Saturday, 10 February 2018

Adsense, Surat Cinta Itu Tak Kunjung Tiba


Bagi para publisher google adsense, menunggu direstui secara penuh adalah impian semua blogger maupun youtubers, setelah permohonan menjadi publisher diajukan, para calon mitra terkadang sangat cemas untuk segera mendapat tanggapan balik dari google adsense, hampir setiap saat membuka email dengan berharap surat cinta itu segera dibalas.

Tapi alangkah kecewa dan sedihnya jika yang yang dinanti itu tak kunjung menyapa juga, bersabar dan terus memperbaiki serta memperkaya konten berkualitas adalah kuncinya, perbaiki segera kekurangan serta mungkin saja pelanggaran kecil yang membuat pihak adsense belum merespon permintaan menjadi publisher iklan dari platform advertise terbesar itu.


Penampakan dashboard Google Adsense (koleksi pribadi)


Dalam menilai kelayakan calon mitra, adsense sangat ketat dan memilih para kandidat dalam hal ini adalah kelayakan untuk menjadi pemasang iklan yang menghasilkan pundi-pundi dolar. Karena pihak google tidak ingin jika pengiklan yang memakai jasanya kecewa karena tidak memberikan hasil yang maksimal. Tentu saja dalam memilih calon mitra google adsense memiliki kriteria diantaranya adalah kepatuhan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku, yang dalam bahasa adsense disebut TOS. Jika tidak mematuhi dipastikan permohonan akan ditolak pihak adsense.

Pengajuan itu sendiri melalui beberapa tahap review, biasanya dalam banyak kasus pengajuan ada 2 tahapan. Yang pertama adalah sangat mudah sekali, karena prosesnya melalui robot yang disiapkan untuk mereview kelayakan calon publisher, biasanya pada tahap awal ini kita sudah bisa mengakses dashboard adsense, waktu untuk review tahap pertama ini juga terbilang cepat hanya beberapa jam sudah bisa diterima.

Tampilan dashboard akun adsense/pict,koleksi pribadi

Sedangkan untuk review tahap kedua biasanya membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 hari, bahkan kadang berminggu dan berbulan untuk mereview, dalam masa review tahap kedua ini,calon publisher sudah dapat mengakses hampir semua dashboard adsense, dan calon pengiklan diwajibkan untuk memasang Page Level Ads di website atau blog yang diajukan, dimasa ini iklan tidak nampak dan hanya blank atau kosong, sampai saat disetujuinya adsense kita secara penuh.


Untuk memaksimalkan penilaian dan pengrayapan yang dilakukan oleh robot adsense, kita wajib memasang script iklan tersebut dengan baik dan benar. Jika tidak, ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan surat cinta itu tak kunjung datang.Dalam beberapa kasus ada yang menunggunya hingga berbulan hanya karena kesalahan pemasangan iklan tersebut. Sambil menunggu disetujuinya review tahap kedua, kita seharusnya tetap mengupdate konten yang berkualitas dan orisinil agar pihak adsense dapat menjadikan kita sebagai mitra untuk mempublikasikan iklannya.

Adsense sendiri seperti yang kita ketahui ada 2 jenis yakni, adsense hosted dan non hosted. Adsense hosted adalah akun yang didaftarkan melalui platform milik google seperti blogspot dan youtube. Sedangkan non hosted adalah akun yang diajukan melalui pihak lain, kebanyakan berupa platform yang menggunakan Top Level Domain.

Akun non hosted sendiri dalam prakteknya lebih menguntungkan karena bisa digunakan untuk memasang iklan di beberapa website sekaligus, sedangkan akun hosted hanyak bisa digunakan untuk memasang iklan di youtube dan blogspot, namun proses pendafatran dan peluang diterimanya lebih besar ketimbang akun non hosted.

Jadi terserah kita memilih mana yang terbaik, intinya jika belum diterima bersabarlah dan tetap memperbaiki kekurangan yang ada, sambil terus mengajukan kembali di lain waktu, tapi jangan sampai mengajukan secara membabi buta karena bukan diterima sebagai publisher, akun kita malah dibanned pihak adsense.

Semoga bermanfaat, dan tetap semangat menanti datangnya surat cinta dari google.


Nur Muhammad Al Amin