Selain Namanya Unik Lima Tanaman Obat Ini Dapat Mengobati Kanker Hingga Narkoba

Akhir-akhir ini tanaman obat tradisional mulai banyak dilirik dan dikembangkan sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Banyak tanaman baik itu yang berbuah, rumput atau tanaman bunga yang bisa dijadikan obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ada 5 tanaman obat ini bisa menyembuhkan kanker, menamnbah vitalitas, bahkan bisa dijadikan terapi narkoba. Oia saya hanya memaparkan jenis-jenis tanaman obatnya, tidak dapat meresepkan, kalau mau tau cara penggunaan tanaman tersebut dengan aman banyak informasi lain yang bisa ditemui di beberapa blog tentang kesehatan atau resep obaat tradisional.

Inilah tanaman obat tradisional yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk menanam di pekarangan rumah dan bisa menjadi apotek hidup di rumah, mengingat manfaat dan kegunaannya.

1. Jarak Cina


Khasiat Jarak Cina
Nama asli dari salah satu jenis jarak ini adalah  Jatropha multifida adalah tanaman semak endemik Amerika Selatan, termasuk dalam marga Euphorbiceae.  Jarak Cinabanyak ditemukan di kawasan Asia Tenggar, seperti Thailand dan Indonesia.  Oleh masyarakat Indonesia, tanaman ini yang dipercaya mempunyai kandungan obat sehingga sering sekali digunakan untuk pengobatan terehadap luka baru Tanaman ini sering menjadi tanaman hiasdi halaman rumah masyarakat Indonesia,bisa  tumbuh hingga 3 meter, dan  mempunyai kaemiripan seperti pohon Jarak pada umumnya, namun daun tanaman ini tidak selebar daun jarak pagar.



2. Jati Belanda 

Jati Belanda yang dalam nama ilmiah disebut Guazuma ulmifolia adalah salah satu tanaman dari suku Sterculiaceae tanaman ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat.Daun ini sering digunakan pada beberapa jenis jamu pelangsing tubuh, dan sering dibuat dalam bentuk teh. Namanya unik yah mungkin karena warna pohonnya yang seperti kulit orang Belanda .Manfaat dan khasiat jati belanda bisa dilihat pada ilustrasi gambar dibawah ini.
Khasiat Jati belanda

3. Cabe Jawa

Nah yang ini juga cukup unik namanya, Cabe jawa alias Piper retrofractum Vahl adalah jenis rempah yang masih berkerabat dengan lada dan kemukus, termasuk dalam suku sirih-sirihan atau Piperaceae. Banyak sekali manfaat dan khasiat dari tanaman ini. Seperti pada gambar dibawah ini.


Khasiat Cabe jawa

4. Keladi Tikus 

Nama ilmiah dari jenis tanaman obat yang satu ini Typhonium flagelliforme adalah tanaman sejenis talas setinggi 25 cm hingga 30 cm, termasuk tumbuhan semak, menyukai tempat lembab yang tak terkena sinar matahari langsung. Bentuk daun bulat dengan ujung runcing berbentuk jantung. Berwarna hijau segar. Umbi berbentuk bulat rata sebesar buah pala. Jadi namanya aja yah yang ada tikusnya, tapi model dan bentuknya tentu saja tak mirip binatang pengerat terseut. Tanaman ini dipercaya mengobati berbagai jenis kanker dan penyakit lainnya, dan juga dapat menjadi alternatif untuk mengobati pecandu narkoba. Berikut ilustrasi manfaat dan kegunaan Keladi tikus 


Khasiat Keladi tikus
5.  Daun Dewa

Eitss.. Ini bukan nama band pentolan Ahmad Dhani yah, ini adalah salah satu jenis tanman obat jika di Indonesia dikenal dengan Daun Dewa, maka secara ilmiah tanman ini Gynura divaricata, orang China menyebutnya Samsit.Tanaman ini tingginya antara 30-40 cm, dan merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar. Tanaman ini banyak sekali manfaat dan sudah terkenal dalam industri jamu baik tradisional maupun modern. Diantara khasiatnya adalah seperti gambar dibawah ini


Khasiat Daun Dewa
Itulah lima tanaman alternatif tanaman obat yang ada disektar kita, semoga informasi ini bermanfaat dan tetap sehat selalu.

Nur Muhammad Al Amin

November 22, 2018 - tanpa komentar

Related Posts