Ini 7 Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Layak Anda Kunjungi

Jika ingin berlibur ke Pulau Jawa hendaklah mampir ke Jogjakarta. Karena provinsi yang berstatus daerah Istimewa ini memang salah satu kota yang istimewa, memiliki banyak sekali destinasi indah disana mulai dari yang terkenal seperti Malioboro atau Pantai Parangtritis, hingga wisata budaya yang mungkin sudah sangat akrab ditelinga kita. Bagi mahasiswa yang kuliah di kota berjuluk kota pelajar itu tentu sudah tidak asing dengan tempat-tempat atau destinasi favorit disana. Saya pun walaupun sempat lama di pulau Jawa  tapi belum sempat mampir ke kota keraton tersebut. Untung ada teman disana yang bersedia membantu memberikan informasi hingga saya bisa menerbitkan artikel tentang wisata di Jogjakarta ini.

Nah Apa saja wisata tersebut?

Pemandangan Gunung Merapi dari Kaliadem (widodoputra)

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Jogjajakarta (siapa tahu bisa ajak Ane), berikut saya rangkum beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi. Kali ini saya tidak membahas Malioboro yah, tapi tempat wisata lain yang patut Anda kunjungi. Baca Juga Mekarnya Sakura di Pulau Sumba

1.Bukit Kali Kuning


Dulu Bukit Kali Kuning ini pernah menjadi primadona oleh wisatawan baik lokal maupun asing (kata teman Ane) sebelum gunung Merapi meletus pada tahun 2010 silam.Sempat meredup,tempat wisata  Kali Kuning ini kembali bersemi dan kembali menjadi tempat wisata favorit sejak tahun 2017. Tempat ini memang kece dan sangat  indah buat Anda yang hobi bercanon-ria. Disini juga tempat yang bagus untuk bersantai bersama keluarga  atau pasangan sembari menikmati keindahan Gunung Merapi dan hutan sekitarnya yang amat sejuk.

2.Kaliadem

Mendengar namanya awalnya saya berfikir ini adalah objek wisata yang berbentuk sungai atau kali. Ternyata tidak seperti namanya (kata teman lagi yah), tempat ini berlokasi tepat di belakang Gunung Merapi atau dikawasan kaliurang. Nama tempatnya adalah Bungker Kaliadem. Disini anda bisa banyak belajar mengenai Letusan Gunung Merapi dan sejarahnya. lokasi wisata yang satu ini ternyata memiliki hawa yang sejuk, sepi dan pasti sangat bermanfaat untuk relaksasi atau melepaskan penat setelah lama sibuk dengan rutinitas. Baca Juga Pesona Puncak Ile Lewotolok

3.Taman Pelangi

Taman Pelangi juga merupakan salah satu objek wisata yang harus Anda singgahi, destinasi ini  terletak di Utara Yogyakarta, disini kalian bisa menikmati suasana malam yang  ditemani oleh ratusan lampion yang pastinya amat indah. Jika kalian berkunjung ke museum Monumen alangkah baiknya jika  mampir juga ke tempat ini. Sebaiknya memang malam hari adalah waktu tempat untuk jalan-jalan dan bersantai ditempat ini. Kebetulan Taman Pelangi ini masih satu kawasan dengan Museum Monumen maka rugi jika tidak mampir di tempat ini.

4.Kalibiru

Yang keempat adalah wisata Kalibiru, kawasan wisata ini terletak di bagian barat Yogyakarta. Bagi yang tidak phobia (ketakutan berlebihan) dengan ketinggian cobalah datang kesini, masih kata teman saya, tempat ini sangat cocok bagi yang suka dengan ketinggian. Selain menikmati pemandangan alam dari ketinggian Anda juga bisa berselfi ria dari ketinggian. Tak usah khawatir soal keamanan, karena di tempat ini sudah dibekali denganperalatan keamanan yang cukup memadai.


5.Air Terjun Kedung Pedut

Jika singgah di tempat ini, kita disajikan dengan pemandangan air terjun yang memiliki suasana yang pastinya membuat betah untuk berlama-lama disini.Selain tempat yang indah warga sekitar lokasi objek wisata terkenal sangat ramah sekali dengan wisatawan atau pengunjung. Tempat tersebut memang terletak di pedesaan sama seperti lokasi wisata air terjun pada umumnya.  Namun demikian soal fasilitas sudah cukup lengkap.Baca Juga Mengenal Surabi Khas Kedang Lembata

6.Embung Nglanggeran


Objek wisata ini berlokasi di Timur Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul. Nglаnggеrаn merupakan dаnаu buаtаn yang dulunya dіреruntukkаn sebagai іrіgаѕі masyarakat sekitar. Namun kini tempat itu telah menjadi tempat wisata dan cukup banyak dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur nasional dan hari raya. Di tempat ini pastinya akan disuguhi udara yang sejuk dan pemandangan alam indah untuk dinikmati.

7.Museum Ullen Sentalu

Jika Anda mengunjngi kаwаѕаn Kaliurang, jangan lupa mampir kе Muѕеum Ullеn Sеntаlu. Mеѕkі bukаn tergolong wisata bаru, museum іnі menjadi dеѕtіnаѕі wіѕаtа аntіmаіnѕtrеаm. Tidak сumа bangunan muѕеumnуа ѕаjа уаng unіk,namun Anda jugа bisa menemukan kаrуа ѕеnі dari ѕеnіmаn-ѕеnіmаn Jokja mаѕа lalu. Menariknya lаgі, dengan mengunjugi museum ini Anda  bisa menapak tilas akan ѕеjаrаh Kеrаjааn Mаtаrаm yang masyhur itu.

Hanya ini saja dulu yang saya informasikan mengenai objek wisata di Jogjakarta,meskipun masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda atau kita kunjungi bersama. Terima kasih untuk teman yang sudah membantu mereferensikan tempat-tempat keren ini, (cepat kelar kuliahnya) semoga artikel ini menambah daftar rencana liburan Anda sekeluarga.

Baca Juga Pantai Bean Pesona Bahari di Timur Lembata



Nur Muhammad Al Amin






November 28, 2018 - tanpa komentar

Related Posts