Kakek Ini Adalah Atlet Badminton Yang Masih Aktif Ikut Turnamen

Jika Anda berfikir bahwa saat ini pemain tertua di dunia yang masih aktif adalah maestro bulutangkis dunia Lin Dan (CHN), atau Lee Chong Wei (MAS), berarti Anda salah besar. Yah Pemain tertua di dunia badminton saat ini adalah Matthew Fogarty lahir pada 30 Oktober 1956, artinya saat ini berusia 62 tahun. Kakek yang juga seorang dokter ini adalah seorang atlet badminton profesional. Sempat membuat heboh di Kejuaraan Dunia 2015 Jakarta, saat itu dia bermain di sektor ganda putra dan kalah di babak pertama oleh pasangan Indonesia 18-21, 8-21 Hendra Aprida Gnawan/Andrei Adistia.


Saat itu Matthew Fogarty menjadi peserta tertua dalam ajang Total BWF World Championships 2015 berpasangan dengan Bjorn Seguin, Pemain asal Amerika Serikat ini saat itu tampil cukup bagus dan terlihat masih segar dan bersemangat di usia tuanya. Saat diwawancarai dia menjawab dengan lugas seperti yang saya kutip dari lman resmi PBSI

 “Saya adalah seorang dokter, jadi saya mengerti betul betapa olahraga bulutangkis itu sangat bagus untuk kesehatan. Saya ingin para generasi muda bermain bulutangkis, agar mereka dapat merasakan manfaatnya untuk fisik mereka, seperti yang sudah saya rasakan,”

Pria tua ini ternyata  sudah 7 kali mengikuti Kejuaraan Dunia, dan beberapa kejuaraan resmi BWF lainnya dengan pasangan yang berbeda-beda. Nicholas Bonkowssky pemain asal Kanada ini adalah salah satu pasangan Forgaty, usia mereka terpaut sangat jauh saat mereka berpasangan di sebuah turnamen.  Selain itu dia bermain juga di sektor ganda campuran. Pernah menjadi juara dan finalis di beberapa turnamen resmi  BWF walaupun hanya turnamen kelas bawah dan di Amerika latin setidaknya dia cukup berprestasi. Seperti yang dikutip dari laman wikipedia berikut ini prestasi Matthew Fogarty:
 
Colombia International United States Nicholas Jinadasa Brazil Lucas Alves
Peru Andrés Corpancho
21-13, 15-21, 21-17 1st, gold medalist(s) Winner
2010 Colombia International Scotland Alistair Casey Peru Pablo Aguilar
Peru Bruno Monteverde
11-21, 21-18, 19-21 2nd, silver medalist(s) Runner-up
2009 Guatemala International United States David Neumann Guatemala Kevin Cordón
Guatemala Rodolfo Ramírez
16-21, 14-21 2nd, silver medalist(s) Runner-up
2009 Mexican International United States David Neumann Mexico José Luis Gonzalez
Mexico Andrés López
18-21, 21-16, 14-21 2nd, silver medalist(s) Runner-up
2009 Colombia International United States David Neumann Ecuador Santiago Zambrano
Ecuador Sebastian Teran
21-9, 17-21, 21-14 1st, gold medalist(s) Winner
2007 Puerto Rico International United States Dean Schoppe Brazil Kumasaka Guilherme
Brazil Pardo Guilherme
10-21, 15-21 2nd, silver medalist(s) Runner-up
2000 Brazil São Paulo Internatio


Setelah Kejuaraan Dunia di Jakarta, saya sendiri berfikir kakek ini akan segera pensiun dari dunia tepok bulu dan menikmati masa tuanya bersama anak cucu, ternyata saya salah besar. Di tahun 2018 ini ternyata dia masih aktif bermain, yang terbaru adalah kemunculuannya di Kejuaraan Fuzho China Open 2018 yang diselenggarakan pada awal bulan November ini.di Fuzhou China Open. Pemain yang juga seorang dokter ini tampil di ganda campuran bersama Isabel Zhong yang usianya terpaut 36 tahun. Pasangan USA ini kalah 4-21, 10-21 dari Kim Hwi Tae/Kim Hye Jeong di babak pertama.


Foto terbaru di Fuzhou China Open 2018 (Fb)













Dilaman resmi Badminton World Federation (BWF) kakek ini masih tercatat resmi sebagai seorang atlet profesional, dia bermain di 3 sektor sekaligus yakni di tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Peringkatnya pun tidak terlalu buruk jika dibandingkan dengan pemain-pemain yang masih berusia muda. Cita-citanya yang sepertinya belum tercapai adalah lolos kualifikasi Olimpiade dan dia sangat berharap bisa tampil di Olimpiade Tokyo setelah gagal di Rio Brasil 2016 silam.

Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anak-anak muda.

Nur Muhammad Al Amin


loading...
Kakek Ini Adalah Atlet Badminton Yang Masih Aktif Ikut Turnamen Kakek Ini Adalah Atlet Badminton Yang Masih Aktif Ikut Turnamen Reviewed by Nur Muhammad Al-Amin on November 06, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.
loading...