Tiga Wisata Bahari Dengan Panorama Menawan di NTT

Keindahan dan potensi wisata alam Nusa Tenggara Timur atau pulau-pulau lain di bagian Timur Indonesia memang tak habis-habisnya untuk diceritakan. Setelah menulis beberapa artikel tentang wisata pantai, gunung dan alam lainnya di NTT antara lain Mekarnya Sakura di Pulau Sumba dan wisata air terjun yang indah yang bisa dilihat Disini serta beberpa artikel tentang objek wisata pantai dan gunung yang mempunya kekhasan vulkanik seperti pada artikel ini Pesona Puncak Ile Lewotolok Ile Ape Lembata NTT Kali. 

Kali ini saya akan membahas kembali soal potensi wisata lainnya berupa keindahan pantai yang ada di NTT. Sebenarnya sudah ada artikel lama lainnya tentang pantai yang ada di NTT yang keindahannya boleh dibilang setara dengan pantai Phuket di Thailand, tidak berlebihan, tapi kenyataan akan Anda dapatkan sendiri ketika mengunjungi pantai yang saya maksud, artikelnya bisa dibaca Disini . Nah karena NTT adalah daerah kepulauan dengan gugusan pulau yang cukup banyak, tidak heran jika daerah ini terkenal dengan beragam corak pantai yang bisa dieksplor oleh pencinta wisata bahari. Sebagai putra NTT saya sangat berbangga dengan menulis dan mengabarkan pada masyrakat lainn untuk berwisata ke provinsi yang satu ini.

Sesuai judul tulisan ini, biklah ini adalah tiga pantai di NTT yang memiliki keindahan yang sangat memukau.

1.  Pink Beach

Nama yang disematkan pada pantai di Kawasan Taman Nasional Komodo di Flores ini, karena ini adalah salahsatu pantai berpasir merah muda yang ada di Indonesia.Karena memang tak banyak pantai berpasir merah muda di Indonesia. Kawasan Taman Nasional Komodo memang sudah sangat terkenal di seantero bumi, karena memiliki spesies lanka berupa Komodo reptil raksasa yang jadi kebanggan masayrakat Indonesia. PUlau ini juga memiliki wisata laut dan pantai yang membuat decak kagum wisatawan, salah satunya Pink Beach ini.

Pink Beach Flore (kaskus)
Pantai ini memang sangat unik dan indah, ekosistem bawah laut Pink Beach  di pulau Flores ini juga menyimpan berjuta keindahan dan kekayaan. Taman bawah laut pantai merah ini adalah tempat yang menjadi habitat berbagai jenis ikan, batu karang, serta makhluk hidup  laut lainnya. Jika ingin jalan-jalan ke pantai ini silakan melakukan snorkeling agara bisa menikmati keindahan bawah laut pantai merah ini. Uniknya pantai ini merupakan salah satu dari 7 pantai merah muda di dunia. Pantai merah muda atau pink beach hanya terdapat di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina;  Sardinia, Italia; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani.

2. Pantai Koka

Pantai Koka Maumere (tripadvisor)

Jika Pink Beach terkenal dengan pasirnya berwarna merah muda, pantai yang terletak di Kabupaten Sikka tepatnya di desa Wolowiro, kecamatan Paga ini adalaha salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Karena pantai ini juga salah satu yang cukup unik, Air laut yang ada di Pantai Koka berwarna biru toska dan sangat bersih karena memang belum tercemar limbah, sedangkan pasirnya berwarna putih dan sangat lembut. Yakinlah jika sudah sampai disana bisa-bisa lupa pulang, karena saking betahnya menimati keindahan pantai yang satu ini. Untuk mengaksesnya jika Anda berada di Kota Maumere cukup menggunakan angkutan darat yang tersedia dengan menepuh jarak sekitar 49 kilo dari pusat kota, waktu tempuh mencapai 1,5 jam.

3. Pantai Nihiwatu

Nah, tau gak kalau pantai yang satu ini adalah salah satu dari 100 pantai tercantik di dunia versi CNN. Tidak salah memang pantai ini dinobatkan oleh CNN sebagai salah satu destinasi bahari terbaik, karena keindahan pantai sepanjang 2,5 kilometer ini memang sangat luarbiasa, khususnya bagi yang hobi Surfing, pantai ini sangat cocok karena memeiliki struktur ombak yang sangat proporsional bahkan boleh dibilang ganas tak heran pantai ini juga memiliki julukan Left God Waves karena kesempurnaan ombaknya.Saking indahnya pantai ini juga dijuluki sebagai Hawai-nya Indonesia loh.

Nihawatu Resort (kiwicollection.com)
Pantai ini menempati urutan ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia bahkan mengalahkan Pantai Hanalei Bay di Hawaii. Destinasi yang satu ini terletak di di Kabupaten Sumba Barat tepatnya berada 30 kilometer dari pusat kotaWaikabubak. Namun sangat disayangkan, pantai ini tidak bisa dinikmati dengan bebas, untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak Nihiwatu tidak semua orang dapat menikmatinya, termasuk orang lokal setempat. Karena pantai ini dikelola secara privat oleh sebuah resort internasional. Turut prihatin juga yah surga kita sendiri tapi dinikmati oleh orang lain. hehehe.

Itulah tiga pantai unik di Nusa Tenggara Timur, saking uniknya malah ada yang tak bisa dijamah oleh warga NTT sendiri hehe. Semoga bermanfaat.


Nur Muhammad Al Amin

December 09, 2018 - 1 komentar

Related Posts

1 komentar: