Ini Lima Kota di Indonesia Yang Bebas dari Ancaman Gempa dan Tsunami

Indonesia termasuk wilayah yang rawan Tsunami karena sering terjadi gempa tektonik yang melanda kepulauan nusantara. Alasannya karena Indonesia terletak di tengah-tengah Cincin Api Pasifik, atau daerah jalur gempa Sabuk Alpide, serta di atasnya ada beberapa lempengan tektonik, Indonesia juga termasuk punya banyak gunung berapi, dan Indonesia merupakan salah satu tempat paling aktif secara seismik di Jagad raya. Terbukti dari beberapa bencana Tsunami dahsyat di dunia beberpa diantaranya terjadi di wilayah Indonesia. Baca Juga Ini Empat Tsunami Paling Dahsyat Di Dunia
Pantai Losari denganview Masjid Terapung Kota Makassar

Namun demikian beberapa kota di Indonesia ini ternyata realtif aman dari bencana gempa dan tsunami, ada beberapa alasan mengapa kota-kota tersebut aman dari gempa dan tsunami yang sering menghampiri Indonesia. 

Berikut Lima kota di Indonesia yang relatif aman dari gempa bumi dan Tsunami.

1. Merauke

Kita mulai dari bagian timur Indonesia, Kota Merauke adalah salah satu kota yang cukup aman dari bencana gempa bumi maupun tsunami, jarang sekali terjadi gempa bumi di kota paling timur Indonesia ini, kalaupun warganya pernah merasakn getaran gempa, itu adalah gempa bumi yang terjadi di wilayah Papua bagian tengah maupun di Papua bagian Utara itupun dengan magnitudo yang sangat kecil. Padahal diketahui selama ini Indonesia bagian timur adalah daerah rawan gempa.

2. Makassar

Dari Papua kita menuju kota Makassar, salah satu kota terbesar di Indonesia bagian tengah dan timur ini adalah salah satu kota yang cukup aman dari gempa bumi dan tsunami. Tidak ada yang tercatat dalam sejarah bahwa kota Makassar pernah mengalami gempa bumi atau tsunami. Kalupun ada itu adalah getaran gempa dengan magnitudo kecil, yang merupakan dampak dari gempa bumi yang terjadi di daerah lain. Hal ini karena kota Makassar berada jauh dari patahan aktif seperti sesar Palu Koro dan sesar normal Majene.

3. Banjarmasin

Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia yang nyaris sangat aman dari gempa bumi dan tsunami, sangat jarang sekali bencana gempa bumi maupun tsunami terjadi di pulau Kalimantan. Kalaupun pernah ada itu terjadi di kota Singkawang-Kalimnatan Barat pada tahun 2011 silam. Gempa magnitudo 4 SR tersebut adalah salahsatu gempa yang baru saja dirasakan oleh warga Singkawang-Kalimantan Barat, karena memang selama ini tidak pernah ada kejadian seperti itu. Seperti kota-kota lainnya di Kalimantan. Banjarmasin juga salah satu kota yang sangat aman utnuk musibah gempa bumi maupun tsunami, hal ini karena pulau Kalimantan secara geografis, pulau ini memang jauh dari pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

4. Batam

Jika Banda Aceh-Padang-Bengkulu hingga Bandar Lampung adalah kota-kota yang sangat rentan dengan bencana gempa bumi dan tsunami, tidak demikian dengan kota Batam di provinsi Kepulauan Riau. Kota Batam nyaris aman dari musibah gempa bumi maupun tsunami, kota industri yang berabatasan langsung dengan Singapura ini aman dari bencana gempa karena tidak adanya pertemuan lempeng bumi di daerah tersebut. 


5. Pekanbaru

Masih di pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Riau, kota Pekanbaru merupakan kota paling aman di Indonesia dari bencana gempa bumi dan tsunami. Karena letak kota ini yang cukup jauh dari lempeng bumi di bagian barat pulau Sumatera, hal ini yang membuat kota ini bisa aman.Walaupun aman dari musibah gempa bumi dan Tsunami tapi kota ini malah jadi kota dengan penyumbang kabut asap terbesar, karena sering terjadi musibah kebakaran hutan di kota ini.

Itulah Lima kota di Indonesia yang realtif aman dari musibah gempa bumi dan tsunami, namun demikian sebagai manusia kita harus tetap waspada, karena yang namanya musibah tetap saja datangnya selalu tak diminta. Jika Tuhan berkehendak kita bisa apa? Mudah-mudahn informasi ini bermanfaat.



Nur Muhammad Al Amin


December 28, 2018 - 4 komentar

Related Posts

4 Komentar untuk Ini Lima Kota di Indonesia Yang Bebas dari Ancaman Gempa dan Tsunami