Sempat Booming Aplikasi Path Kini Tinggal Kenangan

Masih belum percaya jika aplikasi sosial media yang satu ini ternyata sudah tiada, aplikasi yang berdiri pada tahun 2010 ini akhirnya tutup usia pada 17 September 2018. Dalam 8 tahun perjalanan kariernya, aplikasi ini sepertinya tidak mampu bersaing dengan platftorm lainnya seperti facebook yang merajai sosial media di dunia. Akhirnya Path memutuskan untuk berhenti beroperasi, aplikasi dengan ciri khas warna merah dan PathDaily ini menyusul beberpa aplikasi lainnya seperti EBuddy, Friendster  dan aplikasi pesan instan YM atau Yahoo Mesenger yang sempat berjaya di masanya.

Istimewa
Sempat berjaya dan mencapai masa keemasan sekitar tahun 2013, Path ternyata tidak mampu bertahan di dunia maya. Path memang dikenal cukup ekslusif ,dan dianggap sebagai sosial media pribadi karena para penggunanya hanya berteman dengan orang-orang yang mereka kenal secara langsung di dunia nyata.Path sempat booming di kalangan pengguna sosial media Indonesia, terutama pengguna smartphone. Aplikasi ini juga hanya bisa diunduh dan digunakan melalui smartphone.

Sebagai netizen seperti Anda, saya juga mempunya akun pribadi, saat itu saya juga cukup eksis menggunakan Path, tentu saja sebagai pengguna pasti mempunyai kenangan sendiri dengan aplikasi ini. Namun sayang, saya tidak sempat menyimpan berupa scrensoot akun saya tersebut paling tidak sebagai kenangan, bahwa pernah ada aplikasi sosial media yang berumur pendek tapi memiliki penggemar dan pengguna jutaan orang, dari berbagai catatn Indonesia adalah pengguna Path terbesar didunia saat itu.

Ada beberapa kenangan yang bisa jadi tak bisa dilupakan dari aplikasi ini adalah beberpa fitur uniknya yang tidak dimilki aplikasi lain. Diantaranya adalah PathDaily dimana kita sebagai pengguna bisa mengungkapkan perasaan, curhatan dan sebagainya dan di uplod seketika. Selain itu ada fitur menarik lainnya yakni terbatasnya Jumlah Teman yang dimilki pengguna pada aplikasi ini, sehingga keamanan dan kenyamanan bisa terjaga dengan baik.


Ini paling berkesan (Net)
Fitur lain dari Path adalah Update 'Is Listening to, dimana fiitur ini memudahkan untuk memberi kode pada teman lainnya, terutama bagi yang sedang kasmaran fitur ini sangat cocok untuk digunakan. Circle dan Private Sharing adalah fitur lainnya yang dimiliki Path dimana kita hanya membagikan postingan kepada beberapa lingkaran atau teman tertentu saja. Fitur menarik lainnya adalah Sleep dan Awake dimana fitur ini bisa menjadi alarm untuk cepat beristirahat di malam hari dan cepat bangun di pagi harinya. yang berikutnya adalah fitur Talk, seperti apaliksi lain Path juga memiliki fitur Talk untuk komunikasi chating, namun untuk menggunakannya harus mengunduh secara terpisah.

Nah itulah aplikasi sosial media yang sempat booming dan terkenal dan memiliki jutaan penggemar, namun sayang itu hanya tinggal kenangan. Semoga Anda terkenang dan jangan lupa gunakan media sosial dengan bijak.


Nur Muhammad Al Amin













loading...
Sempat Booming Aplikasi Path Kini Tinggal Kenangan Sempat Booming Aplikasi Path Kini Tinggal Kenangan Reviewed by Nur Muhammad Al-Amin on November 07, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.
loading...