5 Makanan Paling Populer dan Pedas di Asia Tenggara

Berbicara soal makanan memang tidak ada habisnya, sebagai manusia kita memang tidak pernah lepas dari yang namanya makanan, Itu pasti karena karena makanan merupakan salah satu faktor penting dalam keberlanjutan hidup kita di dunia ini, selain air dan tentu saja nafas. Berbagai macam jenis olahan makanan ada di seluruh dunia, tiap negara bahkan mempunyai ratusan jenis dan cara mengolahnya, baik dari bahan dan bentuk makanan itu sendiri.




Nah, kali ini saya mencoba membahas beberapa jenis makanan yang sangat populer dan rasa yang pedas di kawasan Asia Tenggara . Benua Asia terutama di kawasan Asean bukan hanya terkenal dengan keberagamannya, karena berbagai macam ras dan kultur manusia ada di kawasan ini, maka tidak mengherankan jika jenis makanan yang ada juga sangant beragam dan tentu saja popluer tidak hanya di negara asalnya, namun sudah intas kawasna. Indonesia saja memiliki ratusan bahkan ribuan jenis makanan ada malah yang menjadi makanan terlezat di dunia misalnya makanan khas Padang Rendang, berkali-kali masuk menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Baca Juga Mengenal Surabi Khas Kedang Lembata

Ini 5Makanan Terpopuler dan berasa Pedas di Asia

1. Ayam Penyet

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan dengan bahan dasa ayam ini, Ini adalah salah satu makanan  khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur . Ayam penyet adalah kuliner berbumbu kuning yang diberikan sambal di atasnya. Bumbu-bumbu dari hidangan  ayam penyet terbilang lengkap, karena berasal dari bumbu dan rempah-rempah Nusantara yang sangat terkenal sejak jaman dulu, misalnya , kunyit, lengkuas,  dan daun salam, bawang merah, dan bawang putih, kemiri, ketumbar dan lain sebagainya. Tidak mengherankan jika hidangan ini menjadi salah satu terpopuler di Asia, karena saat ini sudah banyak gerai-gerai  restoran yang dibuka di Singapura, Hongkong dan negara lainnya.

2. Curry Laksa

Ini adalah masakan khas dari Malaysia. Curry Laksa  atau biasa disebut Mi Kari sebenarnya adalah perpaduan kuliner dari Tionghoa dan Melayu. Biasa dikenal dengan nama Mie Laksa. Biasanya terbuat dari mie kuning tipis atau dan string tipis mee-hoon dengan sup kari pedas,  sambal cabai, santan, dan  tahu kering, ditambah cumi-cumi, ayam, telur,  daun mint dan terkadang juga kerang. Selain kaya akan sejarah dan budaya, Nusantara yang didalamnya termasuk Indonesia dan Malaysia juga terkenal dengan bermacam kulinernya. Negara serumpun ini juga memilki kuliner yang juga tak jauh beda dengan Indonesia. Sebagian adalah merupakan menu khas Nusantara, namun ada juga sebagian  kuliner yang merupakan perpaduan antara Melayu dan Tionghoa seperti menu laksa ini. Contohnya, laksa Pulau Penang terkenal sebagai assam laksa, ada juga  laksa ipoh, berasal dari Malaysia, mirip laksa Penang tetapi rasanya lebih asam, ada juga laksa Serawak, berasal dari Sarawak di pulau Kalimantan.

3. Mala Hin

Mala hin adalah makanan vegetarian khas dan sangat populer di Burma atau Myanmar. Mala Hin adalah termasuk jenis makanan yang mirip dengan olahan gado-gado kalau di Indonesia,. isi dari menu khas Myanmar ini adalah tahu, kacang, bihun, kacang polong, kailan, wortel, dan sayuran musiman lainnya. Semua jenis sayuran diolah dengan disiram  saus yang pedas dan terkadang diberi kacang. Selain Mala Hin Mnyanmar juga terkenla dengan kuliner khas lainnya seperti Shan khao swe dan Egg curry. Nah ingin mencobanya silakan jalan-jalan ke sana, hehehehe.

4. Bicol Express

Bicol Express adalah kuliner khas dari Filipina yang sangat populer,hidangan ini terkenal terutama di daerah atau distrik Malate, Manila dan dibuat dengan cara dan gaya tradisional  Bicolano. Ini adalah makanan yang diolah dengan cara rebus ,bumbu utama dari kuliner ini adalah  yang terbuat dari cabai panjang, santan, bawang merah, bawang putih. dan terasi. Bahan utamanya adalah ikan, ada juga yang terbuat olahan daging  babi. Jadi jika Anda yang Muslim mau travelling kesana hati-hati aja yah, jangan sampai salah masuk resto.

5.Pad Kha Prao

Salah satu hidangan paling populer berasal dari negeri gajah putih adalah Pad Kha Prao. Hidangan klasik Thailand ini biasanya berbahan baku daging sapi yang diolah dengan cincang, dan daun  basil merupakan salah satu ciri khas dari  kuliner yang satu ini, namun jika tidak ada bisa diganti dengan daun kemangi. Bahan lainnya adalah telur goreng yang menjadi atapan dari olahan daging ini. Bahan dan bumbunya lain berupa tepung maisena danbawang bombay serta jeruk nipis.Kuliner ini biasa disantap dengan.

Itulah 5 Kuliner khas dan populer di Asia Tenggara, jika ingin menikmatinya silakan jalan-jalan kesana, tapi jika ingin mencobanya di rumah juga boleh cari resepnya sendiri yah hehe. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Mekarnya Sakura di Pulau Sumba


Nur Muhammad Al Amin



November 28, 2018 - tanpa komentar

Related Posts