengan benar. Namun, anggapan umum itu bisa menjadi benar karena kebanyakan seorang qari adalah juga seorang hafidz.

Di dunia perlombaan baca quran, yang biasa dikenal dengan nama Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ, telah banyak lahir qori maupun qorian terbaik di dunia. baik yang dewasa maupun anak-anak. Kali ini saya akan membahas tentang qori-qori cilik terbaik di dunia, yang diantaranya berasla dari negeri kita sendiri Indonesia.

1. Muhammad Ihsan Ramadhan

Ihsan merupakan seorang santri di Pondok Pesantren Haqqotilawah di Bogor. Pesantren ini diasuh oleh KH Ade Ahmad Farid, yang juga merupakan ayah dari Muhammad Ihsan sendiri. Prestasi qori kelas IV SD ini terbilang luarbiasa. Baru-baru ini dia menyabet juara pertama dalam sebuah ajang Musabaqah Internasional di Doha, Qatar. Dia menjadi juara setelah berhasil menyisihkan para peserta yang berasal dari 15 negara lain.

Prestasi Sebelumnya,adalah pernah menjadi juara di beberapa ajang seperti Juara 3 Murottal Putra STQ Jawa Barat 2017, Harapan 2 Tilawah Anak-anak STQ Nasional Kalimantan Utara 2017, Juara 2 Semesta Bertilawah MNC TV 2017.Tidak hanya itu dia juga menjadi Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Provinsi Jawa Barat 2018, Juara 1 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional JQH NU Jabar 2018, Juara 3 Tilawah Anak-anak MTQ Nasional Medan Sumatera Utara 2018.

2. Syamsuri Firdaus

Syamsuri fidaus adalah qori yang saat ini sudah beranjak remaja . Syamsuri yang kelahiran Bima-NTB ini adalah juara qori nasional tahun 2012 kategori anak-anak pada MTW Nasional yang diselenggarakan di kota Ambon-Maluku di tahun 2012 silam. Uniknya dia menjadi juara saat itu dengan berangkat seadanya tanpa dukungna bahkna dari pemerintah Kabupaten maupun Provinsi. Dia hanya didampingi guru ngaji dan seorang rekannya yang juga menjadi juara di kategori murottal.

Prestasi membanggakan lain dari qori kelahiran tahun 1999 ini adalah menjadi juara lomba baca quran tingkat internasional di Singapura pada tahun 2013. Sejak saat itulah nama Syamsuri semakin terkenal hingga saat ini. Banyak sekali  penggemarnya di seluruh indonesia Videonya juga banyak diputar di jejaring Youtube dan menjadi tontonan jutaan orang di seluruh dunia.

3. Nicky Permana dan Manarul Huda

Dua Qori cilik kebanggaan Indonesia ini menjadi juara tingkat MTQ nasiona pada tahun 2018di Banten. Kedua Qori ini sering tampil bersama atau duet dalam melantunkan Quran. Mereka sering di undang dalam berbagai kegiatan dd dalam maupun luar negeri. Video mereka juga banyak yang beredar di di Youtube maupun di jejaring sosial Facebook dan mendapat sambutan positif dari masyarakat, terbukti dengan video unggahn tersebut mendapat respon berupa like dan view mencapai jutaan kali. Manarul Huda merupakan penentu Banten dalam meraih juara umum MTQ tingkat nasional tahun 2016 di Mataram-NTB. Saat itu dia berumur 11 tahun dan duduk di kelas 5 Sekolah Dasar. Nicky Permana juga adalah qori berprestasi asal Banten menjadi juara di MTQ Nasional 2018 yang diselenggarakan di Kota Medan Sumatera Utara.

Semoga prestasi Qori2 cilik ini menjadi motivasi dan pembelajaran berharga bagi generasi muda untuk lebih mencintai Alqur'an sebagai pedoman hidup seorang muslim sejati, karena kalau generasi muda sudah mencintai Al qur'an niscaya dia akan mengenal Tuhannya. Amin



Nur Muhammad Al-Amin

March 31, 2019 - tanpa komentar

Related Posts