Ingin Berhenti Total Merokok Begini Caranya

Kita semua tentu paham bahaya merokok, tidak sedikit sosialisasi dari pemerintah yang kita dengar dan tahu tentang bahaya dari zat berbahaya tersebut, bahkan produsen rokok sendiri telah memasang visual dalam bentuk gabar-gambar seram di kemasan rokok yang mereka jual, iklan rokok di televisi pun sudah jarang terlihat, kalaupun ada bukan di jam-jam primetime dimana banyak kalangan menyaksikan layar kaca, namun diatas jam 10 malam biasanya iklan rokok baru muncul.

Baca Juga Selain Namanya Unik Lima Tanaman Obat Ini Dapat Mengobati Kanker Hingga Narkoba

Data Kementerian Kesehatan RI jumlah perokok di Indonesia terus bertambah, hingga April 2018 jumlah perokok aktif telah mencapai 60 juta jiwa, yang memprihatinkan dari jumlah tersebut kebanyakan adalah anak-anak dan remaja berusia 10-18 tahun. Jumlah tersebut terus mengalami peningkatan di tahun 2016 saja terjadi peningkatan sebesar 8,8 persen, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah perokok terbesar ketiga di dunia. Selain masalah kesehatan kerugian secara materi pun tak terhitung banyaknya, asumsinya jika dalam sehari kita menghabisn 1 bungkus rokok dengan harga Rp,20.000,00 maka sebulan kita menghabiskan uang sebanyak Rp, 600.000,00. Jika uang tersebut ditabung misalnya, setahun bisa DP mobil kan..

Soal kebiasaan buruk tersebut selain terjadi karena faktor lingkungan pergaulan, semua juga kembali kepada pendidikan orang tua dan keluarga dari rumah. Hal ini menjadi faktor penting dimana keluarga sebagai tempat awal dimulainya pendidikan karakter terhadap anak-anak. Selain sekolah dan lingkungan tentu saja. Namun faktor kesadaran dari dalam diri sendiri juga menjadi hal penting dalam berusaha memerangi kebiasaan buruk tersebut.


Statistik perokok Indonesia (SlideShare)

 Mungkin saja diantara kita selama ini sudah berusaha keras untuk menghindari dan mencoba berbagi metode untuk mengubah kebiasaan merokok, minimal untuk mengurangi kalau bisa berhenti secara total. Berbagai cara sudah kita lakukan namun selalu saja gagal, karena candu dari rokok memang sangat luar biasa. Mungkin biasa-biasa saja bagi yang buka perokok, tapi bagi yang sudah kecandua hal ini sangat sulit untuk ditinggalkan. Namun tidak selamanya hal-hal buruk tidak bisa ditinggalkan jika diushakan dengan niat yang benar-benar untuk berhenti pasti akan ada cara efektif untuk berhenti secara total sebagai perokok aktif. Baca Juga Waspadai 3 Penyakit Ini Saat Musim HUjan

Saya sendiri termasuk dalam barisan perokok aktif yang sulit sekali untuk berhenti. Saat menulis artikel ini pun saya masih berupaya keras untuk menghnetikan kebiasaan ini. Berkat sharing dan berbagi informasi dengan teman-teman yang dulu adalah perokok aktiif, namun saat ini mereka telah berhenti secara total. Saya mencoba berbagi pengalaman dari teman-teman tersebut kepada Anda yang membaca artikel ini. Saya juga sedang mencoba tips yang diberikan teman ini, mudah-mudahn bisa efektif. (saya akan update hasil dari program ini di artikel selanjutnya). Jika selama ini sudah mencoba dengan cara lain yang kurang ampuh, baiklah berikut ini saya uraikan 2 metode yang insya Allah akan efektif jika dilakukan dengan benar.

1. Rokok "haram"

Cara yang pertama ini adalah tekankan pada diri dan keyakinan Anda bahwa merokok adalah haram, perbuatan yang dilarang pemerintah maupun agama, anggap saja merokok itu sama dengan perbuatan buruk lainnya, seperti mencuri,berzina dll, yang dibenci masyarakat dan dilarang agama. Dalam hal ini saya sendiri sebagai muslim selama ini mengimani bahwa rokok dan merokok adalah mubah (boleh) memang dalam Islam sendiri rokok masih dalam perbeaan pendapat mengenai hukumnya, ada sebagian yang mengatakan rokok itu mubah, ada juga yang bilang rokok itu makruh alias mendekati haram.

Di Indonesia sendiri, Majelis Tarjih Muhammadiyah sudah memfatwakan rokok dan merokok adalah haram, karena merupakan perbuatan yang sia-sia, dan nikotin mengandung candu serta berbahaya bagi kesehatan. Nah, sekarang tinggal Anda sendiri memilih mana yang harus anda yakini, apakah mubah, makruh atau haram, pilihan Anda menetukan masa depan diri sendiri apakah akan tetap menjadi perokok atau berhenti total merokok.

Baca Juga Ini 6 Gejala Asam Urat Yang Harus Diwaspadai

2. Puasa

Hampir semua ahli kesehatan bersepakat bahwa puasa adalah salah satu metode untuk menyehatkan tubuh. Selama berabad-abad, puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan ramadhan. Manfaat puasa antara lain ,membantu memperbaiki kondisi medis, mengurangi risiko kanker, menyehatkan jantung dan sebagainya. Nah dengan berpuasa terutama bagi yang muslim jika berpuasa senin-kamis saja Insya Allah kebiasaan merokok akan perlahan berkurang jika sehari bisa satu bungkus perlahan akan berkurang dengan sendirinya dan mudah-mudahan bisa hilang dengan sempurna, dan kembali hidup normal tanpa rokok.

Itulah 2 Cara yang insya Allah efektif jika dijalankan dengan benar, tetap lakukan metode lain yang sudah Anda terapkan. Berhasil atau tidak semua tergantung pada niat dan usaha sendiri dan bantuan orang lain termasuk pengetahuan dengan membaca artikel ini. Jika bermanfaat silakan diterapkan dan di share ke teman-teman Anda.


Nur Muhammad Al Amin

November 12, 2018 - tanpa komentar