Ini Empat Objek Wisata Air Terjun di NTT Yang Wajib Dikunjungi

Jika selama ini Anda berfikir bahwa di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) tidak memiliki wisata air terjun, berarti Anda salah besar, kendati NTT dan daerah bagian Timur Indonesia identik dengan iklim  yang kering  serta curah hujan yang kurang. Mulai saat ini stigma itu harus dibuang jauh-jauh. Karena selain terkenal dengan keindahan gugusan pulau-pulau yang membnetang serta pemandangan pantai dan laut biru yang sangat eksotik, serta wisata budaya yang unik. Ternyata NTT juga memiliki objek wisata alam lainnya berupa air terjun yang sangat indah. Yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Provinsi seribu pulau itu. Baca Juga Tiga Wisata Bahari Dengan Panorama Menawan di NTT

@dgoreinnamah (Pinterest.com)
Kali ini saya akan membahas tempat wisata berupa panorama air terjun yang mungkin belum banyak terekspose dan belum menjadi objek wisata yang potensial, mudah-mudahn dengan tulisan ini kelak objek wisata ini akan ramai dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Baca Juga Pantai Bean Surga Yang terabaikan di Timur Lembata

Inilah 4 objek wisata air terjun di NTT,

1. Air Terjun Cunca Wulang 

Air Terjun Cuca Wulang (YouTube)

Cunca Wulang adalah nama sebuah desa di Kecamatan Mbeilling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Karena lokasi air terjun ini berada tepat di desa ini maka tidak salah nama  Air Terjun ini juga disematkan sama dengan nama desa tersebut. Air terjun berada di kawasan hutan Mbeilling. Cunca dan Wulang sendiri adalah bahasa daerah setempat  berarti air terjun dan Bulan. Lokasinya berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut otomatis daerah ini cukup sejuk.

Baca Juga  Pesona Puncak Ile Lewotolok Ile Ape Lembata NTT

Agar dapat sampai ke tempat  wisata tersebut,  Anda harus menempuh perjalanan yang cukup kurang lebih 30 KM kota  Labuan Bajo  kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan yang banyak tersedia di kota  Labuan Bajo. Setelah tiba di objek wisata tersebut Anda diharuskan untuk mengisi buku tamu dan bisa juga menyewa pemandu untuk menamani perjalanan ke lokasi air terjun. Walaupun cukup menantang, tapi semua akan terbayar lunas ketika menikmati keindahan Air terjun Cunca Wulang.

2. Air Tejun Tanggedu

Keren untuk bercanonria Air terjun Tanggedu (ranselusang)
Dari daratan Flores kita menuju pulau Sumba tepatnya di Tanggedu Kecamatan Kanatang Kabupaten Sumba Timur, di Pulau yang juga terkenal dengan bunga Konjil atau Sakura lokal ini juga terdapat objek wisata air terjun, yang namanya juga sama seperti nama desanya yakni Air Terjun Tanggedu. Lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Waingapu yakkni sekitar 45 kilometer. Ketika berkunjung ke tempat ini jangan lupa yah membawa perlengkapan jepret, baik smartphone maupun kamera digital lainnya, karena sangat rugi jika momen tersebut tidak diabadikan, Air jernih di sela bebatuan merupakan salah satu daya tarik yang sangat memikat bagi pecinta wisata Air Terjun. Baca Juga Mekarnya Sakura di Pulau Sumba 

3. Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun dalam Gua Waikelo Sawah (YouTube)
Masih di Pulau Sumba, kali ini tepat di Kabupaten Sumba Barat Daya di desa  Tematana Kecamatan Wewewa ada sebuah air terjun yang tak kalah indahnya. Namanya air terjun Waikelo Sawah. Konon ini adalah sumber mata air yang tak pernah kering di Pulau Sumba. Air terjun ini juga merupakan air terjun terbesar di pulau Sumba, tak hanya air terjun yang jadi andalan objek wisata yang satu ini, tetapi ada juga Goa (Gua) yang namanya juga sama Gua Waikelo Sawah, dengar-dengar gua ini tak kalah indah dengan objek wisata terkenal di Thailand yakni Koh Phi Phi. 

Baca Juga  Ini 7 Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Layak Anda Kunjungi

Sebenarnya Lokasi ini adalah sebuah bendungan yang dibangun pemerintah sejak tahun 1976.Untuk menuju ke lokasi wisata Anda bisa menempuh  dengan kendaraan bermotor melalui jalan beraspal,  hanya dalam waktu kurang dari sejam. Karena daerah Waikelo Sawah hanya kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota di Waikabubak.

4. Air Tejun Tujuh Tingkat Oehala

Ini sepertinya benaran tempatnya tujuh bidadari(bacpackerJakarta)
Beranjak dari Pulau Sumba kita menuju pulau Timur yang memiliki objek wisata air terjun yang tak kalah menarik. Yakni Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala. Namanya unik yah, jadi ingat kisah tujuh bidadari yang turun mandi dan si Nawang wulan lupa selendangnya dan akhirnya menjadi suami si Jaka Tarub yang beruntung itu. Air terjun super eksotis ini terletak  kurang lebih 11 kilometer dari Kota SoE ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan , tepatnya di desa Oehala Kecamatan Mollo Selatan. Air terjun ini menawarkan pesona alam yang memnjakan mata dan kesejukan yang tentu saja dapat membuat tubuh kembali segar dan rileks setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Itulah 4 objek wisata Air Terjun yang ada di Nusa Tenggara Timur. Semoga menjadi referensi daftar perjalanan untuk mengunjungi keindahan Indonseia yang tak habis-habisnya.

Baca Juga Mengenal Surabi Khas Kedang Lembata



Nur Muhammad Al Amin





December 05, 2018 - tanpa komentar

Related Posts