Ini Empat Tsunami Paling Dahsyat Di Dunia

Tsunami dalam bahasa Jepang tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara bahasa berarti ("ombak besar di pelabuhan") secara istilah adalah perpindahan badan air yang disebakan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal secara tiba-tiba. Perubahan permukaan itu karena disebabkan oleh gempa tektonik atau gempa yang berpusat dibawah laut, karena letusan gunung api dibawah laut, atau longsoran yang terjadi bawah laut, terkadang penyebab lainnya adalah karena hantaman meteor. Di laut dalam, tsunami bisa merambat dengan kecepatan 500–1000 km per jam, kecepatan ini sama dengan kecepatan  pesawat terbang. Baca Juga Kiva Han, Kedai Kopi Pertama di Dunia

Ilustrasi by, Pixabay
Indonesia termasuk wilayah yang rawan Tsunami karena sering terjadi gempa tektonik yang melanda kepulauan nusantara. Alasannya karena Indonesia terletak di tengah-tengah Cincin Api Pasifik, atau daerah jalur gempa Sabuk Alpide, serta di atasnya ada beberapa lempengan tektonik, Indonesia juga termasuk punya banyak gunung berapi, dan Indonesia merupakan salah satu tempat paling aktif secara seismik di Jagad raya. Terbukti dari beberapa bencana Tsunami dahsyat di dunia beberpa diantaranya terjadi di wilayah Indonesia. Baca Juga Tiga Wisata Bahari Dengan Panorama Menawan di NTT

Berikut empat musibah Tsunami terdahsyat sepanjang sejarah. 

1.  Tsunami Arica


Tsunami ini terjadi Pada tahun 1868, diawali dengan gempa bumi yang terjadi di Arica, Peru dengan kekuatan antara 8,5 hingga 9,0 SR. Gempa bumi ini akhirnya menghasilkan tsunami di daerah sekitar Samudera Pasifik.Kekuatan gempa bumi  dan tingginya gelombang tsunami yang mencapai 14 meter itu telah menghancurkan sebagian besar kapal di pelabuhan sekitar Pasifik, dan korban jiwa mencapai lebih dari 25 ribu orang.



 2. Tsunami Lisbon

Gempa bumi berkekuatan 9,0 SR mengguncang daerah Lisbon, Portugal pada 1 November 1755.
Akibat yang dirasakan oleh gempa dahsayt ini adalah, banyak bangunan-bangunan yang roboh bencana ini juga mengakibatkan kebakaran hebat yang membuat banyak orang meninggal dunia dengan cara terbakar hidup-hidup.Selain itu 40 menit setelah gempa muncullah gelombang besar  yang tingginya mencapai 30 meter menghantam daratan, akibat stunami ini sekitar 70 ribu orang di Portugal, Spanyol, dan Maroko di benua Afrika meninggal dunia.


3. Tsunami Krakatau

Musibah dahsyat ini menimpa wilayah Indonesia tepatnya di daerah Banten dan Lampung di Sumatera bagian Selatan. Tepatnya pada tahun 1883 l, kala itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Letusan dahsyat gunung api krakatau yang juga tercatat merupakan letusan gunung berapi paling mematikan sepanjang sejarahdunia. Kala itu terjadi tiga letusan pertama menyebabkan ledakan yang sangat hebat,bahkan sepertinya dunia telah berakhir saat itu saking dahsyatnya letusan tersebut. Selanjutnya letusan keempat inilah yang menyebabkan tsunami yang menerjang dan merusak wilayah sekitar pesisir dan membunuh lebih dari 36 ribujiwa.

4. Tsunami Aceh

Nah, yang ini terjadi pada satu dekade lalu yakni pada tanggal Minggu 26 Desember 2004. Diawali dengan gempa bumi berkekuatan 9,1 SR yang mengguncang daerah sekitar Aceh. Selain merobohkan banyak bangunan, gempa dahsyat ini juga menyebabkan tsunami setinggi 30 meter. Begitu hebat dan cepatnya, gelombang ini bahkan mencapai daratan Afrika hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Baca Juga Ini Lima Kota di Indonesia Yang Bebas dari Ancaman Gempa dan Tsunami

Ini merupakan salah satu musibah terbesar yang dialami masyrakat Indonesia bahkan menjadi bencana terbesar sepanjang sejarah di dunia, betapa tidak akibat gempa dan tsunami di Aceh ini menyebabkan 230 ribu korban jiwa yang terdiri dari 14 negara. 170 ribu jiwa yang meninggal di antaranya berada di Indonesia.

Itulah empat bencana stunami terbesar dan terparah sepanjang sejarah modern, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Baca Juga Ini Empat Objek Wisata Air Terjun di NTT Yang Wajib Dikunjungi



Nur Muhammad Al Amin

December 23, 2018 - 2 komentar

Related Posts

2 Komentar untuk Ini Empat Tsunami Paling Dahsyat Di Dunia