Ini 3 Manfaat Memelihara Kucing Yang Sering Disepelekan


Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan, tak heran banyak orang yang memeliharanya. Selain lucu dan pintar kucing adalah salah satu hewan yang dianjurkan untuk dipelihara, khusus bagi yang muslim, kucing adalah salah satu hewan kesayangan nabi Muhammad, kucing peliharaan nabi Muhammad sendiri bernama Muezza.

Saat ini banyak jenis kucing peliharaan, berbagai jenis ras dan hasil perkawinan silang menjadikan hewan peliharaan ini menjadi primadona bagi banyak orang. Namun ada juga yang tidak suka terhadap kucing, mungkin saja karena alergi atau takut dengan kuman dan penyakit yang mungkin saja ada pada hewan tersebut.


Namun ternyata banyak manfaat terutama secara psikis yang kita dapatkan,jika memelihara kucing. Banyak sekali hasil penelitian terkait manfaat memelihara kucing ini. Namun saya akan memaparkan 3 manfaat yang paling sering dirasakan kebanyakan pemelihara kucing, termasuk saya sendiri.


Berikut 3 manfaat memelihara kucing

1.  Menghilangkan Kesepian.

Nah, yang ini sepertinya merepresentasikan diri saya sendiri, maklum "bujangan". Dengan memelihara kucing dapat membantu kita ‘sembuh’ setelah kehilangan orang-orang yang kita cintai. Misalnya seperti pada hasil riset dari sebuah Universitas di UK. Wanita yang baru menjanda atau lelaki yang menduda dan memiliki hewan peliharaan, menunjukkan gejala kesedihan fisik yang lebih sedikit, seperti menangis. Tidak hanya itu,sebuah studi dari Miami University mengatakan, hewan yang dipelihara seperti kucing dapat menghilangkan rasa sepi., ia dapat berfungsi sebagai dukungan sosial didalam kehiduan kita sehari-hari.


2. Mencegah Alergi

Bila selama ini kita berfikir bahwa kucing adalah sumber dari segala penyakit, terutama pada bulu-bulunya, dan beberapa bagian tubuhnya, namun hal ini bertolak belakang dengan hasil riset dari  Beberapa studi di Swedia dan Finlandia menyarankan, mengekspos anak terhadap kucing dan anjing selama masa bayi, dapat membantunya membangun kekebalan alami. Dengan begitu, lebih kecil kemungkinan berkembangnya alergi terhadap hewan peliharaan dalam hidup si anak.


3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stres


Hasil penelitian dari sebuah kampus yakni University of Minnesota mengatakan, dari 4.500 pemilik kucing dengan usia antara 30-75 tahun, risiko untuk mengalami serangan jantung turun hingga 40 persen. Hasil studi itu juga mengatakan bahwa dengan memelihara kucinga dapat menurunkan 30 persen resiko kematian akibat penyakit jantung, karena dengan memelihara kucing ternyata dapat menjauhkan kita dari rasa stres. alhasil, jantung kita pun akan semakin sehat.

Demikian juga dengan hasil riset dari Perancis yang dipublikasikan oleh jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences , menyimpulkan bahwa dengan memelihara kucing dapat menghilangkan stres yang menyerang otak dan pikiran kita. Seiring dengan dengan hal tersebut ,saat kita memelihara kucing dapat meningkatkan hormon oxytocin alias hormon cinta didalam tubuh. Hormon ini dapat membantu manusia dengan autisme ringan, agar lebih tenang dan mudah berinteraksi dengan dunia luar.Hormon muncul karena dipicu oleh sentuhan, seperti sat kita membela-belai hewan peliharaan kucing.

Itulah 3 manfaat memelihara kucing yang selama ini jarang kita ketahui dan sering malah kita menyepelekannya. Semoga kita tidak pernah lagi mengusir ketika mereka mendekati saat kita seang makan, karena itu juga mengajarkan kita arti untuk berbagi pada sesama.




Nur Muhammad Al Amin

November 22, 2018 - tanpa komentar

Related Posts