5 Penyanyi Malaysia Yang Berjaya Di Indonesia


Di era 1990an dunia musik tanah air dibanjiri Penyanyi asal negeri jiran Malaysia, genre lagu slow rock dan pop melayu menjadi sangat populer dan fenomenal di Indonesia, begitu fenomenalnya , sehingga dunia musik tanah air pun seperti kurang mendapat perhatian, hingga berakhirnya era kedigdayaaan musik melayu di awal 2000an yang ditandai hadirnya genre musik pop alternatif, yang sampai saat ini masih digandrungi khususnya di kalangan remaja.

Dalam perkembangan musik Malaysia di Indonesia, tak lepas dari beberapa pengaruh musisi yang berkualitas di era itu, faktor lainnya adalah lesunya Industri musik dalam negeri, dan juga tentu saja dekade saat itu memang menghendaki slow rock sebagai jenis musik yang sangat disukai di Indonesia. Karena di tahun 1990an banyak sekali Penyanyi Indonesia yang juga beraliran slow rock, misalnya Nike Ardilla, Anggun C.Sasmi, Nicky Astria dan Inka Christy. Saat ini dominasi musik Malaysia di Indonesia sudah tidak sekuat dulu, bahkan pada akhirnya Indonesia yang menjajah dunia musik Malaysia.

Namun demikian sisa-sisa kejayaan dan kenangan itu hingga saat ini masih tetap dikenang oleh pencinta

Dan selanjutnya inilah 5 Penyanyi Malaysia yang sangat terkenal dengan hits andalannya bahkan albumnya laris manis di Indonesia.
musik melayu, bahkan masih ada beberapa radio di Indonesia yang masih memiliki program khusus untuk tetap memperdengarkan irama slow rock yang menjadi ciri khasnya.


1. Search

Siapa yang tidak kenal dengan grup musik satu ini, ciri khasnya yang kuat menjadi salah satu faktor yang sangat disukai pada masa itu. Hits andalannya adalah "Isabella" yang sangat melegenda, karena hingga saat ini, lagu tersebut masih sering terdengar di mana-mana, bahkan sering di buat ulang baik dalam bentuk aransemen ulang maupun cover ulang di platform Smule dan Youtube. Kelompok musik rock ini sendiri dibentuk di Johor Bahru pada 1981,dengan personilnya afalah , Yazit (drum), Hillary Ang (gitar), Nasir (bass), dan Amy (vokal), dan Din (gitar).


2. Stings



Dengan hits single "Adakah Kau Setia", grup musik ini juga sangat terkenal di era 1990an, lagu-lagunya yang bertema romantis dan hubungan jarak jauh yang istilah kerennya LDR, sempat merajai dunia musik tanah air. Grup ini sendiri digawangi oleh Poey
Rushdie ,Aleem Azul, DJ Epul dan beberap lainnya. Grup yang mengusung konsep slow rock dan pop balada ini mempunyai beberapa lagu yang hits dan melegenda, selain "Adakah Kau Setia", judul lagu lainnya yang terkenal adalah "Cinta Memerlukan Kesetiaan" dan "Kusapu Air Mata Perpisahan".

3.Slam
"Rindiyani" adalah salah satu lagu populer yang dinyanyikan grup band ini, grup ini digawangi Zamani bin Ibrahim (Zamani)Vokalis
Shah Nizam bin Abdul Halim (gitar),Lili Masrani(bass), Eddie Ahmad (Keyboard),Razak Bajuri (Gitar) dan Osman Khalid(Drummer). Lagu-lagu hitsnya diantaranya yang paling fenomenal ada "Gerimis Mengundang", selain itu masih banyak lagu lainnya yang populer. Grup ini sangat berjaya disaat itu terbukti dengan meraih penghrgaan platinum, dengan penjualan 300 ribu copy di Malaysia dan lebih dari 500rb copy di Indonesia.

4. Exists


Merupakan grup band yang berasal dari Malaysia. Mereka memulai grup ini pada tahun 1991 dengan lagu "Untukmu Ibu". Grup ini sangat populer di masa itu, baik di negeri kelahirannya maupun di Indonesia. Grup ini digawangi oleh Joey (vokal) Along (gitar) Musasa (bass) serta Ujang (drum). Semua anggota grup Exist ketika itu berasal dari Johor dengan rata-rata berumur 13 tahun hingga 19 tahun album yang hits dengan lagu "Alasanmu" serta "Dirantai Digelangi Rindu" turut menaikkan pipularitas mereka di Indonesia dengan rekor penjualan sebanyak 600,000 unit. Grup ini sempat membuat album best of the best pada tahun 2000 , namun saat itu era kejayaan musik Malaysia sudah mulai memudar bahkan mundur, sehingga tak mampu lagi bersaing di Industri musik tanah air.

5. Siti Nurhaliza



Siti Nurhaliza sebelum berhijab, pict by, JpopAsia
Ini adalah satu-satunya Penyanyi solo wanita asal Malaysia yang berjaya di Indonesia, bahkan hingga saat ini. Keanggunan dan attitude yang baik adalah modal dasar wanita asal negeri jiran ini berkarier di Indonesia. Selain itu, teknik vokal dan suara indahnya telah membuat namanya melejit dan memiliki jutaan penggemar setia di Indonesia. Sang Diva ini juga disejajarkan dengan Penyanyi Indonesia seperti Krisdayanti, Titi DJ dan Ruth Sahnaya.

Seperti yang dilansir Wikipedia, penyanyi yang lahir di Kampung Awah,Temerloh, Pahang, Malaysia, 11 Januari 1979 ini Sejak debutnya, ia telah memenangkan sejumlah kompetisi menyanyi internasional. Ia dimahkotai sebagai Voice of Asia pada 2002 setelah memenangkan gelar Grand Prix Champion di kontes menyanyi Voice of Asia yang diadakan di Almaty, Kazakhstan. Beberapa tahun sebelumnya, pada 1999 ia memenangkan Penghargaan Emas dalam Kompetisi Penyanyi Baru Asia di Festival Musik Asia Shanghai, yang diadakan di Shanghai, Republik Rakyat China. Selain itu, pada tahun yang sama, ia memenangkan dua penghargaan dari 'Kompetisi Menyanyi dan Lagu Internasional Pasifik Selatan 1999' yang diadakan di Gold Coast, Queensland, Australia.

Saat ini, ia mengumpulkan lebih dari 200 penghargaan lokal serta penghargaan internasional. Ia mengembangkan ketenaran sebagai artis dengan penjualan multi platinum. Penyanyi yang di beri gelar Datuk( gelar bangsawan Malaysia), hingga kini masih populer dan tetap bernyanyi, walaupun saat ini jilbab telah menutupi rambut indahnya. Terakhir Siti Nurhaliza pernah berduet dengan Penyanyi asal Indonesia Cakra Khan dengan hits singlenya berjudul "Seluruh Cinta" . Lagu terkenal Datuk Siti diantaranya adalah, "Betapa Kucinta Padamu", "Cindai" dan masih banyak sekali lagunya yang sangat hits dan melegenda. Terkenal juga sebagai Penyanyi serba bisa, berbagai genre pernah dia nyanyikan termasuk dangdut, dan juga lenngok trdisional Melayu tentunya.

Selain bernyanyi artis ini merupakan seorang yang multitalenta, dunia tarik suara memang sangat membesarkan dia, namun dia tetap menjadi artis yang menjadi teladan dan patut dicontoh karena prestasi dan attitude berjalan harmonis.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat, dan dapat menjadi pelajaran bahwa kerja keras akan membuahkan hasil yang baik.

Nur Muhammad Al Amin

February 11, 2018 - tanpa komentar

Related Posts