Kiva Han, Kedai Kopi Pertama di Dunia

Asal mula kopi telah tercatat ada sejak abad ke-9. Pada mulanya kopi hanya berada di benua Afrika tepatnya di negara Ethiopia, saat itu biji-bijian asli ditanam oleh bangsa Ethiopia di dataran tinggi. Saat bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi akhirnya menyebar luas hingga  ke Afrika Utara dan mulai ditanam secara massal.

Ilustrasi Kedai Kopi di abad peretngahan
Dari Afrika Utara biji kopi mulai menyebar dari benua Asia hingga ke Eropa dan ketenarannya sebagai minuman sudah mulai menyebar dan bertahan hingga saat ini. Pada tahun 700-1000 M Kopi pertama kali dikenal oleh bangsa Arab sebagai minuman berenergi terutama untuk begadang.Penyebaran kopi telah dimulai bersamaan dengan penyebaran agama Islam. Dan tempat pertama kopisebagai sumber utama berada di Mocha nama salah satu kota di Yaman.

Pada 1000 M Ilmuwan Islam terkenal Ibnu Sina di barat dikenal dengan Avicenna telah menyelidiki zat kimiawi dalam kopi, dokumen Ibnu Sina merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah tuntas tentang kopi dari segi ilmu kesehatan dan kedokteran .Dan di 1400 M kopi dan kedai kopi sudah tumbuh pesat di tanah Arab terutama di Madinah dan kota Mekkah.

Walaupun telah menyebar pesat di Mekkah dan Madinah, namun terrnyata asal mula kedai kopi atau yang populer sekarang dengan warung kopi atau warkop bermula dari bangsa Turki. Tepatnya pada abad pertengahan. Tahun 1453 M Kopi mulai diperkenalkan di Istanbul atau Konstantinopel oleh bangsa Turki(Ottoman).Dan Kedai kopi atau warkop yang pertama  kali tercatat di dunia adalah di Istanbul yang bernama Kiva Han, warkop tersebut dibuka  tahun 1475. Baca Juga Puisi Sang Sultan

Sednagkan bangsa Eropa saat itu masih menganggap bahwa kopi adalah minuman yang diharamkan. Terbukti beberapa abad kemudian tepatnya pada tahun 1600 M Paus Clement VIII, kembali menegaskan untuk bahwa ‘budaya minum kopi’ merupakan sebuah bid’ah, atau ‘budaya luar’ yang dapat mengancam kaum Kristiani Eropa dan oleh  karena itu haram  dan berdosa bagi yang meminumnya. Namun beberapa waktu kemudian sang Paus akhirnya mengizinkan bahwa minum kopi menjadi bagiandari makanan/minuman yang halal atau boleh bagi seorang Kristen.

Bangsa Belanda akhirnya membawa kopi dari Mocha di Yaman pada tahun 1616 M , di tahun 1645 M akhirnya  Kedai kopi untuk pertama dibuka di Venice, Italia. Berturut-turut Kedai kopi juga  dibuka di negeri kaum  Kristen (Christendom) tepatnya di kota Oxford. Pada tahun 1658 M Belanda pertama kali membuka kebun kopi di daerah jajahannya Ceylon (Srilanka). Puncaknya Kedai kopi dibuka oleh ‘Edward Lloyd’s’ di London Inggris. Dan melalui  kedai kopi inilah Edward membuka perusahaan asuransi terkemuka di dunia yakni Lloyd of London Insurance. Baca Juga Asal Mula Perayaan April Mop

Di tahun 1669 M Kedai kopi juga dikenalkan di Paris Perancis oleh duta besar Turki pada raja Louis XIV. Dan seterusnya kopi akhirnya menyebar ke benua Amerika dan ke Pasifik termasuk ke Nusantara melalu penjajah Belanda. Dan salah satu kebiasaan atau budaya bangsa Belanda yang masih terawat saat ini di Nusantara salahsatunya adalah budaya "Ngopi". Saat ini warung-warung kopi sudah menyebar dan menjadi gaya hidup millenial, warung kopi kini menjadi tempat favorit untung nongkrong atau sekedar menghabiskan waktu setelah seharian beraktifitas.


Itulah Sejarah mula kedai kopi, semoga bermanfaat.


Nur Muhammad Al Amin






December 16, 2018 - tanpa komentar

Related Posts